Cerita Singkat Tentang Musa Dalam Alkitab

√ Quality Checked Pass quality & checking

Musa merupakan salah satu tokoh penting yang ada dalam Alkitab. Kisahnya yang melegenda membuat kita sebagai umat Kristen dapat mempelajari dan bahkan merenungi kisah-kisahnya. Sikapnya yang selalu taat pada Tuhan Yesus Kristus membuat Musa layak menjadi slaah satu tokoh yang diteladani. Hal ini terlihat pada surat Ibrani 11:26 yang isinya sebagai berikut :

Some may even email the last copies for affordable-papers.net you so that you may go through them at home or in class.

“Dia menganggap penghinaan karena Yesus Kristus sebagaisebuah kekayaan yang jauh lebih besar dibandingkan semua harta yang dimilikioleh Mesir. Hal itu dikarenakan pandangannya selalu diarahkan hanya pada upahsaja.”.

Musa pun rela terusmenderita selaam hidupnya hanya untuk dapat taat pada Tuhan Yesus Kristus. Ada beberapacerita singkat mengenai Musa semasa hidupnya berdasarkan Alkitab. Untuk mengetahuinyalebih dalam, berikut ulasannya.

1. Kisah Musa dalam penyertaan Tuhan

Bangsa Israel pada zamanMusa mendapatkan perlakukan sebagai perbudakan yang cukup berat oleh negeriMesir. Saat itu, penggenapan Tuhan telah disampaikan pada Abaraham yangmerupakan seorang nenek moyang bangsa Israel. Hal itu bisa dilihat pada suratKejadian 15.

Di dalam Alkitab telahdisebutkan bahwa bangsa Israel adalah sebuah bangsa yang dijanjikan tuhan bersamaAbraham. Pada saat itu diserahkan pada anaknya yang bernama Ishak. Parapenduduk Israel menyerukan pada Tuhan israel yang bernama Yahweh sehingga Tuhanpun mengabulkan doa mereka dengan dikirimnya orang bernama Musa. Beliau telahdiramalkan menjadi pemimpin Bangsa Israel agar dapat terbebas dari perbudakanMesir.

Firman Tuhan dalam suratUlangan 34:10-12 berbunyi:

“Seperti halnya Musa yang dikenal Tuhan dengan salingberhadapan. Tidak ada lagi seorang nabi yang telah bangkit di antara orangIsrael. Baik itu dlaam segala tanda dan juga mujizat yang dilakukannyamerupakan perintah dari Tuhan pada tanah Mesir. Khususnya pada Firaun dan jugasemua orang pegawainya. “.

2.Musa dalam menubuatkannya bersama Tuhan Yesus Kristus

Kehidupan serta pelayananyang diberikan Musa terhadap Tuhan merupakan sebuah nubutan tentang keberadaanTuhan Yesus Kristus. Beberapa Firman Tuhan yang sering ditulis dalam Roh Kudus terdapat isinya tentangTuhan Yesus Kristus. Isi surat tersebut antara lain dari Kitab Kejadian hinggaKitab Ulangan.

Di dalam pemimpinan Musaselama empat puluh tahun, Musa senantiasa memberikan ajaran Firman Tuhanterhadap bangsa Israel. Melalui mereka, Tuhan Yahweh mengutus putra-Nya yangmasih tunggal. Tuhan Yesus Kristus yang turun ke dunia serta menjadi manusiasehingga mati disalib menjadi korban keselmatan yang kudus serta kekal. Sebuah FirmanTuhan pun berkata dalam Ulangan 18:15 yang berbunyi:

“Telah ada seorang nabi yang keberadaannya adaditengah-tengah kamu, saudaramu, bahkan sama seperti kamu. Dia akandibangkitkan bagimu oleh Yahweh yang merupakan Tuhanmu. Dia harus kamudengarkan. “.

Musa juga menubuatkan TuhanYesus Kristus yang merupakan seseorang yang dari tengah-tengah bangsa israel. Diadatang dari antara dua belas suku israel yakni suku Yehuda yang tidak jauhdengan Musa. Dia juga merupakan seorang anak kandung ketiga dari pasangan Amramdan Yokhebed.

3.Musa yang melayani Tuhan Yesus Kristus

Di Dalam firman Tuhan Bilangan 12:6-8 dijelaskan sebagai berikut:

“Wahai dengarlah firman-Ku ini bahwa di antara kamu adaseorang nabi. Aku, Tuhan yang menyatakan diri-Ku kepadanya di dalam penglihatanHamba-hamba-Ku seorang. Musa yang seorang paling setia di dalam segenaprumah-Ku. Telah berhadapan dengan Aku yang telah berbicara padanya. “

Pelayanan yang telah diberikan Musa merupakan salah satu penyampaian Firman Tuhan yang menubuatkan Tuhan Yesus Kristus akan datang ke dunia ini serta mati tersalib sehingga menjadi korban keselamatan yang kudus serta kekal. Musa juga menyanyikan sebuah lagu pujian dan juga persembahan pada Tuhan Yesus Kristus selama-lamanya.

Demikianlah beberapa ceritasingkat tentang Musa dalam Alkitab. Dari ulasan di atas, kita bisa melihatbahwa karakterMusa merupakan salah satu tokoh-tokoh Alkitab yangpatut untuk diteladani seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Ditambah kisahnyayang berhasil selamat dari kekejaman Firaun merupakan kisah yang tidak akanlekang oleh waktu. Bisa dikatakan Musa merupakan contoh karakter Kristen sejati. Semoga artikel ini bisa memberikanbanyak manfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn