Daftar Raja Raja Israel dan Yehuda Berdasarkan Alkitab

Sepanjang sejarah, Kerajaan Israel telah menghasilkan cukup banyak raja-raja yang memiliki tahta di sana. Padahal, saat itu kerajaan Israel sempat mengalami perpecahan menjadi Kerajaan Israel Utara dan Kerajaan Israel Selatan atau lebih dikenal sebagai Yehuda.

Beberapa di antaranya merupakan seorang raja yang hebat dan juga memberikan pengaruh yang kuat terhadap rakyatnya. Akan tetapi, semenjak Kerajaan Israel terpecah, maka Kerajaan Yehuda hanya dipimpin oleh suku dari Yehuda saja. Untuk mengetahui siapa saja raja-raja Israel dan Yehuda berdasarkan Alkitab, berikut ulasannya.

1. Daud (1050-1010 SM)

Raja Daud merupakan raja pertama yang pernah dimiliki Kerajaan Israel dan Yehuda. Pencapaian terbaik Daud adalah saat dibagian militer. Saat itu, Daud berhasil mengalahkan bangsa Moab, Ammon, Amelak, Edom, dan juga raja-raja Hadadezer. Sejak saat itu, Daud menjadi sangat terkenal dan mendapatkan banyak simpatisan dari bangsa Israel.

Di dalam 1 Samuel 17:1-58 juga dituliskan bahwa Daud merupakan sosok berani yang berhasil mengalahkan pasukan Goliat. Sejak saat itu istilah “David VS Goliath” bermunculan hingga saat ini. semenjak Daud menjadi raja, israel benar-benar menajdi bangsa yang besar dan juga berjaya selama 40 tahun lebih. Hal itu juga tersirat dalam 2 Samuel 8:1-14.

2. Salomon bin Daud (1010-970 SM)

Setelah kepemimpinan Daud yang sangat Heroik lengser, langkah selanjutnya tahta raja diberikan ke ke anaknya yang bernama Salomon. Prestasi yang diberikan Salomon Saat itu adalah merebut kembali Aram dan Zoba. Hal tersebut diungkapkan pada surat 2 Taw 8.  Selain itu, prestasi lainnya adalah dapat mengambil emas di negeriOfir dari daerah Elat yang bekerja sama dengan Raja Tyre. Ditambah lagi, Salomon pernah menguasai daerah Efrat sampai mesir berdasarkan surat 2 Taw 9:26.

3. Rehabeam bin Salomon (930-913 SM)

Berikutnya adalah raja Rehabeam bin Salomon. Dia menjadi raja ketika usainya menyentuh 41 tahun dan juga telah memerintah Israel selama 17 Tahun. Beberapa kebijakan yang dilakukann Rehabeam adalah memperkuat kota Gat yang merupakan sebuah kota milik bangsa Fillistin. Hal tersebut tertuang pada 2 Taw 11:15-16.

4. Abiah bin Rehabeam (913-910 SM)

Bisa dikatakan Abiah merupakan raja yang singkat karena hanya memerintah selama tiga tahun saja, tidak banyak kisah yang dituliskan, namun ada satu momen yang masuk ke dalam sejarah. Momen tersebut adalah kemenangannya dalam berperang melawan kerajaan Israel di bawah Yerobeam.

5. Asa bin Abiah (910-869)

Asa bin Abiah memerintah selama 41 tahun. Saat itu, Asa merupakan raja yang cukup patuh pada Yahweh. Beberapa prestasinya antara lain berhasil menghentikan pelacuran bakti di daerah Yehuda. Hal tersebut tertulis pada 2 Raja 15:12. Ketika masa pemerintahannya masuk ke tahun 36, Asa mencoba membayar uang kepada raja yang bernama Benhadad bin Tabrimon bin Hezion untuk menyerang Israel.

6. Yosafat bin Asa (872-848 SM)

Raja selanjutnya adalah Yosafat yang sempat memerintah ketika usianya 35 tahun. Masa kebaktiannya selama 25 tahun saja. Yodafat memiliki aliansi dengan beberapa raja seperti Ahab dari Israel dana juga menikahkan anaknya yang bernama Yoram dengan anak dari Ahab yang bernama Athaliah. Bergabung dengan Ahab, mereka pernah memerangi raja Aram di daerah Ramot- Gelead. Sayangnya mereka dapat dikalahkan. Hal tersebut tertuang pada surat 2 Taw : 18. Pada masa Akhir hayatnya. Yosafat mengalami ancaman dari negeri Ammon dan juga Moab. Mereka bersatu untuk memerangi Yehudah dan emnyerang melalui Edom.

7. Yoram bin Yosafat (853-841 SM)

Selanjutnya raja berikutnya adalah Yoram yang memerintah selama 8 tahun saja. sayangnya masa pemerintahan Yoram cukup kelam karena saat itu, dia membunuh saudara-saudaranya lalu menikah dengan anak raja Israel yang bernama Atalya. Dia juga dikenal menyembah berhala sehingga seluruh negeri Yehudah memberontak Edom. Saat itu, banyak rakyat yang menuntut Yoram untuk di lengserkan.

Itulah beberapa daftar raja israel dan Yehuda berdasarkan Alkitab yang perlu diketahui. Anda juga sebaiknya perbanyak referensi sejarah Israel dengan memepelajari tokoh politik dalam Alkitab, dan juga sikap orang kristen terhadap politik. Dengan begitu, Anda dapat memahami apa saja karakter kristen sejati yang dapat dikembangkan. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat pada umat-umat semuanya.