Sponsors Link

8 Ayat Alkitab Tentang Qurban Dalam Perjanjian Lama dan Baru

Sponsors Link

Qurban atau korban persembahan adalah bagian penting dari ibadat kita kepada Tuhan. Zaman dulu, ini di lakukan untuk menunjukkan bahwa kita menghargai apapun yang telah Tuhan lakukan untuk kita. Ini termasuk juga dalam ciri-ciri orang yang dipenuhi roh kudus sebagai berkat dalam kehidupan karena memilih untuk menaati Tuhan, maka banyak hamba Allah mau dan rela memberikan korban persembahan. Ini pun sekarang, masih bisa kita lakukan. Ini bisa kita lihat dari beberapa contoh ayat di alkitab tentang qurban:

  • Imamat 1:3

“Kalau kalian memberikan sapi sebagai persembahan bakaran, berikan sapi jantan yang sehat. Kalian harus membawanya dengan rela ke hadapan Tuhan ke pintu kemah pertemuan”

Kata-kata ini jelas memaksudkan, bahwa ketika kita memberikan korban persembahan, kita mau memberikan yang terbaik untuk Tuhan. Ada syarat yang Tuhan kasi soal hal tersebut. Itu harus, sehat. Dan ini adalah hal yang paling penting dalam pemberian korban persembahan. Kita bisa juga lihat contoh dari beberapa ayat alkitab tentang persembahan yang berkenan menurut Tuhan sehingga itu bisa bantu kita dalam memberikan persembahan termasuk qurban yang menyenangkan Tuhan.

  • Imamat 1:10

“Kalau kalian memberikan domba muda atau kambing sebagai persembahan bakaran, berikan yang jantan dan sehat”

Ayat di alkitab tentang qurban yang lainnya ini, juga bisa bantu kita mengerti dan memahami makna yang sebenarnya dari persembahan kita sekarang kepada Tuhan. Perintah Tuhan masih sama, jika kita melihat di ayat ini. Ia masih menginginkan korban yang sehat, yang akan di berikan kepadaNya. Ada ilustrasi alkitab tentang bersyukur dan persembahan yang bisa bantu kita melihat dengan jelas makna atau arti, jika kita sekarang mau memberikan korban yang menyenangkan Tuhan. Selain dapat mengetahui dengan jelas maknanya, ini juga bisa bantu kita untuk lebih beriman kepada Tuhan, karena mengetahui jelas, bahwa Tuhan mau persembahan yang terbaik yang kita berikan.

  • Imamat 3:1

“Kalau kalian memberikan sapi sebagai persembahan persahabatan di hadapan Tuhan, berikan yang sehat, baik jantan ataupun betina”

Dengan ayat di alkitab tentang qurban ini, yang sudah di tandaskan atau di catat di alkitab berulang kali, ini menunjukkan bahwa Tuhan selalu mau korban yang eksklusif dari kita manusia. Ini menuntut hal yang lebih dari sekedar memberikan korban, tapi juga bentuk dari cara mengucap syukur kepada Tuhan berdasarkan kitab mazmur sehingga ini memberikan makna yang lebih luas, dan bisa bantu kita untuk tahu dengan jelas, bahwa bentuk atau cara kita memberikan persembahan itu, artinya juga bentuk dari cara kita bersyukur kepada Tuhan.

  • Ibrani 8:3

“Karena setiap imam besar dilantik untuk mempersembahkan pemberian dan korban, dia juga perlu mempersembahkan sesuatu”

Korban yang Tuhan perkenan, itu juga sangat di wajibkan oleh banyak orang, terutama untuk para imam zaman dulu. Ayat alkitab tentang qurban ini, bisa bantu kita memahami dari satu aspek, yaitu bahwa Tuhan ingin setiap orang, bukan hanya manusia biasa atau yang tidak punya kedudukan, tapi setiap orang termasuk orang yang punya kedudukan dalam dunia ini, atau kedudukan di keagamaannya, harus memberikan korban persembahan. Karena ini termasuk dalam ayat alkitab saling menguatkan iman bagi orang percaya dan anak Allah yang termasuk dalam imam. Karena Tuhan mau setiap orang bisa beriman kepadaNya.

  • Ibrani 9:9

“Kemah itu adalah gambaran untuk zaman sekarang, dan menurut pengaturan ini, ada pemberian dan korban yang dipersembahkan. Tapi, hal-hal itu tidak bisa menyempurnakan hati nurani orang yang melakukan pelayanan suci”

Korban yang kita berikan kepada Tuhan zaman sekarang, itu juga termasuk dalam pelayanan suci kita. Alkitab memang tidak mengatakan bahwa, yang hanya perlu kita lakukan sekarang hanya memberikan qurban. Bukan yang lainnya, namun sebenarnya itu adalah cara yang salah. Kita bisa lihat bukti dalam ayat alkitab tentang pelayanan seturut kehendak Tuhan yang bisa bantu kita mengoreksi atau melihat lagi, apakah pelayanan suci yang sekarang kita lakukan itu sudah sesuai dengan korban yang kita persembahkan saat ini, kepada Tuhan. Ini bisa bantu kita juga dalam hal ini.

  • Imamat 16:3

“Sebelum masuk ke Ruang Mahakudus, Harun harus mempersembahkan satu sapi jantan muda sebagai persembahan dosa dan satu domba jantan sebagai persembahan bakaran”

Umat Tuhan zaman dulu, di wajibkan sebelum memasuki ruangan kudus, yang di khususkan oleh Tuhan, sebaiknya ia harus memberikan korban persembahan terlebih dahulu. Ayat alkitab tentang qurban ini, bantu kita mengerti bahwa memberikan korban kepada Tuhan, ini adalah bentuk dari ibadat kita yang di perkenan oleh Tuhan. Ini termasuk juga dalam makna pekan suci bagi umat katolik yang ada kaitannya dengan memberikan korban sebelum memasuki ruangan kudus untuk beribadat kepada Tuhan. Ini pasti menjadi satu ahl yang penting bagi kita yang bisa kita selalu ingat.

  • Bilangan 8:12

“Lalu orang Lewi harus menaruh tangan mereka di kepala sapi-sapi jantan itu. Kemudian, mereka harus memberikan satu sapi untuk persembahan dosa dan satu lagi untuk persembahan bakaran kepada Tuhan. Semua itu untuk membuat pendamaian bagi mereka”

Korban yang Tuhan inginkan juga, berarti adalah suatu bentuk dari arti pendamaian dengan Tuhan. Kalau sekarang, itu biasanya di mulai dengan doa kristen untuk pembukaan ibadah yang sederhana untuk diucapkan dan di akhiri dengan pengucapan syukur atas banyaknya berkat dan korban yang memuliakan Tuhan. Jadi, ayat alkitab tentang qurban ini pasti bisa memberikan kita gambaran yang jelas, tentang suatu hal yang memberi tahu kita tentang banyak hal yang Tuhan perkenan dalam ibadatNya.

  • Keluaran 24:5

“Setelah itu, Musa menunjuk beberapa pemuda Israel, dan mereka mempersembahkan korban bakaran dan beberapa sapi jantan sebagai persembahan persahabatan kepada Tuhan.”

Ayat alkitab tentang qurban ini, adalah satu bukti nyata bahwa, yang bisa memberikan korban persembahan kepada Tuhan, itu bukan hanya orang-orang dewasa saja, tapi juga banyak anak muda yang ingin mendapatkan perkenan Allah. Manfaatnya pasti besar untuk banyak anak muda, yang mau merelakan diri memberikan korban persembahan kepada Allah, yaitu mereka akan tahu atau memahami dengan baik peran nilai-nilai kristiani untuk umat kristen dalam kehidupan modern yang bantu anak muda punya pandangan dan pemikiran yang baik, soal pergaulan atau bagaimana caranya bisa beribadat kepada Tuhan dengan baik.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Renungan Harian