Sponsors Link

10 Ciri Orang Merdeka Dalam Kristus Atas Kehidupannya

Sponsors Link

Sewaktu adam dan hawa berdosa karena memilih untuk tidak menaati Allah, dan menyerah pada godaan setan, tentang keinginan daging. Semenjak itu, kehidupan manusia terasing dari Allah. Sehingga kita tidak lagi di katakan sebagai orang yang merdeka, namun menjadi orang yang tidak berguna. Namun, karena yesus telah menyerahkan kehidupannya untuk kita, kita jadi tahu bahwa kita bisa bebas dan di merdekakan oleh Yesus. Berikut kita akan lihat ciri orang merdeka dalam kristus:

  • Bertanggung jawab atas kehidupannya

Ciri orang merdeka dalam kristus yang pertama adalah, dia yang bertanggung jawab atas kehidupannya. Maksudnya, ia tidak akan memilih untuk cepat-cepat mengakhiri hidupnya, atau memilih untuk melakukan tindakan yang salah menurut alkitab, atau hal-hal yang bisa membuatnya jadi, tidak lagi mengasihi Allah, hanya karena masalah yang sedang di hadapi nya. Untuk itu, orang yang di memerdekakan dalam kristus, akan sangat benar paham arti dalam ayat alkitab tentang pengendalian diri yang bermanfaat bagi mereka, agar mereka bisa sepenuhnya hidup menurut standar Allah.

  • Mematikan keinginan daging

Ciri orang merdeka dalam kristus, itu artinya dia bisa mengendalikan dirinya dan tau caranya mematikkan keinginan daging yang bisa saja menguasai dirinya. Jika seseorang merdeka dalam kristus, mereka akan berupaya untuk hidup selaras dengan apa yang di inginkan Allah. Ini bisa kita lihat dari nilai yang dapat diteladani dari Ester karena itu bisa bantu kita dalam memilih keputusan yang bijaksana, terutama jika kita di hadapkan dengan hal-hal dunia yang bisa saja menggoda kita.

  • Menjaga kekudusan hidup

Ciri lainnya yang bisa bantu kita merdeka dalam kristus, adalah menjaga kekudusan hidup kita. Kita sekarang memang sedang hidup di dunia yang memiliki banyak pengaruh buruk, yang bisa mempengaruhi kita jadi orang yang kurang baik. Namun, jika kita merdeka dalam kristus, itu seharusnya bantu kita untuk tetap menjaga kekudusan dalam hidup kita. Kita sebisa mungkin untuk tidak terpengaruh akan apapun yang di tawarkan dunia ini. Untuk itu, kita mau tahu banyak ayat alkitab tentang nafsu duniawi karena itu bisa bantu kita untuk tetap merdeka dalam kristus dan menjadi hambanya yang setia dan taat.

  • Hidup dalam kasih

Ciri orang merdeka dalam kristus lainnya adalah bisa kita kenali dari caranya dia hidup. Apakah menurut kasih atau bukan. Kasih itu adalah ikatan sempurna yang di miliki oleh manusia, yang bisa bantu seseorang menjadi pribadi yang lebih baik, karena menunjukkan kasih tersebut. Ada hukum kasih dalam alkitab yang bisa bantu kita untuk menunjukkan kasih dalam kehidupan kita sekarang. Orang yang merdeka dalam kristus, akan selalu berusaha menunjukan kasih, apapun situasinya yang bahkan mungkin bisa membuat dia rendah sekalipun. Inilah yang bantu dia untuk tetap hidup karena merdeka dalam kristus.

  • Rela melayani Tuhan dan sesama

Manusia yang dalam kemerdekaan kristus adalah orang yang mau dengan rela melayani Tuhan dan sesama. Ini bukan di tunjukkan seseorang, hanya karena suatu kebiasaan atau memang sudah kewajiban, namun ini di lakukan karena memang seseorang tersebut rela dari hati. Ada ayat alkitab untuk motivasi pelayanan yang bisa bantu kita untuk lebih bersemangat lagi dalam melayani Tuhan dan sesama. Jika seseorang rela melayani Tuhan dan sesama apapun caranya dan kondisinya, ini berarti adalah ciri orang merdeka dalam kristus, yang sangat baik.

  • Mampu menjaga hatinya

Orang yang merdeka dalam kristus, juga berarti ia mampu menjaga hatinya dengan baik. Ini artinya, ia tidak akan membiarkan dirinya menjadi orang yang suka membenci, bertindak jahat, atau bahkan kasar, dan suka menjelek-jelekkan orang lain, hanya karena dia iri hati. Kita bisa lihat ayat alkitab tentang gambar diri yang bisa bantu kita untuk lebih mengoreksi diri sendiri, agar kita bisa tahu apakah kita benar-benar bisa menjaga hati kita, atau kita hanya sekedar menunjukkan kebaikan saat di depan orang, tapi di belakang mulai membenci mereka.

  • Selalu mengucap syukur

Ciri orang merdeka dalam kristus yang menarik juga adalah, dia yang selalu mengucap syukur. Apapun yang ia hadapi, orang yang merdeka dalam kristus, pasti akan selalu ingat untuk mengucap syukur atas apapun yang sudah ia terima. Mungkin kita pernah berfikir mengapa orang kristen harus mengucap syukur yang bisa bantu kita dalam hal ini, agar kita selalu ingat untuk mengucap syukur, apapun yang kita hadapi dalam dunia ini. Orang yang merdeka dalam kristus, juga tidak akan pernah mengeluh karena masalah yang ia hadapi, dan langsung membenci Tuhan bahkan terus menyalahkan Tuhan karena semua yang telah terjadi. Namun, ia akan selalu ingat untuk mengucap syukur dan tahu, bahwa mengucap syukur adalah hal yang paling penting dalam hidup mereka.

  • Menghasilkan buah roh

Kita pasti tahu, bahwa buah roh adalah sikap dan sifat yang paling bagus untuk kita terapkan dan tunjukkan dalam kehidupan kita. Ini artinya kita benar-benar mau hidup menurut standar Tuhan yang baik. Untuk bisa berhasil menunjukkan buah dalam diri kita ini, kita mau lihat buah-buah roh kudus yang bisa bantu kita dalam menerapkan sikap dan sifat yang baik ini. Sewaktu adam dan hawa berdosa karena memilih untuk tidak menaati Allah, dan menyerah pada godaan setan, tentang keinginan daging. Semenjak itu, kehidupan manusia terasing dari Allah. Sehingga kita tidak lagi di katakan sebagai orang yang merdeka, namun menjadi orang yang tidak berguna. Namun, karena yesus telah menyerahkan kehidupannya untuk kita, kita jadi tahu bahwa kita bisa bebas dan di merdekakan oleh Yesus.

  • Mengasihi sesamanya karena hati

Seseorang yang merdeka dalam kristus, berarti mereka yang mau mengasihi sesama karena dari hati. Ini bukan hanya terlihat ketika ia ada di depan banyak orang, tapi juga bahkan ketika di belakang orang tersebut, dan terutama sikapnya tetap tidak berubah, meskipun orang itu sudah menyakitinya. Itu artinya dia mengasihi dari hati. Untuk itu, kita mau belajar dari doa kristen untuk orang yang menyakiti kita singkat dan jelas sehingga bantu kita untuk bisa belajar dan menerapkan kasih yang dari hati dengan sesama, meskipun ia telah terbukti mengecewakan kita.

  • Tidak mendukakan roh kudus

Ciri orang yang merdeka dalam kristus, berarti juga tidak akan mendukakan roh kudus. Ini terlihat dari cara dia bertingkah laku, atau pun saat membuat keputusan yang menyangkut hidupnya. Mendukakan roh kudus, artinya bahwa seseorang tersebut mulai menghina Allah sehingga nama baik Allah tercemar. Seharusnya orang tersebut tahu cara bersekutu dengan roh kudus yang benar dalam ajarannya sehingga itu bisa bantu dia untuk tidak lagi mendukakan roh kudus, tapi merdeka dalam kristus.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Kristen