Apa Arti Keselamatan Menurut Alkitab

√ Quality Checked Pass quality & checking

Keselamatan adalah sesuatu hal yang penting bagi kehidupan umat kemanusiaan. Contohnya saja, di dalam dunia kerja, suatu perusahaan harus menjamin keselamatan para pekerjanya. Artinya, dalam kasus keselamatan kerja, para karyawan dapat tenang dama mengerjakaan tugasnya.

Di dalam Agama Kristen,keselamatan juga adalah salah satu sajian utama serta memiliki kedudukan yangberpusat pada paham teologi Kristen. Makna keselamatan pada Agama Kristen jugaadalah melepaskan atau proses penebusan dosa yang telah dilakukan seseorang. Keselamatantidak dapat dilakukan menggunakan usaha sendiri. Paulus menyatakan bahwakeselamatan bukan dari hasil “gajian” perbuatan baik yang telah dilakukan, akantetapi justru datang dari rahmat Allah. Untuk lebih mengetahui arti keselamatanmenurut Alkitab, kita bahas di bawah ini.

Keselamatan menurut Alkitab

Di dalam Alkitab,keselamatan tidak dapat diterjemahkan yang sifatnya mutlak. Maksudnya,keselamatan memiliki sifat partikularistik dan mengandung makna universalisticsehingga konsep keselamatan berdasarkan Alkitab tidak hanya diberikan padaorang-orang Yahudi saja, tetapi juga bisa diterapkan pada orang-orangnon-Yahudi sekalipun. Maka dari itu, orang-orang yang meyakini Yesus sebagaisang juru selamat dapat diselamatkan nantinya.

Keselamatan yang dipegang oleh umat Kristiani tidak hanya diartikan yang sifatnya spiritual atau pada beberapa pihak saja. Apabila konsep keselamatan hanya bersifat pada salah satu pihak saja, maka orang-orang Kristen Yahudi saja yang akan diselamatkan. Sementara itu, orang-orang yang bukan Kristen dan Yahudi justru tidak akan diselamatkan.

Keselamatan pada perjanjian lama

Manusia yang jatuh ke dalamdosa membuat hubungan antara manusia dengan Tuhan menjadi renggang dan jugakehilangan kemuliannya dihadapan Allah. Berdasarkan dosa yang dilakukan olehumat manusia, maka mereka menerima masalah yang ditimbulkan oleh perbuatandosanya sendiri. Beberapa teks tua yang menyatakan keselamatan dilakukan olehAllah bagi Bangsa Israel dapat dilihat Kel 14:30 dan 15:2. Kemudian Hos 13:4,dan Mzm 106:21.

Di dalam teks yangmenghubungkan keselamatan dapat dihubungkan dengan masa depan yang dapatdiberikan oleh Allah. Meskipun begitu, harapan pada keselamatan yang lengkapdan juga menyeluruh baru muncul [ada Kitab Yeremla. Keselamatan tersebutmemiliki corak eskatologis yang nantinya dihubungkan dengan anugerah Allah melaluiperantara Yesus. Yeremia mengharapkan agar Tuhan tidak hanya memberikankeselamatan tidak hanya pada kaum Yeremenia saja, tetapi juga kepadaorang-orang yang bertobat. Pernyataan itu tertuang pada Yer 15:20, 17:14.

Pada teks perjanjian lama jugadikatakan bahwa dosa dan juga tentang rahmat dalam rangka keselamatan umatmanusia. Pada konsep keselamatan perjanjian lama dapat diperoleh bahwakeselamatan bisa didapat dengan melaksanakan hukum-hukum Allah. Sayangnya,pernyataan tersebut keliru karena beberapa rujukan keselamatan yang dicanangkansifatnya hanya sementara.

Keselamatan pada perjanjiann baru

Pada konsep perjanjian baru,keselamatan tidak hanya berlaku pada orang dewasa semata, tetapi juga dapatberhak pada anak-anak juga. Ketika anak-anak belajar tentang Yesus, maka merekajuga akan mempelajari seperti apa menyambt kasih sayang dari Allah. Tuhan jugaingin semua anak-anak dapat selamat. Hal tersebut tertuang pada Mr 10:14. Di dalamnyadikatakan bahwa Tuhan membiarkan anak-anak datang kepada-Nya. Hal itudikarenakan orang-orang seperti itu, memiliki kerajaan Allah.

Yesus juga berkata padaMatius 18:3 yang isinya orang-orang menyambut kerajaan sorga sepertianak-anak  kecillah yang bisa masuk kedalam ke dalamnya. Pernyataan dari Yesus tersebut menyiratkan bahwa beliausangat mengasihi anak-anak dan menginginkan mereka dapat memperoleh keselamatanyang sangat kekal. Sebab, anak-anak yang mengenal Yesus akan mengarahkan danjuga saling mengasihi pada sesamanya. Di sanalah bukti jika anak-anak sangatmengasihi Yesus.

Itulah mengenai artiKeselamatan berdasarkan Alkitab. Untuk Anda yang inginn mencari caramemperoleh keselamatan menurut iman Kristen, bisa mencoba pelajari beberapareferensi lainnya seperti janji keselamatandi dalam Alkitab. Dengan begitu, kita dapat memahami apa saja asal mula dosamenurut Alkitab sehingga tidak mudah terjerumus di dalamnya.

Dengan mempelajari konsepkeselamatan, kita juga dapat memahami apa saja keteladan Yesus Kristus yangbisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kita juga mengetahui janji Tuhan bagiorang percaya kepada Yesus Kristus. Semoga artikel ini dapat memberikanmanfaat dan membuka pintu kebatinan kita semua.

fbWhatsappTwitterLinkedIn