Sponsors Link

4 Cara Menghitung Persepuluhan yang Benar Dalam Ajaran Kristen

Sponsors Link

Setelah sebelumnya kita membahas arti persepuluhan, dan juga perbedaan perpuluhan atau yang seringkali juga disebut persepuluhan dan persembahan. Sekarang akan diulas perihal cara kita sebagai orang kristen untuk menghitung perpuluhan dan persepuluhan yang benar.

ads

Menurut kata asalnya, kata dalam bahasa Ibrani untuk “persepuluhan” (_ma’ser_) yang secara harfiah berarti “sepersepuluh bagian”. Secara umum dapat kita artikan sebagai sepersepuluh bagian dari segala berkat dari Tuhan yang kita terima. Berikut ayat-ayat di perjanjian lama yang manbahas tentang persepuluhan :

  • Ulangan14:22 “Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan sepersepuluh  dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, tahun demi tahun.
  • Ulangan 14:23 Di hadapan TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah engkau memakan persembahan dan cara menghitung persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu, supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN, Allahmu.

Jadi pertanyaannya apakah perpuluhan itu berasal dari penghasilan tiap bulan yang kita terima ? dan apa hanya sebesar sepersepuluhnya saja atau sepuluh persennya saja ? Sebenarnya perpuluhan merupakan suatu kewajiban yang Tuhan buat untuk membuat orang kristen memiliki rasa tanggung jawab untuk berbagi berkat serta untuk menyadarkan & mengingatkan setiap orang kristen untuk selalu bersyukur atas segala berkat & anugerah yang mereka terima.

Karena pada dasarnya ke semua hal itu berasal dari Allah saja dan kita harus mengembalikannya kepada Tuhan sebagai ucapan rasa syukur dan terima kasih kepadaNya. Beberapa ayat berikut ini yang menunjukkan bahwa segala hal dalam hidup kita berasal dari Tuhan :

  • Mazmur 121:2 Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi.
  • Amsal 10:22 Berkat Tuhanlah  yang menjadikan kaya,  susah payah tidak akan menambahinya.
  • Ayub 1:21 katanya: “Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. TUHAN yang memberi, TUHAN yang mengambil,  terpujilah  nama TUHAN!”

Jadi cara menghitung persepuluhan adalah dengan menyisihkan sepersepuh dari seluruh berkat yang kita terima biasanya secara umum tiap bulan sekali.

Hal-hal yang di Perhatikan Memberi Perpuluhan Lebih

Jumlah sepersepuluh itu hanyalah jumlah terkecil yang Tuhan perintahkan bagi kita untuk kita dapat belajar memberi & bersyukur atas semua kelimpahan berkat yang kita terima dari padaNya. Tapi apa hal itu sudah cukup bagi kita dalam memberikan persepuluhan ? Tentu saja tidak, karena Tuhan lebih dan sangat menginginkan pemberian yang tulus dengan hati yang benar-benar ingin memberi kepada Tuhan, bukan dengan setengah-setengah atau juga memiliki maksud dan tujuan lain.

Semisalnya untuk mendapatakan berkat yang lebih, untuk mendapatkan kesembuhan, dan lainnya. Yang Tuhan sangat inginkan, kita memberikan sengan hati memberi yang tulus kepadaNya, sebagai bentuk  arti bersyukur dalam Alkitab & terima kasih kita bagi Dia. Untuk hal-hal yang kita perlu & butuhkan, kita bisa memohon padaNya lewat cara berdoa yang benar, sebagai berikut dalam alkitab:

  • Lukas 11:9 Oleh karena itu, Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu;  carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
  • Filipi 4:6 Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
Sponsors Link

Misalnya saja kisah dalam alkitab yang menceritakan persembahan seorang janda di bait Allah & juga kisah seorang muda kaya yang telah melakukan semua perintah Allah namun enggan untuk melepaskan hartanya untuk mengikut Yesus. Karena sesungguhnya Tuhan tidak menilai & melihat jumlah materi semata tapi Tuhan jauh lebih melihat ke dalam isi hati kita.

Ayat berikut ini yang mengkisahkan tentang persembahan janda yang benar dalam memberikan persembahan:

  • Lukas 21:1  Ketika Yesus mengangkat muka-Nya, Ia melihat orang-orang kaya memasukkan persembahan mereka ke dalam peti persembahan.
  • Lukas 21:2 Ia melihat juga seorang janda miskin memasukkan dua peser ke dalam peti itu.
  • Lukas 21:3 Lalu Ia berkata:“Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang itu.
  • Lukas 21:4 Sebab mereka semua memberi persembahannya dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, bahkan ia memberi seluruh nafkahnya.” (Kisah Persembahan seorang janda miskin).
Sponsors Link

Ayat berikut ini yang mengkisahkan tentang seorang muda kaya dalam memberikan dan cara menghitung persepuluhan:

  • Matius 19:17 Jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah  Allah.”
  • Matius 19:18 Kata orang itu kepada-Nya: “Perintah yang mana?” Kata Yesus: “Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta,
  • Matius 19:19 hormatilah ayahmu dan ibumu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”
  • Matius 19:20 Kata orang muda itu kepada-Nya: “Semuanya itu telah kuturuti, apa lagi yang masih kurang?”
  • Matius 19:21 Kata Yesus kepadanya: “Jikalau engkau hendak sempurna,  pergilah, juallah segala milikmu  dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin,  maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.”
  • Matius 19:22 Ketika orang muda itu mendengar perkataan itu, pergilah ia dengan sedih, sebab banyak hartanya.
  • Matius 19:23-24 Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sekali lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah.” (Kisah orang muda yang kaya)

Oleh sebab itu, dalam memberikan perpuluhan ataupun juga persembahan siapkanlah hati setiap kita dengan sungguh-sungguh, dengan tulus dan benar karena inti dari semua itu adalah sebagai rasa ucapan syukur kita kepada Tuhan atas segala berkat dan anugerah-Nya yang begitu besar dalam kehidupan kita. Tuhan Yesus memberkati.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 25th, October 2017 / 07:48 Oleh :
Kategori : Kristen