Sponsors Link

Apakah Arti Penebusan Dosa? yang Belum di Ketahui

Sponsors Link

Umat Kristen percaya bahwa penebusan pengertian dosa menurut Alkitab adalah keselamatan yang di dapat dari Yesus Kristus. Seperti yang di kutip pada ayat alkitab berikut, kitab Matius pasal 1 ayat 21, sebagai berikut : “Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

ads

Dari nama-Nya sendiri, Yesus yang berarti “Tuhan Menyelamatkan” adalah sebuah gambaran bahwa tugas utama Yesus Kristus sebagai putra tunggal Allah adalah untuk menyelamatkan seluruh umat manusia dari segala macam dosa dosa yang sudah ada di bumi ini sejak Adam dan Hawa memakan buah dari pohon terlarang di Taman Eden. Akan tetapi apakah yang di maksud dari penebusan dosa itu sendiri?

Apakah itu Penebusan Dosa?

Penebusan dosa adalah sebuah doktrin yang melukiskan bagaimana umat manusia mendapatkan perdamaian dengan Allah. Sejak manusia pertama, Adam dan Hawa di ciptakan mereka lalu menlanggar perintah Alla dengan memakan buah yang sudah di larang sebelumnya. Sejak saat itu dosa sudah mulai masuk ke kehidupan manusia semua. Dosa sendiri adalah pelanggaran dari Perintah Allah, dan bagi umat Kristen arti penebusan dosa ini sendiri lebih merujuk pada pengamapunan dosa dalam Kristen yang di dapat dari kematian Yesus Kristus di kayu salib dan kemudian bangkit kembali pada hari ke tiga.

Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. Roh, yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut. Seperti yang di kutip pada kitab Roma pasal 8 ayat 1 sampai 2 di atas. Umat Kristen percaya bahwa begitu dosa mereka telah hal mengampuni dalam Alkitab dan di tebus maka mereka telah mendapatkan kehidupan yang kekal dan bebas dari hukuman maut.

Dalam kitab Lukas ayat 16 pasal 29 hingga 31 tertulis dan juga tentang maknanya sebagai berikut:

  • Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi;  baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu. Jawab orang itu: Tidak, bapa Abraham, tetapi jika ada seorang yang datang dari antara orang mati kepada mereka, mereka akan bertobat.Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati.”
  • Pada ayat alkitab tersebut, Yesus mengilustrasikan bahwa ketika seseorang tidak bertobat maka mereka akan menderita dalam panas api neraka. Cara bertobat orang Kristen dalam teologi kristen adalah sama dengan penebusan dosa. Dan dalam beberapa ayat alkitab telah di terangkan bahwa upah dari dosa adalah maut. Dengan arti penebusan dosa maka manusia telah di bebaskan dari hukuman maut tersebut. “Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.” (Roma 6 : 23)

Penebusan Dosa Melalui Yesus Kristus

Allah tidak dapat mengampuni dosa dengan begitu saja tanpa membayar harga dari pengampunan dosa tersebut. Seperti yang di sebutkan sebelumnya bahwa upah atau harga dari dosa adalah maut. Maka untuk itu harus di bayar terlebih dahulu harga dari pengampunan dosa tersebut untuk dapat menebus dosa nya. Hal ini di tunjukan dengan kematian Yesus Kristus di atas Kayu Salib yang mengambarkan bahwa Allah telah membayarkan harga dari dosa yaitu maut itu sendiri oleh Putra Tunggal-Nya. Dengan kebangkitan Yesus Kristus pada hari ke tiga menjadi pertanda bahwa semua dosa dosa manusi telah ditebus dan adanya kehidupan yang kekal di dalam Yesus Kristus.

Demikian ulasan artikel tentang arti penebusan dosa yang yang bisa anda ketahui supaya menjadi iman yang mendalam sebagai kehidupan sehari-hari.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 26th, October 2017 / 02:41 Oleh :
Kategori : Renungan Harian