Sponsors Link

Wajib Ketahui, 5 Ayat Alkitab Tentang Gambar Diri Anda Sendiri!

Sponsors Link

Gambar diri ialah merupakan sebuah pemahaman yang ditujukan pada diri sendiri, atau dikenal juga dengan istilah self image dalam Bahasa asing yakni Bahasa inggris. Dari memahami gambar diri masing-masing jelas akan berpengaruh akan beberapa hal diantaranya berpengaruh akan menjadi apa serta bagaimana diri masing-masing orang di dunia ini. Terlepas dari pengetian akan gambar diri hal lain yang perlu diperhatikan ialah bagaimana pandangan dari Alkitab menilai sebuah gambar diri setiap pribadi manusia yang ada di muka bumi hingga saat ini. Pada umumnya gambar diri lebih banyak mengacu pada karakter seseorang yang mana karakter yang dimaksudkan menyerupai dari karakter yang Tuhan Yesus inginkan dari anak-anaknya. Maka dari itulah perlu mengatahui gambar diri atau mengetahui akan karakter kita masing-masing apakah sudah sesuai dengan karakter yang dimiliki Tuhan Yesus saat berada di dunia ini. Berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang gambar diri yang bisa dipahami dan dipelajari:

ads
  • Galatia 5:22-23

“Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, 23kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu”.

Dalam ayat tersebut sebenarnya menjelaskan bagaimana dari karakter yang dimiliki Tuhan Yesus. Hal tersebutlah yang di inginkan Tuhan dalam setiap pribadi kita saat ini yang mana memiliki sifat yang sama dengan diriNya yang mana memiliki sifat yang sempurna dan selalu mengikuti dari ajaran yang sudah diberikanNya kepada semua anak-anakNya sebagai orang percaya dan beriman.

  • Ulangan 8:2

“Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak.”

Ayat ini sebenarnya mengajarkan kita sebuah cara membentuk karakter yang diinginkan Tuhan dalam setiap pribadi masing-masing. Memang pada dasarnya manusia tidaklah terlepas dari sebuah kesalahan, namun dari hal itulah kita dituntut untuk terus belajar dan menyempurnakan atau menghilangkan kebiasaan buruk agar bisa memiliki karakter yang berkenan dihadapan Tuhan.

  • Yakobus 1:1-3

1Salam dari Yakobus, hamba Allah dan Tuhan Yesus Kristus, kepada kedua belas suku di perantauan. 2Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, 3sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.”

Demi mengajarkan kita memiliki karakter yang terbaik, ada berbagai macam cara yang dilakukan Allah dalam kehidupan kita saat ini. Salah satunya yakni dengan memberikan sebuah pencobaan dalam kehidupan. Dari cobaan yang kita alami inilah nantinya akan terbentuk sebuah karakter seperti yang Tuhan Yesus inginkan dan membuat kita lebih dewasa di dalam iman dan semakin yakin akan semua perbuatanNya yang terjadi di kehidupan kita saat ini.

  • Amsal 15:31-32

31Orang yang mengarahkan telinga kepada teguran yang membawa kepada kehidupan akan tinggal di tengah-tengah orang bijak. 32Siapa mengabaikan didikan membuang dirinya sendiri, tetapi siapa mendengarkan teguran, memperoleh akal budi.”

Cara lainnya yang Tuhan gunakan untuk membentuk karakter yang baik dalam pribadi seseorang ialah dengan memberikan teguran lewat orang yang ada di sekitar kita saat ini. Jelas dikatakan dalam Ayat Alkitab diatas jika mendengar teguran akan membuat akan budi yang baik pada diri kita saat ini.

  • Ibrani 12:11
Sponsors Link

“Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai x  kepada mereka yang dilatih olehnya.”

Dalam ayat Alkitab ini sebenarnya mengacu pada sebuah Roh Kudus yang diturunkan atas kita yang mana nantinya akan memberikan sebuah semangat dan bisa membuat karakter kita berubah dan menjadi karakter yang lebih positif serta sesuai dengan karakter yang di miliki Allah. Karakter yang ada disetiap pribadi manusia ialah merupakan sebuah karunia yang sudah Tuhan berikan sebelumnya pada semua anak-anakNya. Karakter yang berbeda juga bukan berarti membuat kita berselisih melainkan membuat persamaan diantara kita yang mana persamaan karakter di dalam Tuhan Yesus.

Karakter juga sebenarnya merupakan sebuah buah anugerah yang di inginkan Tuhan sekalipun berbeda dari pribadai masing-masing orang. Dari karakter juga akan menunjukan akan sebuah kedewasaan dari seseorang terlebih kedewasaan rohani bagi semua orang. Maka dari itulah belajar membentuk karakter sesuai dengan ajaran yang telah Tuhan berikan sangat perlu dilakukan yang mana hal ini memang diharuskan dalam ajaran Alkitab. Karakter yang baik maupun positif bisa dijadikan hal yang berguna dalam melakukan pekerjaan pelayanan Tuhan yakni dengan cara menginjili orang-orang yang ada disekitar kita saat ini.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Renungan Harian