Sponsors Link

5 Ciri-Ciri Keluarga Kristen Yang Bertumbuh dan Harmonis

Sponsors Link

Apakah yang di maksud dengan keluarga Kristen? Apakah ketika seseorang yang beragama kristen maka hal tersebut dapat menjadikan mereka sebagai bagian dari keluarga Kristen. Untuk mengetahui secara jelas apakah yang di maksud dengan keluarga kristen terebut maka telah kami hadirkan beberapa ciri – ciri dari pada keluarga Kristen. Berikut adalah ciri Keluarga Kristen. (Baca juga: Karakter Kristus)

ads

1. Selalu Hidup dalam Syukur

Seperti bunyi firman Allag yang di kutip dalam pasal Efesus pasal 5 ayat 20 dan berbunyi sebagai berikut,

“Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita”.

Firman Allah tersebut adalah dasar dari semua keluarga Kristiani. Kelurga Kristen adalah sebuah keluarga yang dikendalikan oleh Sang Roh Kudus, dan sebagai tanda dari pada Roh Kudus ada di setiap ciri-ciri keluarga Kristen adalah  dengan selalu mengucap syukur dalam segala hal dan segala situasi. Ucapan syukur ini selalu di ucapkan dengan ber dasarkan atas nama Tuhan Yesus Kristus yang ditujukan kepada Allah Bapa di Surga. Hal ini juga jelas tertulis di dalah salah satu surat yang di tulis oleh rasul Paulus yang di tujukan kepada para jemaat di kota Tesalonika, surat tersebut terdapat pada pasal 5 dan ayat 18, dimana surat tersebut berbunyi,  (Juga baca : Etika Kristen)

“Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu”.

Dengan demikian rasul Paulus telah memberikan contah bahwa ciri – ciri untuk hidup sebagai bagian dari keluarga Kristen yang dikendalikan oleh Roh Kudus adalah untuk senantiasa mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah Bapa. Baik dalam situasi senang maupun dalam situasi susah, keluarga Kristen harus selalu mengucap syukur. Hal ini di karena kan baik dalam situasi suka mau pun kita tidak mengucap kan rasa syukur pada keadaan dan situasi kita pada saat itu, akan tetapi kita mengucap kan syukur kepada Allah. Hal ini sebagai bukti bahwa walaupun dalam keadaan yang paling menyakitkan, keluarga kristen akan terus dan selalu percaya bahwa Tuhan pasti akan dan dapat mengubah keadaan tersebut dengan cara-Nya sendiri dan memberikan kebaikan kepada umat-Nya.  (baca juga: Manfaat berdoa bagi orang Kristen)

Artikel Terkait:

2. Komitmen

Membangun keluarga kristen adalah sebuah ikatan dan perjanjian. Satu – satunya agar ikatan dan perjanjian  dalam suatu keluarga kristen adalah untuk dapat bertahan kepada setiap anggota keluarga dalam keadaan apapun, dan untuk itu di butuhkan suatu komitmen. Semua anggota keluarga untuk memiliki komitmen satu sama lain untuk dapat menjaga keutuhan keluarga tersebut dan agar selalu di kendalikan sang Roh Kudus. Hal ini juga sama seperti Firman Allah yang di kutip di dalam Kitab Matius pasal 19 ayat 5 hingga 6, yang bebunyi : (baca juga: Poligami menurut Alkitab)

Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.” (baca juga: Penyaliban Yesus)

3. Kasih

Sponsors Link

Ciri-ciri keluarga kristen yang ketiga adalah ikatan kasih yang mepersatukan seluruh anggota keluarga. Kasih itu adalah Kristus dan setiap keluarga kristen harus memiliki ikatan kasih yang kuat di antara setiap anggota keluarga mereka, dan kasih tersebut harus ditunjukkan dalam cara-cara yang bersifat rohani dan sehat. Firman Allah yang menunjukan ciri – ciri Keluarg Kristen ini adalah pada kitab Efesus pasal 4 ayat 32 yang berbunyi, (Baca juga: HAM menurut iman Kristen)

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

4. Berkomunikasi Positif

Tidak hanya pada keluarga Kristen, komunikasi adalah hal yang penting dan  dilakukan oleh semua orang dan salah satu yang krusial dalam setiap keluarga. Akan tetapi perbedaannya dengan keluarga Kristen adalah komunikasi yang kita lakukan tidak hanya sekedar komunikasi untuk menghabiskan waktu secara sia – sia akan tetapi komunikasi untuk berinteraksi satu sama lain antara sesama keluarga secara sehat dan bersifat positif sehingga hal tersebut dapat membawa kesejahteraan dalam keluarga tersebut. Hal ini juga di kutip dalam kitab Amsal pasal 16 ayat 23 yang berbunyi : (baca juga: Perbedaan perjanjian lama dan perjanjian baru)

Hati orang bijak menjadikan mulutnya berakal budi, dan menjadikan bibirnya lebih dapat meyakinkan. 

Ciri-ciri keluarga Kristen yang lainnya adalah menggunakan akal, budi, dan bibir yang telah di berikan oleh Alla untuk berkomunikasi antara keluarga secara sehat dan mengajarkan tentang Yesus kepada setiap anggota keluarga. (baca juga: Arti persepuluhan)

Sponsors Link

Artikel lainnya:

5. Waktu bersama

Ciri – ciri terakhir dari keluarga Kristen adalah kesatuan antara sesama anggota keluar yang dibangun melalui cinta kasih dengan komunikasi yang positif dan juga yang terkahir adalah waktu bersama antara keluarga. Keluarga Kirsten yang meluangkan waktu bersama untuk berdoa atau pun membaca Alkitab dapat tumbuh bersama – sama juga. Firman Allah yang menyatakan hal ini dapat di lihat pada kitab Lukas pasal 2 ayat 51 hingga 52 yang berbunyi, (baca juga: Makna pentakosta bagi orang Kristen)

Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka. Dan ibu-Nya menyimpan semua perkara itu di dalam hatinya.  Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Demikianlah ciri – ciri dari keluarga Kristen, semoga ciri – ciri yang kami berikan dapat menjadi contoh dan pembelajaraan bagi kita semua. Tuhan Memberkati!

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 26th, September 2017 / 07:48 Oleh :
Kategori : Sosial