Sponsors Link

4 Ayat Alkitab Tentang Tindik di Perjanjian Lama Maupun Perjanjian Baru

Sponsors Link

Ada beberapa macam ayat Alkitab tentang tindik yang kurang diketahui oleh sebagian umat Kristen. Tentu sebenarnya tindik adalah salah satu hal yang wajar di masa sekarang bagi perempuan. Namun lain halnya untuk laki-laki. Jika dirunut dari Alkitab maka tindik ini sebenarnya kurang pantas jika dilakukan oleh kaum laki-laki. Padahal masih sering kita lihat sebagian anak muda Kristen lelaki yang ternyata menggunakan tindik pada telinganya. Tentu hal ini mengundang pertanyaan apakah sifat dosa menurut Alkitab atau tidak. Supaya lebih jelasnya, sebaiknya simak berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang tindik.

1. Keluaran 21:6

“maka haruslah tuannya itu membawanya menghadap Allah, lalu membawanya ke pintu atau ke tiang pintu, dan tuannya itu menusuk telinganya dengan penusuk, dan budak itu bekerja pada tuannya untuk seumur hidup.”

Pada masa Perjanjian Lama tindik sebenarnya merupakan tanda dari budak belian. Oleh sebab itu jika seorang memakai anting telinga artinya dia merupakan budak kaum tertentu. Yang artinya merupakan hamba dan harus tunduk pada tuannya.

2. Ulangan 15:17

“maka engkau harus mengambil sebuah penusuk dan menindik telinganya pada pintu, sehingga ia menjadi budakmu untuk selama-lamanya. Demikian juga kauperbuat kepada budakmu perempuan.”

Sama halnya disebutkan di atas, bahwa tindik telinga hanya diperlakukan bagi budak belian sebagai tanda. Oleh sebab itu tentunya di masa yang lalu menindik telinga berarti menjadi tidak bebas. Tidak memiliki kemerdekaan dan terkekang hanya menuruti perintah tuannya saja. Namun inilah masa di mana manusia tidak sepenuhnya mengenal Allah dan peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya.

3. Roma 6:18

“Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran.”

Dari ayat pada Perjanjian Baru tersebut juga makin menguatkan bahwa setelah penyaliban Yesus, maka semua budak dan hamba telah merdeka. Sehingga dengan melihat pada arti ayat Alkitab tentang kemerdekaan yang sejati, maka hal ini telah menjadi dasar bahwa tindik telinga di masa sekarang sudah tidak relevan dengan perbudakan.

4. 1 Petrus 3:4

“Tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.”

Jika saat ini tindik dilakukan sebagai bentuk kecantikan dan telah dimerdekakan, maka sejatinya kecantikan terbaik bukan dari perhiasan yang dikenakan, tetapi dari perbuatan baik sehari-hari yang memperlihatkan contoh perilaku sebagai terang dan garam dunia. Sehingga perbuatan ini akan lebih berkenan kepada Allah.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang tindik. Sudah sangat jelas bahwa menindik telinga lebih pantas dilakukan oleh kaum wanita saja. Lain halnya pada kaum pria, sebaiknya sebisa mungkin hindari melakukan hal tersebut. Temukan jati diri yang sejati dan berusaha untuk selalu mengutamakan cara berdoa dalam roh dan mengucap syukur melalui apa yang kita dapatkan di dalam hidup ini. Sehingga dengan demikian penyertaan karunia Roh Kudus akan selalu membawa kita lebih dekat pada Allah dan memahami perintah Allah melalui Alkitab yang sesungguhnya. Termasuk dalam memutuskan perbuatan kita untuk melakukan tindik telinga atau tidak. Tuhan memberkati!

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Hukum Kristen