Sponsors Link

Bolehkah Orang Kristen Merayakan Valentine? Dosa Atau Tidak?

Sponsors Link

Di bulan kasih sayang, ada banyak umat Kristen yang berencana untuk merayakan hari Valentine atau hari kasih sayang. Padahal sering kali muncul pertanyaan bolehkah orang Kristen merayakan Valentine. Apakah hal ini termasuk macam-macam dosa menurut Alkitab atau tidak. Masih banyak yang merasa ragu akan hal tersebut. Sehingga beberapa atau bahkan sebagian umat Kristen masih merayakan hari tersebut. Oleh sebab itu sebaiknya ketahui lebih jelasnya jika ingin tahu apakah hal ini diperbolehkan atau tidak. Supaya tidak melakukan hal yang tidak berkenan di hadapan Tuhan. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa penjelasan yang menyatakan informasi mengenai bolehkah orang Kristen merayakan Valentine? Dosa atau tidak?

ads

Sejarah Hari Valentine

Apabila mengacu pada sejarah yang ada, sebenarnya hari Valentine ini ada beberapa versi. Namun pada intinya tidak ada tertulis mengenai hari Valentine ini di dalam Alkitab. Beberapa versi menyebutkan bahwa hari ini dirayakan sebagai salah satu penghormatan atas Santo Valentine yang dipercaya pernah hidup di masa dahulu. Dimana Santo Valentine ini merupakan salah satu martir pada agama katolik. Untuk memperingati Santo Valentine, maka hari raya Valentine yang identik dengan prinsip kasih tentang Alkitab ini selalu dirayakan pada tanggal 14 Februari. Namun demikian, hal ini sempat berhenti pada pertengahan abad ke-15 dan dihapus dari perayaan gereja resmi.

Melihat sejarah tersebut, maka sudah jelas bahwa hal ini tidak berkaitan dengan ajaran Tuhan. Hanya untuk menghormati orang-orang yang pernah berjuang mengabarkan Injil setelah Yesus naik ke surga. Sehingga sebenarnya tidak ada ketentuan atau keharusan dalam agama Kristen untuk merayakan hari kasih sayang. Yang ada hanya prinsip kasih itu sendiri yang sebaiknya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga nama Tuhan bisa dipermuliakan dan

Firman Tuhan Tentang Hari Valentine

Jika melihat sejarah Alkitab ataupun ayat di Alkitab, tidak ada yang mengisahkan tentang hari Valentine tersebut. Bahkan di dalam firman Tuhan tidak ada yang menyatakan hari kasih sayang secara spesial di hari tertentu. Tuhan meminta supaya kita selalu merayakan hari kasih sayang setiap hari. Karena pada prinsipnya kasih sayang adalah hal yang merupakan ajaran utama dari umat Kristen dan harus dilakukan setiap hari. Bukan hanya hari tertentu saja. Sehingga kita bisa jadi contoh perilaku sebagai terang dan garam dunia. Di sisi lain, ada banyak orang yang memanfaatkan hari Valentine ini untuk berbuat dosa. Terutama sering kali jika kita lihat di negara-negara barat, hari kasih sayang digunakan untuk melakukan perzinahan menurut Alkitab terutama hubungan seksual tanpa status yang diberkati dalam pernikahan kudus. Hal inilah yang menjadi momok dalam hari Valentine itu sendiri.

Prinsip awal memperingati hari Valentine tidak salah, namun dalam perkembangannya banyak orang atau oknum yang merayakannya melakukan perbuatan dosa dengan berbuat zinah. Inilah yang seharusnya dilarang dan berpotensi mendatangkan dosa bagi umat Kristen. Dari sini sebaiknya jika ingin merayakan hari kasih sayang, hendaknya lakukan dengan bijaksana. Secara keseluruhan tidak salah merayakan hari Valentine. Tidak ada yang menyatakan dosa pada firman Allah. Di satu sisi perbuatan yang dilakukan pada hari tersebut yang beresiko mendatangkan dosa dan mendatangkan maut. Oleh karena itu sebisa mungkin dihindari. Sebaik mungkin jangan merencanakan perayaan hari valentine bersama dengan pasangan yang belum diberkati. Lain halnya dengan suami istri yang sudah diberkati di depan Allah dengan sungguh-sungguh. Sehingga dengan demikian umat Kristen tetap mendapat bagian dari kerajaan kekal.

Cinta Kasih Tuhan Kepada Manusia

Melihat pada dasar perayaan hari Valentine, maka jelas umat Kristen di dunia disuguhkan suatu kisah martir yang cinta akan Tuhan sehingga rela mati untuk membela Allah. Dari sini, seharusnya kita lebih belajar akan makna kasih Allah yang jauh lebih besar melalui penyaliban Yesus yang membawa umat Kristen kepada kemenangan. Tanpa cinta Allah yang tanpa syarat ini, umat manusia tidak akan dapat diselamatkan. Terutama umat Kristen pada khususnya yang beroleh hidup kekal karena kasih karunia dari Allah tersebut. Oleh sebab itu, berkaca akan adanya hari kasih sayang, alangkah baiknya jika membagi kasih sayang tersebut pada mereka yang membutuhkan. Terlebih karena Tuhan telah lebih dahulu memenangkan jiwa orang-orang yang percaya kepadaNya supaya beroleh damai dan hidup yang kekal. Cinta kasih Allah yang kekal ini membawa pada penyelamatan umat Kristen dan merupakan bukti yang nyata pada umat manusia.

Itulah beberapa informasi berkaitan dengan bolehkah orang Kristen merayakan Valentine? Dosa atau tidak? Apalagi karena hari ini tidak tercatat di dalam Alkitab dan sering kali dimanfaatkan untuk berbuat dosa. Sehingga banyak umat Kristen terjebak dan melakukan contoh perbuatan dosa dalam Kristen di hari tersebut. Karena itu sebaiknya hindari merayakan hari ini jika tidak perlu. Namun mengungkapkan kasih sayang kepada pasangan maupun keluarga bukanlah hal yang salah. Hanya saja hal ini bisa dilakukan setiap hari tidak perlu hanya saat Valentine saja. Melalui hukum kasih dalam Alkitab yang diberikan sesuai dengan ajaran Allah, tentunya apa yang kita perbuat akan menyenangkan hati sesama maupun hati Tuhan sendiri.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Hukum Kristen