Sponsors Link

10 Ayat Alkitab Tentang Keadilan Sosial yang Patut Diteladani

Sponsors Link

Pernahkan Anda melihat aktivis yang turun ke jalan untuk membela hak-hak para petani, buruh, dsb? Mereka adalah orang-orang yang sedang berjuang menuntut keadilan sosial. Tidak hanya aktivis, gereja pun juga turut ikut serta dengan cara gereja memperjuangkan keadilan dalam masyarakat yang berbeda dengan perorangan. Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, keadilan sosial dapat diartikan sebagai “kerja sama untuk menghasilkan masyarakat yang bersatu secara organis sehingga setiap anggota masyarakat memiliki kesempatan yang sama dan nyata untuk tumbuh dan belajar hidup berdasarkan kemampuan aslinya”. Seringkali konsep keadilan sosial diartikan secara keliru oleh masyarakat. Adil bukan berarti sama rata.

ads

Jika seseorang harus bekerja keras untuk mendapatkan uang, apakah adil bagi orang lain untuk mendapatkan uang tanpa bekerja? Tentu tidak. Selain itu, konsep keadilan sosial yang kita pahami saat ini juga berbeda dengan konsep keadilan dalam Alkitab.Saat ini, orang kaya dipandang lebih negatif karena dianggap telah mengeksploitasi orang miskin. Pandangan ini tidak sesuai dengan ajaran Kristen. Kekayaan pada hakikatnya datang dari Tuhan. Dibanding hal negatif, dalam Kristen kekayaan justru dilihat sebagai tanggung jawab yang diberikan Tuhan kepada para hambanya. Meskipun tidak dibahas secara eksplisit, nyatanya Alkitab juga banyak menyinggung tentang keadilan sosial. Alkitab banyak memuat ayat-ayat seperti ayat Alkitab tentang bersumpah, ayat Alkitab tentang orang licik, ayat Alkitab tentang kepura-puraan, ayat Alkitab tentang memberitakan Injil dan termasuk di dalamnya ayat Alkitab tentang keadilan sosial.

Ayat Alkitab Tentang Keadilan Sosial

Berikut adalah beberapa ayat Alkitab tentang keadilan sosial yang berkenaan dengan sifat adil, menghormati kepentingan anak yatim, orang asing, dsb.

  1. Ulangan 32:4 : Gunung Batu, yang pekerjaan-Nya sempurna, karena segala jalan-Nya adil, Allah yang setia, dengan tiada kecurangan, adil dan benar Dia.
  2. Ulangan 10:18 : Yang membela hak anak yatim dan janda dan menunjukkan kasih-Nya kepada orang asing dengan memberikan kepadanya makanan dan pakaian.
  3. Ulangan 24:17 : Janganlah engkau memperkosa hak orang asing dan anak yatim; juga janganlah engkau mengambil pakaian seorang janda menjadi gadai.
  4. Ulangan 27:19 : Terkutuklah orang yang memperkosa hak orang asing, anak yatim dan janda. Ddan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!
  5. Matius 25:40 : Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.
  6. Yakobus 1:27 : Ibadah yang murni dan yang tak bercacat di hadapan Allah, Bapa kita, ialah mengunjungi yatim piatu dan janda-janda dalam kesusahan mereka, dan menjaga supaya dirinya sendiri tidak dicemarkan oleh dunia.
  7. Matius 22:39 : Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihanilah sesama manusia seperti dirimu sendiri.
  8. Mazmur 72:2 : Kiranya ia mengadili umat-Mu dengan keadilan dan orang-orang-Mu yang tertindas dengan hukum.
  9. Ayub 34:17 : Dapatkah pembenci keadilan memegang kekuasaan, dan apakah engkau mau mempermasalahkan Dia yang adil dan perkasa.
  10. Mazmur 103:6 : Tuhan menjalankan keadilan dan hukum bagi segala orang yang diperas.

Demikianlah penjelasan mengenai ayat Alkitab tentang keadilan sosial. Berdasarkan ayat-ayat di atas, jelaslah Tuhan memerintahkan kita untuk berlaku adil kepada siapapun, terutama kepada anak yatim dan janda. Sebagai umat Kristen yang baik, kita tentu wajib mengimaninya.

Sponsors Link
, , ,