Apa Yang Dialami Pada Rasul Pada Saat Yesus Wafat?

√ Quality Checked Pass quality & checking

Bagi kita yang sering atau pernah membaca Alkitab, pastinya sudah menyadari bahwa wafatnya Yesus merupakan salah satu sejarang yang cukup kelam saat itu. Bahkan tidak hanya para pengikutnya saja yang berduka, langit dan bumi pun merasakan hal yang sama. Hal itu bisa dibuktikan pada berbagai peristiwa unik pada saat Yesus Kristus Wafat.

Selain para umatnya, pararasul-rasul Yesus pun juga mengalami hal yang sama. Akan tetapi, informasi yangdidapatkan sangat sedikit pasca Yesus wafat. Untuk itu, di dalam artikel iniakan dibahas bagaimana kondisi para rasul ketika Yesus wafat. Berikutulasannya.

1. Petrus

Petrus merupakan salah satumurid Yesus yang paling banyak disebutkan pada Alkitab. Petrus juga merupakansalah satu pemimpin bagi para murid-muridnya yang lain. Semasa hidupnya, Petrusmerupakan seorang pemimpin dari total 120 murid yang selalu menantikan turunnyaRoh Kudus dan juga palingberinisiatif untuk menggantikan Yudas Iskariot yang telah berkhianat.

Meskipun Petrus lebih banyakdikenal sebagai rasul bagi para orang Yahudi, namun dialah orang pertama yangdiutus Tuhan untuk memberitahuka Kitab Injil para orang-orang non Yahudi. Kisahtersebut ada dalam Kisah para Rasul 15:6-11.Saat Petrus meninggal, diameninggalkan beberapa warisan yang berupa sebuah kitab suci. Surat yangditinggalkan adalah Petrus 1 dan Petrus 2 yang kemungkinan besar ditulis diKota Roma.

2.Andreas

Rasul yang kedua adalah Andreas yang merupakan saudara dari Petrus. Andreas sendiri merupakan murid pertama Yesus sebelum dibaptis. Andreas juga merupakan orang yang membawa kaum Yunani untuk dapat betemu dengan Tuhan Yesus Kristus. Hal tersebut dicatat dalam Yohanes 12:21-22. Maka dari itu, dia juga sering disebut sebagai penginjil nasional dan juga Internasional pertama.

Ketika Yesus wafat, diadikabarkan memberitakan injil di daerah Makedonia sampai kemudian meninggal dimarti, Patras, Yunani. Di dalam sebuah buku yang berjudul Acts of Andrew, dituliskan bahw Andreas disalib pada sebuah kayuyang berbentuk “X”. Sebuah benda religius yang kemudian bernama Salib Andreas.

3.Yakobus

Rasul selanjutnya adalah Yakobus. Bersama saudaranyayang bernama Yohanes, dia menjadi salah satu murid Yesus pada saatmereka sedang memancing ikan. Hal itu tertulis dalam Matius 4:21-22. Yakobusjuga merupakan salah satu murid terdekat Yesus Kristus bersama dengan Petrusdan Yohanes.

Semasa hidupnya, dia lebihbanyak sebagai martir. Hal itu dikarenakan karakternya sangat agresif dan jugaberwatak keras. Beberapa buktinya bisa terlihat pada saat dia mengusulkankemusnahann suatu desa di samaria. Penyebabnya adalah desa tersebut menolakYesus untuk dilewati ketika beliau sedang dalam perjalanan ke Yerusalem. Yakobussendiri meninggal ketika Raja Herodes membunuhnya dengan sebuah pedang. Pada tahun44 Masehi.

4.Paulus

Meskipun bukan dari bagian para murid utama Yesus, Paulus menyebut dirinya seorang rasul yang lahir sebelum waktunya. Hal itu tertulis dalam surat Roma 1:1 dan 1 Korintus 15:8. Bersamaan dengan Barnabas, Paulus diberikan peran menjadi seorang rasul di dalam Gereja Perdana. Paulus juga pernah menyebutkan dirinya sebagai Rasul bangsa-bangsa bukan Yahudi di dalam surat Roma 11:13.

Pada saat Paulus ditetapkanTuhan menjadi seorang rasul dengan perantara kejadian ajaib, Paulus tetapmerendah hati dibandingkan rasul-rasul lainnya. Bahkan, pasca wafatnya YesusPaulus juga aktif menyebarkan ajaran Injil pada masyarakat, salah satunyaadalah di daerah Vatikan. Sampai Akhir hayatnya, dian disemayamkan di daerahBasilika Santo Paulus, Roma.

Demikianlah beberapa kondisiyang dialami para Rasul pada saat Yesus wafat. Meskipun beliau saat itu sudahtiada, namun keteladanYesus Kristus tetap ada dan membekas di hati para rasul. Sebagian besarmereka lebih banyak mengamalkan kembali berbagai ayat-ayat Alkitab untuk teyapmenyampaikan ajaran Yesus Kristus ke seluruh dunia. Apalagi, pesan darikebangkitan Yesus akan tersu digaungkan sampai waktunya akan tiba.

Untuk Anda yang inginmengetahui lebih jauh tentang kisah rasul dan nabi, silakan kunjungi nabi-nabipada masa pembuangan, tugaspenginjil yang perlu diketahui, pengakuan ImamRasuli, dan masih banyak referensi lainnya. semoga artikel ini bisamemberikan banyak manfaat pada pembaca dan semoga diberkati selalu.

fbWhatsappTwitterLinkedIn