Sponsors Link

4 Cara Menghias Telur Paskah Yang Lucu Bagi Anak-Anak

Sponsors Link

Anak-anak di kala menjelang Paskah biasanya akan mencari tahu bagaimana cara menghias telur Paskah yang lucu. Maklum saja, sebagian besar sekolah Kristen dan Katolik umumnya menyelenggarakan lomba menghias telur Paskah pada saat bulan tersebut. Bahkan pihak gereja juga sering kali melakukan lomba tersebut untuk anak-anak sekolah minggu supaya memberikan motivasi dan kegembiraan lebih dalam menyambut perayaan tersebut. Sebagian dari lomba ini juga untuk memberikan semangat makna masa pra-Paskah bagi para umat. Nah, apabila ingin berhasil menghias dengan bagus dan lucu, tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Jika penasaran bagaimana melakukannya secara optimal, simak informasi berikut di bawah ini tentang cara menghias telur Paskah yang lucu.

ads

1. Rebus Telur Ayam

Hal pertama yang harus dilakukan pasti menyiapkan kira-kira bahan apa saja yang bisa digunakan. Pertama pastinya menyiapkan telur yang hendak dihias. Pastinya untuk lebih mudahnya kebanyakan menggunakan telur ayam biasa yang kemudian direbus untuk menghasilkan cangkang dan isi telur yang keras. Karena jika tidak demikian maka akan susah untuk menghias telur Paskah dari telur ayam yang masih mentah. Bisa jadi telur mudah pecah dan tidak berhasil dihias. Lain halnya telur yang sudah matang, lebih padat dan keras sehingga mudah untuk dihias.

2. Memakai Tinta dan Kuas

Menghias telur Paskah juga bisa disesuaikan dengan tema yang ada pada masa tersebut. Pastinya banyak umat Kristen sudah paham bahwa masa pra-Paskah terdiri dari Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah. Setiap hari bisa bermakna berbeda. Nah, sebaiknya cari tema sesuai dari masa tersebut. Kemudian tentukan tinta dengan dominasi warna yang dipilih. Misalnya jika bertemakan makna ibadah Rabu Abu maka pilih warna dominasi ungu, mulai dari ungu tua hingga ungu muda dan hias telur menggunakan kuas yang disiapkan untuk mengoles telur menjadi cantik dan lucu.

Supaya menarik telur bisa digaris maupun dicat melintang dengan selingan warna ungu mulai dari ungu muda hingga ungu tua bergantian. Hasilnya akan terlihat lucu dan atraktif. Karena itu jika suka model sederhana dan tidak terlalu memiliki kreasi aneka rupa, maka cara yang satu ini bisa dicoba. Bisa juga menggunakan motif polkadot ungu ataupun gambar karakter pada telur Paskah supaya lebih menarik dan lebih lucu.

3. Memakai Kertas Warna Warni

Selanjutnya cara menghias telur Paskah yang lucu bisa dengan menggunakan bahan berupa kertas warna warni. Siapkan tema yang akan dipakai untuk menghias telur lebih dahulu, misalnya tema karakter atau membuat bentuk hewan dan lain sebagainya. Siapkan juga kertas warna warni yang sesuai dengan tema yang akan dilakukan. Kertas yang umumnya dipakai bisa menggunakan kertas origami, kertas krep maupun kertas marmer berkilap.

Tergantung preferensi dan kesukaan masing-masing. Sesudah menyiapkan potongan kertas, sebaiknya jangan lupa untuk menyiapkan lem juga supaya dapat menempelkan kertas satu persatu di telur dengan baik dan sempurna. Oleh sebab itu sebaiknya bagi anak-anak minta saja bantuan dari orang dewasa untuk menggunting dan menempel kertas sehingga tidak lengket di tangan atau terluka. Pastikan susunan kertas dan warna yang digunakan saling atraktif satu dengan yang lain sehingga hasil akhirnya bisa memberikan tampilan telur Paskah yang lucu dan menarik.

4. Bahan Kain dan Kapas

Selanjutnya salah satu bahan yang bisa dipakai yaitu termasuk bahan kain dan kapas. Ini juga merupakan bahan dan cara yang umum dilakukan oleh anak-anak. Pilih tema Paskah yang tepat dan pastikan sesuai makna misalnya tema makna hari Natal yang diaplikasikan saat menghias telur Paskah juga tidak ada salahnya. Sehingga hasil menghias juga lebih kreatif dan terlihat menarik dengan dominasi warna yang sesuai atau identik dengan hal yang sesuai. Sehingga tidak hanya terlihat baik tetapi ada hal yang bisa dipelajari dari hasil telur Paskah yang dihias ini. Menggunakan bahan kain dan kapas untuk menghias telur Paskah bertema hari Natal pasti menarik dan kreatif. Misalnya menghias menjadi domba yang ada di kandang saat Tuhan Yesus lahir, atau misalnya menggunakan kapas yang diwarna sesuai tema. Sehingga telur Paskah tidak hanya lucu saja tetapi juga bertema menarik. Karena itu tidak perlu ragu apakah bahan kain dan kapas cocok untuk menghias telur Paskah. Karena bahan ini juga bisa menghasilkan hiasan yang baik di permukaan telur.

Itulah beberapa cara menghias telur Paskah yang lucu. Pastinya sebagai rangkaian dari tata perayaan tri hari suci, makna Paskah yang mengutamakan inti dari tujuan penyaliban Yesus ini memang sangat penting untuk dirayakan dan dimaknai artinya. Karena memang manusia yang penuh dosa pada akhirnya ditebus dari maut oleh Tuhan Yesus sendiri lewat kematianNya tersebut. Sehingga manusia dapat beroleh hidup kekal serta cara memperoleh keselamatan menurut iman Kristen yang datang dari Allah. Inilah yang membuat pentingnya umat Kristen dan Katolik selalu merayakan Paskah tiap tahunnya. Dan diantaranya melalui lomba menghias telur yang banyak disukai oleh anak-anak. Jika berencana untuk menghias telur yang lucu dan cantik, tak ada salahnya mencoba untuk menggunakan langkah di atas. Semoga berhasil!

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Paskah