Sponsors Link

5 Ayat Alkitab Tentang Pindah Gereja Secara Tersirat

Sponsors Link

Banyak orang terkadang merasa bingung jika ditanya ayat Alkitab tentang pindah gereja. Karena sejatinya hal ini bukan jenis-jenis dosa dalam Alkitab dan tidak secara penuh dilarang. Namun, berpindah-pindah gereja bukan satu hal yang sebaiknya dilakukan. Karena hal ini mengarah pada bertumbuh dan berbuah di dalam Kristus yang kurang baik. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang pindah gereja yang membahas secara tersirat akan sisi negatif hal tersebut.

Ayat Alkitab Tentang Pindah Gereja

  1. Korintus 12:14 “Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.”
  2. Kisah Para rasul 2:42 “Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.”
  3. 1 Tesalonika 5:21 “Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik.”
  4. Korintus 12: 4-6 “Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. “
  5. 1 Korintus 14:12 “Demikian pula dengan kamu: Kamu memang berusaha untuk memperoleh karunia-karunia Roh, tetapi lebih dari pada itu hendaklah kamu berusaha mempergunakannya untuk membangun Jemaat.”

Makna Ayat Alkitab Tentang Pindah Gereja

Dari ayat di atas, sebenarnya secara tersirat menggambarkan bahwa tanggung jawab jemaat terhadap gereja itu termasuk menyadari bahwa sejatinya semua merupakan satu tubuh. Sehingga jika berpindah-pindah tentu bukan hal yang baik. Karena pada akhirnya menghindarkan jemaat untuk bertumbuh secara penuh. Berpindah-pindah hanya akan membuat goyah pertumbuhan iman orang Kristen, oleh sebab itu hal ini tidak disarankan jika tidak terpaksa. Kecuali oleh alasan lain yang cukup kuat misalnya karena ditugaskan ke kota yang lain atau terpaksa harus berpindah alamat. Namun tidak sebaiknya berpindah hanya karena alasan yang kurang kuat, supaya iman dan pertumbuhan sebagai jemaat jauh lebih maksimal.

Selain itu firman Tuhan juga menegaskan bahwa meskipun ada banyak karunia tetap semua satu Roh dan satu sumber, yaitu dari Allah sendiri. Oleh sebab itu sangat penting melakukan cara berdoa dalam roh, sehingga dapat memahami kehendak Allah yang sejati. Termasuk dalam menetapkan hati untuk beribadah. Tidak peduli di gereja mana saja, semua adalah karunia dan sumber prinsip kasih tentang Alkitab yang sama. Yaitu bersumber dari Tuhan saja, sehingga antara gereja yang satu dan yang lain tentu tidak jauh berbeda dan sebaiknya tetap dianggap sama. Dan layaknya sebagai jemaat lebih berfokus pada saling membangun satu dan yang lainnya, sehingga para jemaat turut mendukung gereja sepenuhnya.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang pindah gereja yang dituliskan secara tidak langsung. Tentunya bukan suatu macam-macam dosa menurut Alkitab jika seorang jemaat memutuskan pindah ke gereja yang lain. Terutama jika karena pindah ke lokasi yang cukup jauh dari gereja sebelumnya. Pastikan bahwa dimanapun ibadah dilakukan, maka jemaat tetap bertumbuh sepenuhnya. Ingatlah untuk menguji sesuatu sebelum melakukannya. Minta tuntunan dan peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya sepenuhnya, bila perlu lakukan puasa. Sehingga pada akhirnya hanya kehendak Tuhan saja yang terjadi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Renungan Harian