Sponsors Link

Bolehkah Membaca Alkitab Saat Haid? Apakah Dosa Atau Tidak?

Sponsors Link

Hal ini bisa jadi sesuatu yang sering ditanyakan jika berkaitan Degnan bolehkah membaca Alkitab saat haid? Apakah dosa atau tidak? Banyak wanita Kristen merasa bimbang akan hal ini terutama jika tidak tahu benar apa kata Alkitab mengenai hal tersebut. Sehingga sering kali sebelum membaca Alkitab memang yang terbaik adalah cara berdoa dalam roh untuk meminta hikmat pada Tuhan mengenai hal tersebut. Akan tetapi jika ingin tahu lebih jelasnya juga, maka simak berikut ini beberapa penjelasan yang berkaitan dengan bolehkah membaca Alkitab saat haid? Apakah dosa atau tidak?

ads

Membaca Alkitab Saat Haid? Dosa Atau Tidak?

Alkitab tidak pernah membahas akan kenajisan seseorang dalam membaca firman Allah. Bahkan di Perjanjian Lama sekalipun semua umat Kristen bebas membaca firman Allah kapanpun. Inilah prinsip kasih tentang Alkitab yang diberikan Tuhan pada umatNya bahwa Tuhan menerima semua orang dalam kondisi apapun dan tidak peduli apa yang menjadi halangan bagi seseorang untuk membaca firman Allah. Seperti yang dikatakan pada suatu firman Allah mengenai kondisi kenajisan atau haid tersebut.

1 Petrus 3:21 “Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah–oleh kebangkitan Yesus Kristus.”

Dari ayat di atas maka pada dasarnya setiap orang Kristen sudah dimerdekakan dari berbagai macam kenajisan. Sama halnya jika seorang wanita sedang dalam masa haid dan ingin membaca firman Tuhan. Bukan kondisi fisiknya yang membuatnya kotor, tetapi yang paling penting adalah ayat Alkitab untuk menguatkan iman dan pikiran yang dia pakai saat membaca firman Allah. Karena yang terpenting yaitu menerima firman dengan kemurnian hati tidak peduli apakah dalam keadaan kotor atau tidak. Ingatlah pula akan ayat yang diberikan di dalam Alkitab sebagai berikut.

Matius 9:13 “Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Dari ayat tersebut maka sudah jelas bahwa tidak peduli situasi kita penuh dosa atau tidak, najis atau tidak, haid atau tidak, Tuhan tetap mengasihi kita umatNya apa adanya. Sehingga tidak perlu takut dan ragu saat menghadap Allah. Jaman Perjanjian Lama dahulu najis tidak boleh masuk ke dalam kemah suci, namun hati Yesus yang melihat hukum kasih dalam Alkitab meniadakan hal tersebut. Sehingga semua orang yang berkenan bisa datang kepada Allah untuk membaca firmanNya, merenungkan, memuji serta menyembah dia.

Itulah sedikit informasi dan penjelasan mengenai bolehkah membaca Alkitab saat haid? Apakah dosa atau tidak? Dapat dilihat dari penjelasan di atas bahwa tidak ada sifat dosa menurut Alkitab dalam hal ini. Membaca Alkitab setiap saat diperkenankan, yang paling penting bukan jasmani yang kotor tetapi hati yang bersih untuk memahaminya. Sehingga semua apa yang menjadi kehendak Tuhan melalui perantaraan tujuan karunia Roh Kudus dapat dilakukan dan diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Sehingga nama Tuhan senantiasa dipermuliakan serta umat Kristen berhasil memberikan contoh perilaku sebagai terang dan garam dunia, amin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen