Sponsors Link

Alasan Orang Kristen Tidak Wajib Disunat? Apakah Kewajiban Atau Tidak?

Sponsors Link

Berbagai macam pro dan kontra yang mengatakan bahwa ada beberapa alasan orang Kristen tidak wajib disunat. Pastinya banyak yang ingin tahu apakah hukum sunat menurut Kristen merupakan hal yang wajib atau tidak dalam Kristen. Sementara Alkitab memberikan informasi yang akurat akan hal ini. Oleh sebab itu jika ingin tahu lebih lanjut, sebaiknya berpatok dan pedoman pada Alkitab saja. Memang butuh hikmat untuk menentukan jawaban yang tepat akan hal tersebut. Supaya sesuai dengan maksud serta pikiran Allah. Sehingga ada baiknya berdoa lebih dahulu dan minta pimpinan tujuan karunia Roh Kudus jika ingin memutuskan bersunat atau tidak dalam Kristen. Supaya mendapat informasi lebih jelas, sebaiknya simak berikut ini beberapa alasan orang Kristen tidak wajib disunat di bawah ini.

ads

1. Sunat Merupakan Perjanjian Lama

Sebenarnya sunat merupakan salah satu perjanjian umat Israel dengan Allah yang terdapat di Perjanjian Lama sebagai bagian tujuan diturunkannya kitab Taurat. Oleh sebab itu awalnya sunat merupakan tanda bahwa Bangsa Israel yang dipilih oleh Allah, dan barang siapa beriman kepada Allah maka sesuai Hukum Taurat hendaknya dia bersunat. Seperti tertulis dalam Kejadian 17:27

“Dan semua orang dari isi rumah Abraham, baik yang lahir di rumahnya, maupun yang dibeli dengan uang dari orang asing, disunat bersama-sama dengan dia.”

2. Bukan Kewajiban Mutlak

Dalam firman Tuhan di 1 Korintus 7:18 dikatakan bahwa

” Kalau seorang dipanggil dalam keadaan bersunat, janganlah ia berusaha meniadakan tanda-tanda sunat itu. Dan kalau seorang dipanggil dalam keadaan tidak bersunat, janganlah ia mau bersunat.” 

Dari sini jelas bahwa Tuhan tidak memaksa kondisi seseorang yang ingin menjadi Kristen untuk harus melakukan sunat. Apapun kondisi fisik orang tersebut maka Tuhan menerima sepenuh hati dengan apa adanya. Oleh sebab itu tidak perlu tawar hati. Yang terpenting berusaha hidup melakukan berbagai macam buah-buah Roh Kudus sesuai kehendak Allah dan tetap setia berdoa meminta pimpinan Allah di dalam hidup.

3. Ciptaan Baru Yang Ditebus Yesus

Lebih lengkap dalam Alkitab Perjanjian Baru terdapat ayat dalam Galatia 6:15

“Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.”

Kemudian juga dalam Kolose 2:11 “Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa.”

Dengan demikian maka lebih jelas lagi diungkapkan oleh Allah pada umat Kristen bahwa yang terpenting yaitu memperbaharui hidup yang jauh dari sifat dosa menurut Alkitab dan selalu berusaha menaati ketetapan Allah. Karena kita ini telah ditebus dari maut melalui penyaliban Yesus untuk memberikan kita keselamatan yang kekal. Sehingga tidak perlu lagi mencari jalan keselamatan selain daripada Yesus sendiri.

Itulah beberapa alasan orang Kristen tidak wajib disunat di masa saat ini. Bersunat untuk kesehatan memang baik adanya. Sehingga tidak pernah ada larangan untuk orang Kristen melakukan sunat. Hanya saja mengacu pada firman Tuhan, maka hal ini bukan kewajiban yang utama. Hendaknya yang terpenting yaitu melakukan perintah Allah dan beriman kepada Tuhan. Selalu berusaha melakukan contoh-perilaku-sebagai-terang-dan-garam-dunia sehingga nama Tuhan bisa dipermuliakan dengan baik, Amin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen