Sponsors Link

9 Cara Mengucap Syukur Kepada Tuhan Berdasarkan Kitab Mazmur

Sponsors Link

Sebagai orang Kristen, kita percaya tentang hukum kasih dalam Alkitab bahwa Allah mengasihi kita tanpa syarat. Kasih-Nya selalu tersedia untuk kita tanpa mengenal batasan apapun. Seringkali kita menyakiti hati Bapa dengan melakukan berbagai dosa, tetapi Allah tetap beserta dengan kita. Sesuai janji-Nya, Ia tidak pernah tinggalkan kita dan terus melimpahi kita dengan berkat. Tidak hanya di dalam kesenangan, Allah pun terus melimpahi kita dengan berkat bahkan di dalam kesedihan dan kesusahan kita.

Penyertaan-Nya, kasih-Nya, berkat-Nya seharusnya membuat kita mengasihi Allah lebih dalam lagi. Ini merupakan ciri-ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus. Ada berbagai cara untuk kita menunjukkan kasih kita kepada Allah. Salah satu bentuk kasih kepada Allah adalah dengan mengucap syukur. Ingatlah bahwa Alkitab mengajarkan orang Kristen harus mengucap syukur. Kita perlu terus melakukan cara mengucap syukur kepada Tuhan di dalam setiap kegiatan kita, di dalam hari-hari kehidupan kita. Cara mengucap syukur kepada Tuhan menjadi salah satu bukti iman kita kepada-Nya, menjadi salah satu bukti bahwa kita sungguh-sungguh mengasihi-Nya.

Berdasarkan arti bersyukur dalam Alkitab, ada berbagai cara mengucap syukur kepada Tuhan. Allah pun tidak pernah menentukan suatu cara mengucap syukur kepada Tuhan yang khusus. Namun, Alkitab berkali-kali memberikan contoh mengucap syukur yang baik dan benar. Salah satu kitab yang banyak melakukan cara mengucap syukur kepada Tuhan adalah Mazmur. Para pemazmur yang menuliskan isi kitab Mazmur tak henti-hentinya memberikan ucapan syukur kepada Tuhan. Seperti yang kita ketahui, hal ini merupakan suatu hal yang berkenan di hadapan Tuhan. Oleh karena itu, kita bisa mempelajari cara mengucap syukur kepada Tuhan melalui kitab Mazmur. Berikut beberapa cara mengucap syukur kepada Tuhan yang diterangkan dalam kitab Mazmur.

  • Saat mengucap syukur, kita harus menenangkan hati

Mazmur 42:6 Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!

  • Kita dapat mengucapkan syukur kita lewat puji-pujian Kristiani

Mazmur 28:7 TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.Mazmur 30:12b TUHAN, Allahku, untuk selama-lamanya aku mau menyanyikan syukur bagi-Mu.Mazmur 33:2 Bersyukurlah kepada TUHAN dengan kecapi, bermazmurlah bagi-Nya dengan gambus sepuluh tali!

Mazmur 30:5 Nyanyikanlah mazmur bagi TUHAN, hai orang-orang yang dikasihi-Nya, dan persembahkanlah syukur kepada nama-Nya yang kudus!

  • Saat kita mengucap syukur, kita harus tahu dan yakin bahwa  kita mengucap syukur kepada Allah

Mazmur 44:9 Karena Allah kami nyanyikan puji-pujian sepanjang hari, dan bagi nama-Mu kami mengucapkan syukur selama-lamanya.

  • Kita tidak boleh mengucap syukur hanya untuk berkata-kata indah, tetapi kita menyatakan-Nya untuk kemuliaan Allah

Mazmur 50:23 Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku; siapa yang jujur jalannya, keselamatan yang dari Allah akan Kuperlihatkan kepadanya.”

  • Saat mengucap syukur, kita sepatutnya bersukacita dan sukacita itu dapat berdampak untuk orang lain sesuai yang dikatakan ayat Alkitab tentang sukacita

Mazmur 52:11 Aku hendak bersyukur kepada-Mu selama-lamanya, sebab Engkaulah yang bertindak; karena nama-Mu baik, aku hendak memasyhurkannya di depan orang-orang yang Kaukasihi!

  • Mengucap syukur seharusnya tidak kita ucapkan dengan kata-kata ‘template’. Kita harus tahu benar alasan kita mengucap syukur

Mazmur 86:12-13 Aku hendak bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, Allahku, dengan segenap hatiku, dan memuliakan nama-Mu untuk selama-lamanya; sebab kasih setia-Mu besar atas aku, dan Engkau telah melepaskan nyawaku dari dunia orang mati yang paling bawah.Mazmur 118:21 Aku bersyukur kepada-Mu, sebab Engkau telah menjawab aku dan telah menjadi keselamatanku.

Mazmur 95:2 Biarlah kita menghadap wajah-Nya dengan nyanyian syukur, bersorak-sorak bagi-Nya dengan nyanyian mazmur.

  • Meskipun mengucap syukur harus dilakukan setiap saat, ambillah waktu setiap harinya untuk mengucap syukur secara khusus.

Mazmur 119:62 Tengah malam aku bangun untuk bersyukur kepada-Mu atas hukum-hukum-Mu yang adil.Itulah beberapa cara mengucap syukur kepada Tuhan yang dapat kita pelajari dari kitab Mazmur. Para pemazmur sudah memberikan contoh yang baik dan berkenan dalam mengucapkan syukur. Tentu kita dapat meneladani apa yang dilakukan oleh para pemazmur. Namun, kita harus ingat bahwa hal yang paling Allah lihat adalah kedalaman hati kita. Ingatlah terus bahwa saat kita mengucap syukur, kita harus menilik hati kita.

Lakukanlah ucapan syukur yang berkenan di hadapan Tuhan. Lakukanlah ucapan syukur sesuai dengan cara yang biasa kita lakukan untuk memuliakan Tuhan. Lakukanlah ucapan syukur dengan bersukacita agar orang lain dapat melihat bagaimana kebesaran Tuhan dalam menyertai kehidupan kita. Jangan lakukan ucapan syukur dengan tujuan agar Allah mau memberkati kita lebih lagi. Mengucap syukurlah karena apa yang sudah Allah berikan kepada kita adalah hal-hal yang sangat luar biasa yang tidak pernah terpikirkan oleh kita. Kiranya Allah berkenan akan ucapan syukur kita dan memberkati kita semua. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Kristen