Sponsors Link

Cara Mengaku Dosa Katolisitas Dari Awal Hingga Akhir yang Wajib Umat Kristiani Catat!

Sponsors Link

Dalam salah satu tata cara dan liturgi umat Katolik, tentunya mengetahu mengenai adanya cara mengaku dosa katolisitas yang umum dilakukan di saat tertentu. Pengakuan jenis-jenis dosa dalam Alkitab yang dibuat dan dimasukkan dalam salah satu bentuk tata ibadah Katolik ini merupakan hal yang umumnya wajib dilakukan menjelang Paskah ataupun Natal. Oleh sebab itu sangat penting bagi umat Katolik untuk mengetahui tata cara dan langkah pengakuan dosa tersebut. Bagi yang masih belum paham benar bagaimana tata caranya dan ingin mengetahui lebih lanjut, berikut ini beberapa langkah cara mengaku dosa katolisitas.

ads

Sebelum Pengakuan Dosa

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan lebih dulu sebelum mengaku dosa. Sangat penting untuk melakukan cara berdoa yang benar supaya pengakuan dosa kita diterima oleh Tuhan. Berikut ini beberapa persiapannya:

  • Siapkan catatan dosa yang akan diakui, pastikan pertobatan datang tulus dari hati.
  • Berdoalah dan memohon supaya pengakuan dosa berjalan baik dan lancar.
  • Minta pimpinan karunia Roh Kudus dalam memutuskan apa saja yang telah menjadi dosa di masa lalu.

Pada Saat Pengakuan Dosa

Jika selesai melakukan persiapan di atas, artinya sudah bisa melakukan pengakuan dosa di gereja. Berikut ini hal-hal yang harus dilakukan saat mengaku dosa di gereja di depan Romo.

  • Buatlah tanda salib dan berkata: “Berkatilah saya, Pastor, sebab saya telah berdosa.”
  • Pastor akan memberkati, lalu katakan:
    Pengakuan dosa saya yang terakhir adalah…. waktu yang lalu. Sejak itu aku melakukan dosa sebagai berikut…..
  • Setelah selesai menyebutkan dosa-dosa anda, katakanlah:
    Untuk semua dosa-dosa saya ini saya mohon pengampunan dan penitensi dari Pastor.
    Pastor akan memberi saran dan penitensi yang harus dipenuhi setelah sakramen pengakuan.
  • Setelah itu, ucapkanlah doa tobat lalu terimalah absolusi dengan rendah hati dan penuh syukur. Ikutilah doa Pastor, yang diakhiri dengan kata penutup “Amin!”

Sesudah Pengakuan Dosa

Setelah melakukan prosesi pengakuan dosa dengan pastor, maka ada beberapa hal yang harus segera dilakukan. Berikut ini beberapa hal tersebut.

  • Berlutut di depan altar untuk menerima sakramen Maha Kudus dan mengucap syukur pada Allah atas karunia pengampunan dosa, Perbaharui niat dan minta pertolongan hanya dari Allah saja untuk mengatasi segala godaan.
  • Lakukan penitensi yang diberikan Pastor dalam bentuk doa, seperti misalnya doa Bapa Kami, Salam Maria dan doa Aku Percaya. Sebaiknya ucapkanlah doa-doa tersebut dengan penuh iman.
  • Lakukan penitensi yang diberikan dalam bentuk tindakan baik memberikan pertolongan atau memberikan persembahan. Lakukan penitensi tindakan ini dengan segera.

Itulah beberapa informasi yang berkaitan dengan cara mengaku dosa katolisitas. Sangat penting dalam mengakui macam-macam dosa menurut Alkitab untuk benar-benar jujur mengakui kesalahan yang telah diperbuat.  Sehingga Tuhan berkenan memberikan pengampunan yang besar atas kesalahan tersebut. Tentu setelahnya pahami cara bertobat orang Kristen Katolik yang baik supaya tidak jatuh di dalam dosa yang sama. Dengan demikian maka peranan kita akan membantu memberikan contoh perilaku sebagai terang dan garam dunia sehingga menjadi berkat bagi banyak orang.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Katolik