Sponsors Link

12 Ayat Alkitab tentang Allah Tritunggal Membuat Kita Percaya

Sponsors Link

Sebagai orang Kristen, tentu kita sudah sering mendengar istilah Allah Tritunggal. Ajaran gereja tentang Tritunggal Mahakudus merupakan konsep unik yang dimiliki oleh agama Kristen dan tidak dimiliki oleh agama lainnya. Allah Tritunggal menyatakan bahwa Allah kita memiliki tiga entitas yaitu Bapa, Putra yaitu Yesus Kristus, dan Roh Kudus. Ayat Alkitab tentang Allah Tritunggal menyatakan bahwa ketiganya hadir di dalam kehidupan kita dan memiliki peran masing-masing.

Banyak yang memberikan sebuah perumpamaan untuk menjelaskan makna ayat Alkitab tentang Allah Tritunggal. Ada yang memisalkan konsep Allah Tritunggal seperti konsep seorang pria. Seorang pria bisa dipanggil sebagai suami dengan tanggung jawab suami terhadap istri dalam Kristen. Seorang pria juga bisa dipanggil sebagai manajer dengan tugas di kantornya. Ia pun juga bisa dipanggil sebagai anak ketika berkumpul dengan orang tuanya. Ia memiliki tiga panggilan berbeda, tiga tugas dan tanggung jawab yang berbeda, tetapi bagaimanapun ia tetap satu orang yang sama. Meski perumpamaan ini tidak sempurna untuk menjelaskan ayat Alkitab tentang Allah Tritunggal, perumpamaan ini cukup banyak diterima oleh banyak orang Kristen.

Jika kita mencari seluruh ayat Alkitab tentang Allah Tritunggal, sebenarnya tidak ada satupun kata ‘Tritunggal’ yang dinyatakan di dalam Alkitab. Hal inilah yang membuat banyak orang masih memperdebatkan konsep Trinitas dalam Kristen ini karena dianggap bertentangan dengan kosep Tuhan yang Esa. Tidak adanya kata ‘tritunggal’ di dalam Alkitab, tidak berarti Alkitab tidak menjelaskan konsep ini. Berikut beberapa ayat Alkitab tentang Allah Tritunggal.

  • Matius 3:16-17 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.”
  • Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
  • 2 Korintus 13:13 Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian.
  • 1 Korintus 12:4-6 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.
  • Kejadian 1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”
  • Yohanes 14:16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
  • Roma 8:11 Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.
  • 1 Timotius 1:1-2 Dari Paulus, rasul Kristus Yesus menurut perintah Allah, Juruselamat kita, dan Kristus Yesus, dasar pengharapan kita, kepada Timotius, anakku yang sah di dalam iman: kasih karunia, rahmat dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Tuhan kita, menyertai engkau.
  • 1 Korintus 6:11 Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.
  • 1 Petrus 1:1-2 Dari Petrus, rasul Yesus Kristus, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia, yaitu orang-orang yang dipilih, sesuai dengan rencana Allah, Bapa kita, dan yang dikuduskan oleh Roh, supaya taat kepada Yesus Kristus dan menerima percikan darah-Nya. Kiranya kasih karunia dan damia sejahtera makin melimpah atas kamu.
  • 1 Yohanes 5:7-8 Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu. Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi): Roh dan air dan darah dan ketiganya adalah satu.
  • Yohanes 14:28 Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datangh kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang Allah Tritunggal. Ayat-ayat tersebut menunjukkan bahwa Alkitab sungguh mengakui adanya ketiga entitas Bapa, Putra dalam karakter Kristus, dan Roh Kudus. Allah sendiri dalam masa penciptaan manusia menggunakan kata ‘Kita’ yang merujuk bukan kepada diri-Nya sendiri, tetapi ada entitas lain yang bersama-sama dengan-Nya melakukan penciptaan. Para rasul seperti Petrus dan Paulus pun mengakui ketritunggalan Allah dengan memberkati murid dengan kuasa Bapa, Putra, dan Roh Kudus.

Manusia memang tidak akan pernah mengerti konsep ini secara keseluruhan. Jika kita dapat mengerti penuh konsep Allah, bukankah itu berarti Allah tidak begitu besar? Bersyukurlah jika kita masih diberikan iman untuk percaya pada ketritunggalan Allah. Bersyukurlah juga karena Allah masih memberikan kita sedikit kesempatan untuk mengenal Dia jauh lebih dalam. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Renungan Harian