Sponsors Link

4 Ayat Alkitab Tentang Kamis Putih yang Mesti Umat Kristiani Ingat Terus!

Sponsors Link

Di masa pra-Paskah rupanya masih banyak orang Kristen yang sering kali tidak bisa menyebutkan apa saja ayat alkitab tentang kamis putih. Tentu hal ini cukup disayangkan karena kisah tentang makna tri hari suci ini ada tertulis di Alkitab dan menjadi rangkai yang perlu untuk diperingati oleh umat Kristen. Sama halnya makna kamis putih yang merupakan bagian dari hal tersebut. Sehingga perlu pemahaman yang lebih jelas mengenai hal ini. Apabila ingin tahu penjelasan lengkapnya, berikut ini beberapa informasi mengenai ayat alkitab tentang kamis putih.

Ayat Alkitab Tentang Kamis Putih

Mengenak kamis putih ini sebenarnya secara tidak langsung ditunjukkan dan dibahas dalam Alkitab. Walau tidak disebutkan secara spesifik bahwa hal ini merupakan peristiwa yang disebut dan diingat sebagai tata ibadah kamis putih. Untuk lebih jelasnya berikut ini ayat Alkitab tentang kamis putih.

  • Markus 14:22 Dan ketika Yesus dan murid-murid-Nya sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: “Ambillah, inilah tubuh-Ku.”
  • Markus 14:23 Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka, dan mereka semuanya minum dari cawan itu.
  • Markus 14:24 Dan Ia berkata kepada mereka: “Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang.
  • Markus 14:25 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai pada hari Aku meminumnya, yaitu yang baru, dalam Kerajaan Allah.”

Dalam ayat di atas disebutkan bahwa peristiwa kamis putih ini lebih ke arah perjamuan terakhir antara Yesus dengan murid-muridNya. Dimana malam sebelum Yesus ditangkap dan disalibkan, Dia mengadakan perjamuan untuk mengenang diriNya di masa yang akan datang. Dalam perjamuan tersebut hal penting yang sampai saat ini diperingati yaitu tubuh dan darah Kristus yang dilambangkan saat ini di tiap ibadah Kristen sebagai roti dan anggur. Oleh sebab itu melalui perjamuan suci ini maka umat Kristen mengingat secara jelas pengorbanan yang telah diberikan Yesus melalui penyaliban Yesus yang memiliki makna penebusan dosa bagi umat manusia.

Makna Kamis Putih

Dari penjelasan di atas maka sudah cukup jelas bahwa seluruh umat Kristen mengenang kamis putih ini sebagai hari dimana Yesus yang tidak berdosa mengorbankan dirinya untuk kita manusia yang cemar dan penuh sifat dosa menurut Alkitab. Betapa pengorbanan Allah yang besar karena kasihNya bagi kita. Apalagi di tengah perjamuan tersebut Yesus membasuh kaki murid-muridNya sebagai tanda pelayanan terbesarNya untuk mereka yang mengasihi Dia. Kebaikan Yesus inilah yang harus diteladani beserta pengorbanan besarNya yang menyelamatkan umat manusia.

Itulah beberapa ayat alkitab tentang kamis putih yang sering kali menjadi pertanyaan bahkan bagi umat Kristen sendiri. Tentu bagian rangkaian dari tri hari suci sangat penting. Karena itu sebaiknya pastikan untuk memperbaiki perilaku di masa menjelang kamis putih tersebut dan gunakan untuk banyak hal yang sesuai firman Allah. Misalnya saja berdoa dan mengucap syukur atas kasih dan rahmatNya, sehingga apapun yang terjadi maka orang Kristen tetap jadi makna garam dan terang dunia.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen