Sponsors Link

Apakah Sakramen Krisma Wajib Dilakukan? Inilah Jawaban yang Sebenarnya!

Sponsors Link

Bagi orang Katolik pasti sedikit banyak mengenal adanya sakramen Krisma. Namun masih banyak yang kadang bertanya apakah sakramen krisma wajib dilakukan. Di agama Katolik sendiri mengenal berbagai macam jenis sakramen gereja anglikan. Tentunya semua mengarah pada kedekatan pada Tuhan, sehingga ada baiknya jika sakramen-sakramen tersebut tidak diluputkan untuk dilakukan. Namun apabila merasa masih belum yakin dan kurang jelas mengenai dasar dan kewajiban makna sakramen krisma tersebut di kalangan umat Katolik, ada baiknya untuk mengetahui lebih lanjut apakah sakramen krisma wajib dilakukan seperti penjelasan di bawah ini.

Tentang Sakramen Krisma

Sakramen krisma ini sendiri sebenarnya merupakan rangkaian dan bagian dari berbagai sakramen di dalam agama Katolik. Tujuan dari dilakukan sakramen krisma ini sebenarnya untuk menguatkan iman kepada Yesus dalam agama Katolik. Karena pada dasarnya pada saat bayi semua umat Katolik telah menerima simbol sakramen baptis. Namun pada masanya yaitu pada akil baliknya, dianggap seorang Katolik baru bisa menerima Tuhan sepenuhnya setelah menyerahkan diri melakukan sakramen Krisma. Hal ini sebagai perwujudan iman atas kasih Tuhan Yesus yang telah menyerahkan nyawaNya bagi kita lewat penyaliban Yesus sendiri. Sehingga melakukan sakramen krisma adalah cermin dari iman yang kuat dan pengakuan akan Yesus secara pribadi secara mendalam. Bukan hanya sekedar ikut-ikutan saja atau akibat dari keinginan orang lain di sekeliling kita.

Wajib Tidaknya Sakramen Krisma

Dari pemahaman tentang sakramen krisma, maka bisa dilihat esensi penting tidaknya serta wajib tidaknya melakukan sakramen tersebut. Tentunya sebagai salah satu unsur sakramen penting, sedikit banyak ini merupakan sakramen yang wajib dilakukan oleh umat Katolik. Mengapa? Kembali pada tujuan dan makna dari sakramen krisma sendiri seperti yang telah diterangkan sebelumnya. Karena ini adalah lambing penyerahan diri kita sepenuhnya dalam mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Raja. Inilah langkah selanjutnya setelah pembaptisan dimana sebagai seseorang yang dianggap telah dewasa menerima Tuhan sepenuhnya secara sadar. Sehingga ini merupakan salah satu sakramen yang tidak boleh diluputkan saat memasuki usia yang tepat. Tentunya melalui cara berdoa dalam roh maka akan lebih mudah untuk mengatasi keraguan dalam menerima sakramen tersebut. Oleh karena itu selalu libatkan Tuhan dan penyertaan Roh Kudus untuk menguatkan hati menerima sakramen krisma ini pada waktu yang tepat.

Itulah sedikit informasi berkaitan dengan apakah sakramen krisma wajib dilakukan atau tidak. Pada dasarnya setelah mengetahui tentang sakramen yang satu ini, tentu selanjutnya perlu sekali bagi setiap orang tua Katolik untuk berdoa dan minta petunjuk maupun pimpinan karunia Roh Kudus. Sehingga dengan demikian dapat menuntun anaknya untuk mengenal lebih dalam maksud dan tujuan Allah melalui sakramen krisma. Dengan demikian maka bagi yang masih merasa ragu dan tidak yakin akan diteguhkan oleh Tuhan sendiri. Sehingga dengan demikian tidak ada keraguan saat hendak menyerahkan anaknya untuk pada akhirnya mendapatkan buah-buah sakramen krisma tersebut. Atapun jika diri sendiri hendak memberi diri melakukan sakramen krisma, maka dipastikan sudah paham dan sudah siap menerimanya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Sakramen