Arti Nama Ishak Dalam Alkitab: Arti, Makna, dan Pandangannya

√ Quality Checked Pass quality & checking

Di dalam Alkitab, ada sebuahnama yang cukup sering diceritakan. Nama tersebut adalah Ishak. Pada Alkitab sendiri,nama Ishak adalah nama anak Abraham dengan Sara. Ishak sendiri juga merupakansalah saru tokoh penting yang ada dalam perjanjian lama. Bisa dikatakan Ishakjuga merupakan salah satu nenek moyang bangsa Israel.

Bagi Anda yang sedang hamilanak laki-laki atau sedang memikirkan nama anak yang paling pas, maka Ishak inimasuk ke dalam kandidat. Meskipun begitu, tentunya kita harus memahami terlebihdahulu apa makna dari nama Ishak itu sendiri. Oleh sebab itu, untuk lebihjelasnya, berikut beberapa hal tentang makna Ishak.

1. Tertawa

Makna yang pertama adalahtertawa. Mungkin Anda cukup heran menagapa bisa bermakna seperti itu. Ternyata pernyataanini bukan dari sembarangan orang, melainkan langsung diberikan oleh Tuhan. Hal inibisa terlihat pada surat Kej 17 :17-19. Isi suratnya sendiri lebih kurangsebagai berikut:

“ Nama Ishak sendiri adalah “tertawa”. Hal ini dikarenakanAbraham terunduk sambil tertawa meskipun hanya di dalam hatinya. DikarenakanAbraham tidak mempercayai adanya firman Tuhan tentang ia akan diberikan anakoleh Tuhan pada saat berumur 100 tahun.”.

Dari isi surat tersebut seperti sudah digarisbawahi oleh Tuhan bahwa Abraham akan memiliki anak laki-laki yang nantinya akan diberi nama Ishak pada saat dia berumur 100 Tahun. Perlu diketahui oleh Anda bahwa ketika Tuhan memilih Abraham, saat itu dia belum memiliki anak. Padahal saat itu usianya sudah mencapai 75 tahun sementara sang Istri, Sarah merupakan perempuan mandul. Di sinilah saat Tuhan berkata Abaraham akan memiliki anak ketika dia berumur 100 tahun membuatnya merasa geli dan tidak percaya.

Akan tetapi, sekitar 25tahun kemudian, kejadian itu benar-benar nyata saat Abraham dan Sarahmendapatkan keturunan pertama. nama Ana tersebut adalah Ishak. Pada saat itu,Sarah sendiri sudah berusia 90 tahun yang bahkan sudah tidak mengalami haidlagi. Maka dari itu, harapan mereka bisa mendapatkan anak merupakan hal yangmustahil.

2. Perjanjian

Ketika Tuhan sudahmemberikan janji pada mereka dan Ishak telah lahir, seketika itu sarah begitutertawa dengan penuh suka cita. Bisa dikatakan kelahiran Ishak ini adalahsebuah keistimewaan karena anak tersebut lahir oleh janji yang diberikan Tuhankepada Abraham dan Sara. Apalagi dari sisi usia pun sudah tidak memungkinkanlagi

Padahal Abaharam sudahmemiliki anak dari Hagar yang bernama ismael. Akan tetapi Ishak yang menjadipewaris Abaham selanjutnya. Ishak juga berhak mewarisi semua perjanjian yangTuhan berikan pada Abraham. Sampai pada Akhirnya Ishak pun sampai kepada umatIsrael. Dari itulah kita juga bisa memberikan julukan lain pada Ishak sebagaianak perjanjian.

Ishak juga pernah dijadikansebagai “persembahan” untuk Tuhan sebagai wujud ketaatan Abraham pada-Nya.Ishak yang sejak kecil sudha terkenal dengan ketaatannya dengan Abraham tetap menurutdengan perkataannya, padahal saat itu ishak akan dijadikan persembahan untukTuhan. Di dalam Kejadian 22:5-12, dijelaskan bahwa Ishak bahkan diikat olehAbraham namun tidak ada tanda-tanda pemberontakan darinya.

Ketika Ishak akandikorbankan karena keteladananAbaham, usianya sendiri sudah menjadi pemuda dewasa. Usia yang bisadikatakan sudah memahami apakah dia akan memiliki tujuan dan kemauan sendiri. Akantetapi, dia tetap tidak bergeming sama sekali. Meskipun pada akhirnya tidakjadi dikorbankan, namun kita bisa melihat sebuah ketaatan tertinggi yangdilakukan ishak pada Ayahnya Abraham bisa dijadikan pelajaran.

Demikianlah beberapa artinama ishak dalam Alkitab yang bisa dipelajari. Dari kisah ishak kita bisa ambilpelajaran bahwa dia mengalami rintangan yang cukup sulit. Rasa kepercayaan dankesetian ishak pada karakter Abrahambisa menjadi contoh dan diterapkan pada anak-cucu kita. Untuk Anda yang sedanghamil dan sedang kebingungan mencari nama yang tepat, nama ishak ini bisamenjadi salah satu pilihan terbaik.

Ada beberapa tips lainnyayang bisa dipelajari seperti doaucapan syukur menurut Kristen protestan. Dengan begitu, semoga anak yangsedang dikandung bisa lahir dengan selamat dan bisa memberikan manfaat untukkeluarga, bangsa dan juga negaranya. Anda juga bisa mempelajari referensilainnya seperti tokoh-tokohAlkitab, tokohAlkitab yang rendah hati, tokoh Alkitabyang tidak berputus asa, Tokoh Alkitab yang menghormati Orang Tua,  dan masih banyak lagi. Semoga Anda semuadiberkati.

fbWhatsappTwitterLinkedIn