Sponsors Link

4 Ayat Alkitab Tentang Warna Rambut Yang Dianugerahkan Bagi Manusia

Sponsors Link

Alkitab merupakan firman yang diturunkan Allah pada manusia berkaitan dengan berbagai segi kehidupan maupun tubuh manusia sendiri. Tidak terkecuali ada beberapa ayat Alkitab tentang warna rambut yang sering kali tidak diketahui oleh sebagian besar orang Kristen. Padahal prinsip kasih tentang Alkitab yang diberikan Allah kepada manusia membuat Allah menurunkan firmanNya untuk berbagai hal terdetail dalam hidup umat Kristen. Termasuk karunia tubuh, warna kulit dan warna rambut. Oleh sebab itu sebaiknya pelajari firman Allah lebih dalam, supaya kita tahu maksud dan tujuan penciptaan manusia serta bagaimana sebenarnya Tuhan menciptakan manusia satu dengan yang lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang warna rambut yang sebaiknya kita pahami.

1. Kidung Agung 7:5

“Kepalamu seperti bukit Karmel, rambut kepalamu merah lembayung; seorang raja tertawan dalam kepang-kepangnya.”

Dalam ayat di atas dikatakan bahwa salah satu warna rambut yang diberikan Allah yaitu warna merah. Sehingga tak jarang kita lihat ada banyak orang di dunia yang secara alami juga memiliki rambut berwarna merah. Oleh sebab itu hal ini merupakan karunia yang diberikan Allah sejak awal mula dunia dijadikan dan sejak jaman nenek moyang. Maka jika kita dilahirkan dengan rambut berwarna merah, sebaiknya ucapkan doa ucapan syukur menurut Kristen Protestan atas karunia pada warna rambut tersebut. Tidak perlu resah dan ingin berganti warna rambut karena itulah yang terbaik yang Allah berikan.

2. Kidung Agung 5:11

“Bagaikan emas, emas murni, kepalanya, rambutnya mengombak, hitam seperti gagak.”

Imamat 13:37 “Tetapi jikalau menurut penglihatan imam kudis itu masih tetap, dan ada rambut hitam tumbuh pada kudis itu, maka kudis itu sudah sembuh, dan orang itu tahir, dan imam harus menyatakan dia tahir.”

Selanjutnya ayat Alkitab tentang warna rambut juga beberapa kali terdapat pada ayat yang mengatakan bahwa manusia memiliki warna rambut yang hitam. Bahkan sebagian kisah di dalam Perjanjian Lama menyatakan bahwa rambut hitam ini merupakan tanda ciri-ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus dan bahwa orang tersebut tahir. Di lain ayat disebutkan bahwa rambut hitam adalah rambut yang indah dan menarik. Oleh karena itu jika umat Kristen memiliki rambut berwarna hitam sebaiknya bersyukur juga atas karunia tersebut. Karena Allah telah mencurahkan kasihnya melalui pemberian rambut yang berwarna indah dan terlihat cantik dan menarik. Adapun banyak wanita yang mengagumi kecantikan rambut berwarna hitam, sehingga tak heran jika ada banyak salon yang menawarkan jasa penghitaman rambut. Hal ini supaya mahkota kita terlihat cantik dan menawan. Namun demikian, apapun warna rambut kita sejak lahir tentunya itu yang terbaik yang diberikan Allah bagi kita.

3. Wahyu 1:14

“Kepala dan rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, dan mata-Nya bagaikan nyala api.”

Amsal 16:31 “Rambut putih adalah mahkota yang indah, yang didapat pada jalan kebenaran.”

Kemudian Alkitab juga mengatakan bahwa warna rambut manusia juga bisa berwarna putih. Terutama hal ini terjadi saat manusia mengalami penuaan dan mulai berusia lanjut. Secara keilmuan rambut manusia memang bisa mengalami penurunan dan perubahan pigmen, sehingga pada saat menua maka rambut akan berubah warna menjadi putih. Dimana hal ini adalah hal yang cukup normal terjadi. Oleh karena itu patut kita sadari bahwa jika rambut kita memutih maka tentu akan seiring dengan umur yang makin bertambah. Sehingga inilah tanda dari Allah supaya kita lebih dekat padaNya dan menyadari betapa minimnya waktu yang Allah berikan pada manusia untuk hidup di dunia. Oleh sebab itu selalu terapkan arti bersyukur dalam Alkitab atas kehidupan dan umur panjang yang telah Allah berikan jika menemukan rambut putih di rambut. Karena tanpa disadari itu adalah tanda berapa lama Allah memberi ijin pada kita untuk tetap berkarya di dunia.

4. Imamat 13:36

“Dan menurut pemeriksaan imam kudis itu meluas pada kulit, maka imam tidak usah lagi mencari rambut yang kuning, memang orang itu najis.”

Terakhir yaitu warna rambut kuning, dimana pada masa Perjanjian Lama rambut yang kuning ini pertanda najis. Namun sering jaman silih berganti, ada banyak manusia dan umat Kristen dari ras tertentu yang memiliki rambut berwarna kuning. Oleh sebab itu tidak perlu merasa kaget jika menemukan manusia yang berwarna rambut berbeda. Pada dasarnya Allah adil dan penuh kasih, sehingga memberikan persebaran penduduk yang rata di dunia. Termasuk juga dalam membagi warna rambut satu persatu pada umat ciptaanNya. Sehingga dengan demikian, maka hendaknya umat Kristen selalu beryukur atas warna rambut apapun yang diterimanya sejak lahir.

Itulah beberapa ayat Alkitab tentang warna rambut yang bisa jadi berbeda antara seorang dengan yang lain. Namun apapun warna rambut kita hendaknya kita bisa mengucap syukur. Tidak perlu berpikir mengubah warna rambut dan berusahalah menerima diri apa adanya. Sehingga dengan demikian hidup kita senantiasa damai dalam pimpinan tujuan karunia Roh Kudus, serta kita dapat merasakan syukur atas karunia Allah pada warna rambut kita. Dengan demikian hidup kita akan menyenangkan hati Tuhan dan menjadi makna garam dan terang dunia bagi sesama di sekitar kita. Amin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Renungan Harian