Berikut Berbagai Nama Asli Yesus

√ Quality Checked Pass quality & checking

Tentunya kita sudhamengetahui bahwa Nama Yesus merupakan sebuah nama yang sering didengar sebagaiTuhan yang kita sembah. Namun, jika kita telusuri secara mendalam lagi,ternyata nama Yesus sendiri bukanlah nama asli beliau. Mungkin sebagian darikita sedikit kaget dengan hal ini, akan tetapi ada sejarah panjang mengenainama Yesus Kristus ini,

Nama Yesus sendiri berasaldari bahasa Latin. Namanya sendiri adalah Iesus yang diterjemahkan ke dalam namaYunani. Sedangkan bentuk dari Yunani tersebut adalah sebuah terjemahan darinama Ibrani. Selain itu, nama asli Yesus sendiri masih memiliki banyakvariasinya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa nama Asli Yesus.

1.Adonai

Nama pertama yang cukupsering disebutkan adalah Adonai. Di dalam Bahasa Indonesia, Adonai memilikiarti “Allah yang perkasa”.  Kata ini jikadimasukan ke dalam bentuk jamak akan berubah menjadi Adon. Arti dari Adonsendiri adalah Tuan, Pemilik, penguasa, ataupun junjungan. Kata Adon jugasering disebutkan dalam perjanjian lama.

Jika kita hubungkan denganYesus, kata ini juga sering digunakan dalam bentuk jamak dengan dberi sebuahakhiran pemilik orang-orang pertama tunggal. Secara harfiah pun kata Adon bisajuga berarti “tuanku”. Beberapa komunitas Yahudi juga sering menggunakan kataAdonai untuk nama sang Ilahi sebagai rasa hormat secara mendalam.

2. YHWH

Nama Yesus yang bisadikatakan paling sering disebutkan di dalam Alkitab. YHWH ini merupakan bahasaIbrani dan juga sering muncul dalam Perjanjian Lama. Jika diterjemahkan bisamenjadi TUHAN yang menggunakan huruf kapital semuanya. Meskipun begitu,pembacaan nama ini dilarang diucapkan berdasarkan kebudayaan Yahudi. sebab bisamenyalahi aturan. Maka dari itu, sebagai gantinyam kata YHWH diucapkan sebagaiAdonai seperti pada poin sebelumnya.

Kata YHWH sendiri seringdikaitkan dengan berbagai peristiwa yang menimpa Musa ketika bertanya nama Allah.Hal ini tercantum pada Keluaran 3:13. Sang pencipta pun menjawabnya dengan “Akumerupakan Aku sendiri” di dalam Keluaran 3:14.  

3.Elohim

Nama selanjutnya yang merupakannama asli Yesus adalah Elohim. Arti kata Elohim sendiri adalah Sang Penciptayang Maha Kuasa dalam Bahasa Indonesia. Elohim sendiri tidak selalu dikaitkandengan para kelompok penyembah tertentu. Kata ini juga sifatnya netral sehingganama Elohim bukanlah sebuah nama. Akan tetapi, Elohim lebih khusus pada suatukekauasaan Sang Ilahi.

Maka dari itu di dalambahasa Ibrani, Elohim tidak menggunakan kata-kata sandang seperti “ha” atau “the”dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, ada sebuah kata sifat maupun kata benda yangbisa ditimbulkan ke dalam kata “Elohim” ini. Hal tersebut diperuntukan untukmemperlihatkan hubungan antara kekuasaan tertentu yang akan disembah denganpenyebut nama itu sendiri.

4.Yah

Nama terakhir yang merupakannama asli Yesus adalah Yah. Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, namaYah sendiri adalah Aku, Allah yang tidak akan pernah berubah, Allah yang swaada.Nama Yah sendiri merupakan nama pertama dari YHWH. Nama ini sering digunakansebagai nama orang. contohnya seperti nama Elia yang bernama asli Eli-Yah.

Bahkan kata Haleluyah jugamenggunakan kata “Yah” dibagian akhir. Nama tersebut juga sering didiskusikanhubungan antara Tuhan dengan manusia. Apabila ditekankan pada kualitas cintakasih dan juga belas kasihan, maka kata menjadi beberapa versi. Contohnya sepertiYAH, Yahu, dan Yeho. Hal itu juga sering digunakan sebagai kombinasi denganberbagai nama atau frasa seperti dalam Yeho-shua atau Yosua dalam bahasaYunani. Yosua sendiri memiliki arti TUHAN adalah suatu keselamatan.

Demikianlah beberapa nama asliYesus yang sering digunakan hingga saat ini. Dari ulasan di atas, kita bisasimpulkan bahwa nama-nama Asli Yesus memiliki banyak versi dan juga artinya punbisa bermacam-macam. Meskipun dari sisi versinya banyak, akan tetapi, maknanyasendiri bisa jadi hanya satu dan mirip, yakni sebagai Tuhan.

Bahkan di antara beberapaorang pun masih sangsi dengan siapa ituYesus. Sebab seperti yang sudah disebutkan di atas, memiliki nama yangbanyak menjadikan-Nya cukup membingungkan untuk beberapa orang. apalagi denganadanya kebangkitan Yesus yang semakin membuat bertanya-tanya mengapa Yesus harusbangkit.

Untuk Anda yang masihmencari referensi lainnya, bisa dibaca tentang artinama Yesus yang belum banyak diketahui orang banyak. Semoga artikel inibisa memberikan manfaat.    

fbWhatsappTwitterLinkedIn