4 Kata Penghiburan Untuk Orang Sakit Dalam Kristen

Salah satu kendala yang sering di alami oleh manusia sehari-harinya adalah sakit. Baik itu sakit ringan sampai sakit berat tetap saja membuat kita sulit untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Apalagi jika kita sedang sibuk dengan kegiatan yang memiliki target, hal tersebut sangatlah mengganggu.

Berbagai penyakit yang menimpa kita terkadang sangat mempengaruhi keimanan kita. Terkadang kita seolah-olah psrah dengan keadaan dan ingin  menyerah. Hal ini mirip dengan kisah Ayub yang diceritakan bahwa Tuhan memberikan sakit dan juga kemampuan yang luarn biasa namun dia tetap bertahan,

Untuk itu, perlu adanya kata-kata penghiburan untuk kita maupun orang-orang yang terkena sakit. Berikut ini adalah beberapa kata penghiburan yang bisa menguatkan sakit untuk tetap berjuang.

1. Yeremia 30:17

Mungkin Anda berpikir bahwa Anda disembuhkan oleh dokter dan juga obat-obatan yang diberikan. Meskipun secara teknisnya memang benar, akan tetapi dokter dan obat-obatan merupakan perantara saja. sebab pada dasarnya kesembuhan berasal dari Tuhan. Oleh seba itu, sebelum Anda pergi ke rumah sakit atau puskesmas, ada baiknya untuk membaca dulu Yeremia 30:17.

Isi suratnya lebih kurang seperti ini, ” Sebab aku akan mendatangkan kesembuhan bagimu. Aku akan mengobati luka-lukamu. Demikianlah beberapa firman Tuhan karena mereka telah menyebutkan engkau, sang orang buangan. Yaitu sisa yang tidak ada satu orangpun menanyakannya”. Di dalam isis surat itu pun sudha jelas bahwa Tuhan akan menyembuhkan hambanya selama orang tersebut menyebut nama-Nya.

2. Matius 9:35

Di dalam Matius 9:35 berbunyi seperti ini: “Demikianlah Yesus Kristus berkeliling ke semua kota dan juga desa-desa. Beliau mengajar ke berbagai rumah-rumah  ibadat sehingga memberitakan Injil yang memberitahukan Kerajaan Surga dan juga melenyapkan segala penyakit dan berbagai kelemahan”.

Dari kata penghiburan tersebut, kita bisa mengetahui bahwa ketika Yesus masih ada di dunia, beliau sering mengucapkan berulang kali bahwa dia dapat menyembuhkan penyakit yang bahkan diluar kekuasaan manusia. hal tersebut sering dinamakan mujizat Tuhan Yesus. Anda pun harus percaya bahwa Tuhan merupakan pribadi yang tidak pernah berubah dari dulu bahkan hingga selama-lamanya.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa Tuhan yang berhasil menyembuhkan penyakit di masa lalu bisa juga menyembuhkanmu pada hari ini juga. Hal itu bisa terjadi jika hanya ada satu syarat saja, yakni Anda berdoa dan percaya sepenuhnya pada Yesus Kristus.

3. Yesaya 53:4A

Penyaliban Tuhan bisa menjadi bukti nyata bahwa Dia sangat bersungguh-sungguh mengasihi Anda. Bahkan, hingga selama mungkin beliau akan terus mengasihi dan juga membantumu dalam berbagai macam badai masalah. Tuhan Yesus pun telah menanggung segala macam penyakit, masalah, dan juga kesengsaraan hidup Anda dalam kayu salib. Hal tersebut juga terkandung dalam Yesaya 53:4A yang berbunyi seperti ini: “Tetapi sesungguhnya, penyakit kita lah yang ditanggung dan dipikul bersamaan dengan kesengsaraan kita.”. Hal tersebut membuat kita mengetahui seperti apa keteladanan Yesus Kristus.

4. 1 Korintus 10:13

Bunyi 1 Korintus 10:13 adalah seperti ini: “Percobaan-percobaan yang telah Anda alami merupakan percobaan yang biasa. Bahkan, tidak melebihi kekuatan umat manusia. Sebab, Allah sangat setia dan oleh sebab itu, Dia tidak akan membiarkan Anda mendapatkan cobaan yang melebihi batas kemampuan umatnya. Sampai pada saat Anda dicoba, Dia akan memberikan jalan keluar sehingga Anda dapat mengatasinya”.

Dari penjelasan isi surat tersebut terlihat jelas jika Tuhan tidak akan memberikan cobaan yang diluar batas manusia itu sendiri. Hal ini berhubungan juga dengan penyakit yang Anda terima. Oleh sebab itu, Anda juga tidak boleh menyerah terhadap penyakit yang Anda terima karena pasti ada obatnya. Meskipun saat ini masih belum ditemukan, sebaiknya Anda tetap berdoa untuk diberikan keringanan.

Demikianlah 4 kata penghiburan untuk orang sakit yang bagi umat Kristen. Di dalam kehidupan pastinya akan banyak cobaan. Rasa ingin menyerah dan pasrah pastinya ada karena hal tersebut merupakan hal yang manusiawi. Meskipun begitu, kita sebaiknya tetap janganlah menyerah begitu saja.

Untuk referensi lainnya, Anda bisa baca ayat alkitab untuk orang sakit dan juga ayat alkitab tentang kesembuhan orang sakit. Anda juga sebaiknya pelajari bagaimana cara berdoa dalam roh agar Tuhan bisa menyembuhkan penyakit lebih cepat.