12 Fakta Kelahiran Yesus yang Belum Banyak Diketahui

√ Quality Checked Pass quality & checking

Siapa yang tidak mengenal Yesus Kristus? Salah satu sosok yang diakui keberadaannyadi dalam sejarah umat manusia. Bahkan, Yesus juga termasuk ke dalam salah satutokoh paling berpengaruh yang ada di dunia.

Masih banyak yang belum mengetahui asal-usul Yesus ketika dia dilahirkan.Hal tersebut memang masih menjadi perdebatan karena diambil dari berbagaiversi. Maka dari itu, agar lebih jelas berikut beberapa fakta kelahiran Yesusdibawah ini.

1. Lahir pada saat masapemerintahan Herodes Agung

Berdasarkan Alkitab, Yesus dilahirkan di daerah Betlehem, Yudea, wilayahIsrael. Arti kata “Yesus” itu sendiri berasal dari kata-kata Ibrani, yakni “Yeshua”atau bisa dibaca juga “Yosua”. Arti dari kata tersebut adalah “Allah Menyelamatkan”.Pada saat Yesus lahir, saat itu raja israel adalah Herodes Agung (Matius 2:1). Saatitu, israel sedang tunduk oleh bangsa Romawi, bangsa yang paling luaskekuasannya saat itu. Jika berdasarkan kalender Masehi, Yesus dilahirkan padatahun 4 sebelum Masehi. Anda juga bisa lihat ayat tentangkelahiran Yesus di dalam Alkitab.

2. Penampilan Yesus

Sampai saat ini, penampilan anak Tuhan ini sering digambarkan dengan  memiliki penampilan rambut dan janggut panjangdengan mata berwarna biru. Penampilan tersebut terus digunakan dalam mediaapapun. Akan tetapi, apakah faktanya seperti itu? Jika kita melihat Alkitabtidak begitu dijelaskan secara rinci seperti apa penampilan Yesus yangsebenarnya. Ditambah lagi, lukisan yang ada saat ini beredar pertama kalidikeluarkan sekitar abad ke-15.

3. Hubungan Yesus dengan MariaMagdalena

Beberapa hal yang masih penasaran bagi sebagian umatnya adalah hubunganYesus dengan Maria Magdalena. Beberapa teori mengungkapkan bahwa MariaMagdalena merupakan istri Yesus. Akan tetapi, jika dilihat berdasarkan Alkitab,Maria memiliki hubungan dengan Yesus akan tetapi bukan sebagai istri. Ditambah lagi,di dalam Alkitab juga menyebutkan bahwa Maria selalu berada di tempat saatYesus disalib.

4. Nama Yesus Kristus

Untuk penamaan Yesus sendiri sudah disebutkan pada poin sebelumnya. Akantetapi, bagaimana dengan bagian “Kristus”? berdasarkan Alkitab, nama “Kristus”sendiri bukanlah sebuah nama. Akan tetapi, nama tersebut adalah gelar yang jikadiartikan bermakna “Yang Diangkat”.

5. Saudara Yesus

Sebenarnya Yesus memiliki banyak saudara dan juga saudari. Beberapa namasaudara Yesus yang berhasil diketahui adalah James, Simon, dan juga Yudas. Akantetapi, untuk saudari perempuan Yesus masih menjadi misteri karena tidakdisebutkan dalam Alkitab.

6. Hari Natal bukalah kelahiranYesus

Mungkin Anda juga pernah mendengar bahwa perayaan natal bukanlah untukmemperingati kelahiran Yesus. Di dalam Alkitab pun tidak menyebutkan tanggaldan waktu kelahiran Yesus. Sekitar abad ke-4 salah satu gereja memutuskantanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus dan Natal. Akan tetapi,sekitar tahun 2008, seorang astrolog menunjuk kelahiran Yesus sekitar tanggal17 Juni.

7. Tempat lahir Yesus

Umumnya, kita sering melihat ilustrasi kelahiran Yesus berada di dalamsebuah lumbung kayu dan juga kandang domba. Akan tetapi ilustrasi tersebutmasih belum akurat. Meskipun sudah ada fakta daerah kelahiran Yesus, namunmasih dipertanyakan fakta tempat kelahirannya. Beberapa umat ada yang percayaYesus dilahirkan dalam seorang kerabat Yesus.

8. Lahir dari Seorang Perawan

Beberapa umatnya sebagian masih tidak percaya bahwa Yesus lahir dariseorang wanita yang masih perawan. Nama perempuan itu adalah Ibu Maria. Akan tetapi,jika melihat Alkitab, Yesus terlahir dari Roh Kudus yang “dipercayakan” padarahim Maria.

9. Yesus bernyanyi ketika disalib

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Yesus lahir dari keluargaYahudi. Pada saat abad pertama, bangsa Yahudi memiliki sebuah tradisi untukmenyanyikan sebuah kalimat dari kitab Zabur. Kalimat di dalam kitab zabur harusdinyanyikan secara utuh. Hal ini juga disebutkan di dalam Alkitab dan Yesusjuga mengambil referensi dari beberapa kalimat dalam kitab Zabur saat disalib.

10. Sempat ingin dibunuh parapemimpin Agama

Pada saat Beliau masih hidup, beberapa bisnis di daerah Yahudi harusditutup pada hari Minggu. Itulah sebabnya, hari Minggu dianggap sebagai harilibur di seluruh dunia saat ini. Pada zaman itu, siapa pun yang melanggaraturan akan dihukum. Akan tetapi berbeda dengan Yesus yang justru memberikanpemikiran yang berbeda pada saat hari Minggu tiba. Hal itulah yang memancingamarah para komunitas Agama di sana dan sempat mengecap Yesus sebagai Penentang.

11. Terjadi saat pembantaianorang-orang tidak bersalah

Ketika Yesus lahir, Harod yang ditunjuk bangsa Romawi sebagai Rajabangsa Yahudi memerintahkan untuk membinasakan semua anak laki-laki. Hal itudilakukan karena berdasarkan peramal tahtanya akan turun oleh seorang anak yanglahir dari orang Yahudi. Untunglah peristiwa tersebut tidak terjadi pada Yesus.

12. Yesus Bukanlah seorangVegetarian

Beberapa kalangan menyebutkan bahwa Yesus merupakan seorang vegetarian. Akantetapi, Yesus yang merupakan penganut Yahudi sering merayakan Paskah  orang-orang Yahudi yang identik dengan makandomba. Di dalam kitab injil juga menjelaskan bahwa Yesus suka makan Ikan.

Itulah 12 Fakta kelahiran Yesus yang belum banyak diketahui. Dari beberapapoin di atas, kita bisa tarik kesimpulan dari makna kelahrianYesus Kristus banyak hal yang bisa dipelajari. Anda juga bisa baca beberapaketeladanan YesusKristus dalam kehidupan umat Kristiani. Semoga dapat memberikan berkah.

fbWhatsappTwitterLinkedIn