Sponsors Link

Apakah Orang Kristen Boleh Berpolitik? Bagaimana Menurut Pandangan Alkitab?

Sponsors Link

Sering kali di masa sekarang ini masih banyak perdebatan yang berkaitan Degnan apakah orang Kristen boleh berpolitik? Bagaimana menurut pandangan Alkitab? Apakah hal ini sifat dosa menurut Alkitab atau tidak? Tentu banyak yang sangsi akan hal tersebut dan bahkan ingin mengetahuinya lebih lanjut. Apalagi Alkitab sendiri mengisahkan banyak tokoh politik dalam Alkitab di dalamnya. Oleh sebab itu jika ingin tahu lebih dalam mengenai hal tersebut, simak berikut ini sedikit penjelasan yang berkaitan dengan apakah orang Kristen boleh berpolitik? bagaimana menurut pandangan Alkitab?

Apakah Orang Kristen Boleh Berpolitik?

Sebenarnya tidak ada pandangan secara spesifik di dalam Alkitab mengenai politik terhadap orang Kristen. Oleh sebab itu saat ini ada banyak orang Kristen yang mulai terjun di dunia politik dengan harapan bisa memberikan perubahan yang dinamis pada sistem pemerintahan yang ada. Sebagian dari mereka sebenarnya beritikad baik dan bermaksud untuk memperluas akan pandangan gereja di Indonesia terhadap negara. Sehingga dengan menjadi bagian dari sistem politik di Indonesia, ada satu visi dan misi yang ingin memperlihatkan sisi gereja pada dunia politik di suatu negara.

Dari sinilah maka tidak ada ikatan yang menyatakan bahwa berpolitik itu dilarang secara Kristen. Namun sebaiknya justru umat Allah sangat didukung untuk terjun ke dunia politik sepanjang tetap memegang teguh akan perintah Tuhan seperti tetap berlaku jujur dan mengasihi sesama mereka sekalipun lawan politik mereka. Karena itulah inti dari perbedaan anak Tuhan dengan apa yang berasal dari dunia ini, yaitu sikap dalam menjalani segala macam bentuk serangan politik yang terjadi. Umat Kristen harus yakin benar bahwa selama mereka menjalankan buah-buah Roh Kudus maka tentunya bersama Tuhan mereka akan mendapatkan keberhasilan yang maksimal, sekalipun di dalam langkah politik yang diambil.

Pandangan Alkitab Tentang Politik

Jika ingin tahu lebih jelasnya mengenai ayat dalam Alkitab tentang politik, maka akan sangat susah untuk menemukan yang benar-benar sepadan dengan hal tersebut. Karena hingga saat ini dari masa Perjanjian Lama hingga ke Perjanjian Baru tidak ada ayat yang secara spesifik menerangkan bahwa umat Kristen boleh atau tidak boleh terjun dalam dunia politik. Bahkan di dalam Alkitab sendiri banyak yang menyatakan bahwa umat Kristen harus tunduk pada kaisar atau pemerintahan yang berlaku. Berarti secara tidak langsung dalam hal ini berpolitik bukan suatu hal yang buruk sepanjang dilakukan secara benar sesuai koridor dan aturan hukum yang berlaku di Indonesia. Selama jujur dan adil dalam melakukan hal tersebut, maka Tuhan secara langsung tidak pernah melarang politik dalam ayat apapun di Alkitab.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apakah orang Kristen boleh berpolitik? Bagaimana menurut pandangan Alkitab? Serta apakah hal tersebut termasuk macam-macam dosa menurut Alkitab atau tidak. Sepertinya melalui penjelasan di atas sudah cukup jelas bahwa selama apa yang dihasilkan berupa kebaikan, maka sikap orang Kristen terhadap politik sendiri tidak dilarang oleh Allah maupun di dalam Alkitab. Oleh sebab itu yang paling utama miliki hikmat dari Allah untuk memutuskan hal tersebut supaya tidak salah dalam menentukan langkah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen