Apa Yang Terjadi Dengan Jubah Yesus Saat ini?

√ Quality Checked Pass quality & checking

Jubah Yesus Kristus merupakansalah satu pakaian yang sering diceritakan oleh para umat Kristen. Ditambahlagi ada sebuah keajaiban yang terjadi ketika seseorang menyentuh jubah Yesus,yakni orang tersebut sembuh dari penyakit. Mungkin bagi sebagian orang, haltersebut termasuk ke dalam mujizat Yesus Kristus. Halini pun semakin diperkuat dalam surat Matius 9:18-22, Markus 5:21, dan Lukas8:40-48.

Namun, ketika Yesusdisalibkan saat itu, kita dapat melihat bahwa Yesus sendiri tidak menggunakan jubahkebesarannya. Lalu kemanakah jubahnya ? Untuk mengetahuinya lebih dalam,berikut beberapa penjelasannya.

  • Keadaan Yesus saat disalibkan

Jika kita membaca surat Matius 27:22-26, di sana dijelaskan bahwa Yesus ditelanjangi karena dijatuhi hukuman salib oleh Pontius Pilatus. Ditambah lagi saat itu, Beliau dihina dan juga dicaci maki dengan macam-macam cara. Saat itu, orang-orang Israel belum menyadari bahwa Yesus Kristus adalah seorang Mesia. Keadaan Yesus saat itu cukup memprihatinkan. Beliau ditancapkan mahkota yang berduri sambil memegangi salib.

Keadaan-Nya pun juga sambil telanjang sementara pakaian dan juga dibagi-bagi menjadi empat bagian. Setelah itu, para prajurit membuangnya berserta dengan jubah Yesus. Mungkin kita sendiri pun bingung dengan apa tujuan prajurit membagi-bagikan pakaian Yesus tersebut. Namun, hal tersebut masih berhubungan dengan status Yesus itu sendiri.

Hanya saja keadaan pakaianYesus digambarkan dengan jelas oada surat mazmur 22:19 yang berbunyi sepertiini: “Mereka membagi-bagikan pakaianku di antara mereka, dan juga merekamembuang undi di atas jubahku”. Di dalam Yohanes 19:24 ditambahkan bahwa Allahmengizinkan para prajurit Romawi untuk mengambil pakaian Yesus Kristus.

  • Gambaran Jubah Yesus Kristus

Di dalam Yohanes 19:13digambarkan bahwa jubah Yesus itu tidak berjahit dan hanya ada sau tenunansaja. Tidaklah berjahit pada ayat tersebut memiliki arti bahwa jubah Yesustidak dijahit dari beberapa potongan kain. Beberapa orang umumnya tidak tertarikdengan seperti apa wujud pakaiannya dalam keseharian baik itu dari atas hinggabawah. Akan tetapi di dalam Alkitab, jubah Yesus cukup digambarkan denganterperinci.

Di dalam Alkitab punmenjabarkan bahwa nenek moyang semua umat manusia adalah dari Adam. Sedangkan Bapaknyaorang-orang beriman adalah Abraham. Bapaknya Israel adalah Yakub. Di sini Allahmengajarkan pada kita bahwa Bapak Israel bukanlah Abraham, melainkan Yakub. Meskipunnenek moyangnya merupakan Abraham, namun hal tersebut adalah dua hal yangberbeda.

  • Alasan Jubah Yesus dibuang

Kembali pada pertanyaansebelumnya bahwa apa yang menyebabkan para prajurit lebih memilih membuangjubah Yesus saat itu. Di sini kita bisa melihat dulu bahwa Yesus merupakanpemimpin dari kelompok para Yahudi. Jubah pada saat itu dapat diartikan sebagailambang hati para orang-orang Yahudi. Sebab, saat itu Yesus merupakan rajaIsrael yang memimpin para Yahudi. Dari sini kita bisa lihat bahwa membuangjubah Yesus menunjukan kehancuran martabat para kaum Israel.

Padahal di dalam Alkitabtelah dijelaskan bahwa orangyang bukan Yahudi tidak bisa memusnahkan roh orangIsrael dengan mudah. Hal itu dikarenakan Yesus sudha mendapatkan hati dalam dirmereka. Artinya, kalaupun jubah tersebut dihancurkan sekalipun tidak akanmenggoyahkan hati nurani para pengikutnya. Allah pun lebih memilih kaum israelsebagai umat-Nya untuk mendirikan kerajaan-Nya dan juga kebenaran-Nya.

Sampai detik ini, kaum Israelmasih tetap memegang Hukum Tauratdengan sepenuh hati. Hal tersebut dikarenakan orang-orang Israel adalahketurunan yakub yang memiliki keteguhan hati yang tinggi. Oleh sebab itusekarang kita bisa melihat seperti apa negara Israel saat ini.

Demikianlah mengenai apayang terjadi dengan jubah Yesus saat ini. Dari ulasan di atas, kita bisa ambilhikmahnya tentang kejadian Yesus Kristus semasa hidupnya. Jika Anda inginmengetahui seberapa dalam keteladana Yesus untuk umatnya, bisa membaca ayatalkitab tentang pemimpin yang melayani dan ayat mengenai sifat dan karakter pemimpinkristen dalam Alkitab.

Untuk kejadian-kejadian yang dialami oleh Yesus, Anda juga bisa membaca tentang ayat Alkitab tentang mengambil hak orang lain. Di sana banyak penjelasan yang lebih lengkap lagi. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak hikmah bagi pembaca dan semoga Anda selalu diberkati.  

fbWhatsappTwitterLinkedIn