Sponsors Link

Arti Dan Makna Nama Enos Menurut Alkitab Jarang Diketahui Umat Kristen

Sponsors Link

Tentu hal ini menjadi banyak pertanyaan umat Kristen, yaitu arti dan makna nama Enos menurut Alkitab. Pastinya banyak yang paham akan karakter Allah yang ditunjukkan oleh tokoh-tokoh besar seperti Daud, karakter Yusuf dalam Alkitab, Daniel, Abraham, keteladanan Musa dalam Alkitab, dan sebagainya. Tetapi tidak banyak yang mengenal nama Enos. Sehingga umat Kristen sendiri seakan tidak memahami sejarah hal tersebut. Namun Tuhan selalu menciptakan tokoh-tokoh Alkitab dengan maksud yang baik. Termasuk karakter Enos yang Tuhan perkenankan dalam Alkitab untuk dicatat. Jika penasaran apa yang menjadi arti dan makna nama Enos menurut Alkitab, berikut ini penjelasannya.

ads

Sejarah

Sesuai dengan yang dikatakan dalam Alkitab Perjanjian Lama, maka Enos merupakan anak dari Set, dimana Set adalah anak dari Adam. Sehingga Enos merupakan cucu dari Adam dan keturunan ketiga yang ada di muka bumi. Tentunya pembahasan tentang Enos ini sangat minim. Tetapi tanpa disadari, tokoh Alkitab yang menghormati orang tua ini sebenarnya memegang kunci dimana manusia mulai mengenal Allah. Karena dalam kitab Kejadian 4:26 “Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN.” Sehingga secara tidak langsung saat Enos dilahirkan maka dunia mulai mengenal Allah dan segala ketetapanNya. Oleh sebab itu walau hanya bagian kecil saja tetapi Enos adalah garis keturunan Adam yang cukup penting cikal bakalnya.

Arti

Dari sejarah yang dituliskan di atas, maka sudah jelas bahwa Allah ingin menamakan Enos sebagai tanda dimana manusia percaya dan memanggil Tuhan. Dalam kamus etimologi disebutkan pula bahwa Enos ini berarti manusia. Dimana arti ini karena saat itu Adam sudah mulai memiliki banyak banyak keturunan di dunia dan menjadi awal mula dari umat dan berkaitan erat dengan asal usul manusia menurut agama Kristen. Sehingga sepatutnya jika umat Kristen mulai mengenal nama tersebut sebagai salah satu tokoh yang Allah inginkan untuk dikenal dan direnungkan. Sehingga umat Kristen memahami bahwa Allah senantiasa ingin umatNya dekat dan mengenal Dia lebih dalam.

Makna

Tentunya dapat disimpulkan bahwa makna nama Enos ini cukup dalam. Karena Enos ini adalah permulaan manusia mulai mengenal Allah secara pribadi. Menghormati Allah dan mengagungkan Allah. Melalui cara berdoa dalam Roh dan syukur dengan memberikan korban persembahan dan hidup menurut ketetapan Allah. Inilah makna penting dari kata Enos, yaitu manusia mengenal Allah. Inilah dasar dari ibadah kita kepada Tuhan dan pengenalan akan Tuhan. Allah mengijinkan manusia mengenalNya di masa Enos lahir.

Itulah beberapa arti dan makna nama Enos menurut Alkitab, mulai dari kisah dan sejarah nama tersebut diberikan. Hingga arti yang Allah terangkan serta makna nama tersebut. Dari situ tentunya nama ini cukup berarti dan dipandang baik adanya. Oleh sebab itu biarkan karunia Roh Kudus bekerja dan selalu minta hikmat dalam memberikan nama. Karena nama adalah cerminan berkat dan kehendak Allah terhadap orang tersebut. Dengan demikian hidup umat Kristen akan dipenuhi karunia Allah sesuai dengan nama yang Allah ijinkan pada dirinya.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Kristen