Arti Nama Sarah Dalam Alkitab: Arti, Makna, dan Pandangannya

√ Quality Checked Pass quality & checking

Nama manusia yang sering kita gunakan merupakan sebuah harapan dan juga doa dari orang tua. Kelak anak yang telah dilahirkan bisa memberikan harapan baru atau menjadi anak yang baik, berbakti untuk bangsa dan negaranya. Contoh termudah adalah nama Asep yang cukup banyak ditemukan di daerah Sunda. Diketahui bahwa Asep sendiri merupakan serapan dari kata Kasep yang artinya adaah tampan. Jadi harapan orang tua dengan nama tersebut memberikan ketampanan pada anaknya saat dewasa.

Di dalam Alkitab pun adasatu nama yang juga cukup sering digunakan pada anak perempuan yakni Sarah. Sekilastidak ada yang istimewa dari nama tersebut, akan tetapi jika kita telaah lebihjauh, ada makna tersendiri dengan nama Sarah ini. Untuk mengetahuinya lebihdalam, berikut beberapa ulasan tentang arti nama Sarah.

  • Putri

Makna yang pertama dari kataSarah ini sendiri adalah putri. Hal ini memang sudah jelas karena nama inimemang sangat cocok dan pas untuk perempuan. Akan tetapi makna Putri sendiri adasedikit sejarahnya, yakni bahasa Hebrew atau bahasa Ibrani.

Bahasa Ibrani sendirimerupakan bahasa resmi yang digunakan oleh bangsa Israel dan Yahudi. Bagimereka nama Sarah sendiri memang sudah umum digunakan untuk anak perempuanketurunan Yahudi. Bisa dikatakan kondisi ini tidak jauh berbeda dengan namaAsep seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  • Bunga

Meskipun begitu ada sejarahtersendiri jika kita melihatnya dalam Tanakh, Sarah merupakan seorang perempuancantik dan shaleh layaknya sebuah bunga yang bermekar. Hal ini memang tidakterlepas dari sejarah Sarah sendiri yang merupakan istri Abraham.

Hal tersebut disebutkandalam Kejadian 17:15-16 yang berbunyi sebagai berikut.

“Allah telah berfirman mengenai istrimu yang bernamaSarai. Hentikan ucapanmu mengenai dia. Sebutlah namanya menjadi Sara. Akun bisamemberkati dirinya dan juga Aku akan memberikan seorang anak laki-laki. Sehingga,dia bisa menjadi ibu untuk para bangsa. Berbagai Raja akan lahir dari dirinya.”

Dari penjelasan di atas,kita bisa simpulkan bahwa nama asli dari Sarah itu adalah Sarai. Akan tetapi,Alah menganjurkan pada Abaraham agar segera mengganti namanya menjadi Sara ataudalam bahasa Indonesia adalah Sarah. Di dalam ayat tersebut juga dijelaskanbahwa kelak akan lahir seorang anak laki-laki yang nantinya akan menjadipemimpin di berbagai negara.

  • Istri Abraham

Seperti yang sudahdisebutkan pada poin sebelumnya bahwa sarah merupakan istri dari Abraham. Apabilakita mempelajari sejarahnya, Sarah ini merupakan seorang perempuan yangmemiliki beda ibu tapi seayah. Jika berdasarkan Talmud, Sarah merupakan perempuan yang mirip dengan Yiska, anakperempuan dari Haran. Sedangkan Haran sendiri merupakan salah satu saudara dariAbraham.

Jika berdasarkan Alkitab, sarahmerupakan saudara Abraham berasal dar perkataan Abaraham sendiri ketika diMesir. Hal ini diungkapkan pada Surat Kejadian 12:13 yang isinya sebagaiberikut.

“Wahai engkau Adikku. Agar aku diperlakukan mereka dengansangat baik, Aku telah dibiarkan hidup disebabkan oleh engkau“.

Dari ayat di atas, kita bisamembaca bahwa maksud Adik di sini mengacu pada Sarah itu sendiri. Berbagaiketerangan tentang keturunan Terah sendiri telah disebutkan dalam dua kali.Pertama Sarah sebagai istri Abraham dan kedua adalah Sarah sebagai menantuTerah sekaligus istri Abraham.  

Demkinlah beberapa arti namaSarah dalam Alkitab yang bisa menjadi referensi Anda. Dari ulasan di atas, kitabisa menarik kesimpulan bahwa nama Sarah sendiri merupakan nama yang sangatbaik karena berdasarkan sifat Sarah itu sendiri semasa Hidupnya.

Untuk Anda yang menginginkannama anak perempuan yang baik sholeh, cantik, dan makna positif lainnya, namaSarah ini bisa menjadi referensi terbaik. Cobalah untuk sering-sering membacatentang doaucapan syukur menurut Kristen Protestan. Dengan begitu, Anda bisa memilikiharapan lebih pada anak agar bisa tumbuh sehat dan sesuai dengan harapan Anda.

Apabila Anda menginginkanreferensi lainnya, cobalah membaca tentang tokoh-tokoh alkitab, Tokoh Alkitab yangrendah hati, tokohalkitab yang tidak berputus asa, dan masih banyak lagi referensi lainnya. SemogaAnda semua selalu diberkati oleh Tuhan selalu.     

fbWhatsappTwitterLinkedIn