Sponsors Link

Doa Kristen untuk Melunasi Hutang yang Wajib Umat Kristiani Ketahui

Sponsors Link

Manusia tidak diciptakan tanpa alasan. Allah memiliki tujuan yang begitu mulia dari penciptaan manusia. Secara garis besar, tujuan utama manusia diciptakan oleh Allah begitu sempurna adalah untuk memuliakan Allah. Allah rindu bahwa Bumi pun dapat dipenuhi oleh Kerajaan Sorga. Allah rindu kemuliaan Allah hadir memenuhi Bumi ini. Ada berbagai cara yang dapat manusia lakukan untuk memuliakan Allah. Namun, manusia adalah makhluk yang berdosa. Manusia tidak akan dapat memuliakan Allah dengan sempurna tanpa bantuan Allah sendiri. Oleh karena itu, sangat penting bagi manusia untuk tetap menjaga persekutuan pribadinya dengan Allah. Salah satu cara menjaga persekutuan pribadi kita dengan Allah adalah dengan senantiasa berdoa. Kita senantiasa mencari waktu yang tepat untuk berdoa Kristen.

Isi Doa Kristen untuk Melunasi Hutang

Ada berbagai tujuan manusia berdoa. Salah satu tujuan yang dilakukan adalah untuk memanjatkan permohonan kepada Allah. Hidup manusia memang tidak pernah lurus-lurus saja, pasti ada masalah yang dihadapi. Salah satu masalah yang dihadapi adalah masalah keuangan. Banyak orang bekerja keras agar dapat memiliki kondisi keuangan yang cukup. Namun, keinginan manusia belum tentu berjalan dengan baik. Masih banyak orang yang sudah bekerja keras, tetapi tetap kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, banyak orang kemudian memilih mencari pinjaman atau berhutang meskipun harus memenuhi hukum pembungaan uang dalam Kristen.

Kita tahu bahwa berhutang tidaklah menyelesaikan masalah dalam sekejap. Kita hanya menambah tanggung jawab kita selanjutnya, yaitu untuk melunasi hutang. Kita pun kembali tetap harus bekerja keras untuk melunasi hutang. Namun, sekali lagi, sebagai orang Kristen, kita tidak bisa hanya bekerja. Kita juga perlu berdoa, memohon pertolongan Tuhan. Kita pun berusaha terus memanjatkan doa Kristen untuk melunasi hutang. Ada hal penting yang perlu kita ingat saat ingin menaikkan doa Kristen untuk melunasi hutang. Kita tidak bisa hanya sekedar memanjatkan permohonan. Berikut beberapa isi doa Kristen untuk melunasi hutang yang penting kita mengerti.

  • Menyatakan ucapan syukur kepada Allah

Allah kita merupakan Allah yang pengasih. Ia selalu memberikan jalan kepada kita, anak-anak-Nya, untuk memenuhi kebutuhan kita. Meski kita merasakan beberapa kesulitan, ada saja berkat luar biasa yang Allah berikan kepada kita. Napas dan hari baru yang sudah Allah berikan kepada kita pun sudah menjadi berkat luar biasa. Kita sudah sepatutnya mengucak syukur kepada Allah. Oleh karena itu, kita harus mengawali doa kita dengan ucapan syukur. Kita juga dapat memulai doa kita dengan doa ucapan syukur menurut Kristen Protestan.

  • Menyatakan pengakuan dosa dan pertobatan

Meskipun Allah sudah memberikan berkat yang luar biasa, kita tetap manusia yang tidak dapat luput dari dosa. Allah hanya berkenan kepada anak-anak-Nya yang kudus di hadapan-Nya. Oleh karena itu, kita harus mengakui dosa-dosa kita. Sebisa mungkin, kita bersikap sejujur-jujurnya kepada Allah dan menyatakan apa yang sudah menjadi dosa kita. Namun, tidaklah cukup hanya sekedar menyatakan pengampunan dosa dalam Kristen. Lebih lagi, kita perlu menyatakan pertobatan kita kepada Allah. Pertobatan itu bukan hanya sekedar ucapan, tetapi harus sungguh-sungguh dari dalam hati kita.

  • Menyatakan permohonan kita tentang pelunasan hutang

Tentu saja kita tidak boleh lupa bahwa kita sedang memanjatkan doa Kristen untuk melunasi hutang. Kita perlu menyatakan kebutuhan kita bahwa kita butuh untuk melunasi hutang kita. Rendahkanlah diri kita bahwa kerja keras kita tidaklah cukup untuk melunasi hutang tersebut. Kita membutuhkan kasih Allah untuk membantu dan menolong kita. Nyatakan secara jujur kepada Allah apa yang telah kita kerjakan, seberapa banyak yang kita butuhkan, kapan tenggat waktunya. Tuhan memang Allah yang Maha Tahu, tetapi Ia senang dengan anak-anak yang bergantung sepenuhnya kepada Allah.

  • Menyatakan permohonan untuk orang lain

Kita hidup di tengah-tengah kehidupan bersama orang lain. Kita pun merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menunjukkan kasih kita kepada orang lain dengan ikut menyertakan mereka dalam doa kita. Kita dapat mendoakan keluarga kita yang terus mendukung pekerjaan kita. Kita dapat mendoakan kesehatan mereka dan agar mereka terus diliputi oleh kasih dari Allah. Baik pula bagi kita jika kita mau mendoakan orang yang telah memberikan pinjaman kepada kita.

Bagaimanapun ia telah menjadi orang yang membantu kita untuk memenuhi kebutuhan kita. Dengan mendoakannya, kita telah menerapkan hukum kasih dalam Alkitab. Itulah isi-isi yang perlu kita masukkan di dalam doa Kristen untuk melunasi hutang. Bagaimanapun kita ingat bahwa Allah tidak mementingkan bagaimana perkataan yang kita pakai. Hal yang terpenting adalah hati kita. Oleh karena itu, kita perlu menyiapkan hati dengan sungguh-sungguh sebelum memanjatkan doa tersebut.

Contoh Doa Kristen untuk Melunasi Hutang

Berikut adalah contoh doa Kristen untuk melunasi hutang sesuai isi yang telah dipaparkan:

Bapa, aku datang ke hadirat-Mu saat ini. Aku sungguh mengucap syukur ketika hari ini aku boleh ada di sini, menghadap Engkau, Bapa yang Maha Kuasa. Terima kasih karena Engkau sudah memberikan satu hari yang luar biasa. Terima kasih karena Engkau sudah memberikanku kesempatan baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Di dalam doaku ini, ya Bapa, aku mau menyatakan permohonan ampunku. Aku manusia yang berdosa, penuh dengan kedagingan. Aku datang kepada-Mu untuk memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah segala dosa-dosaku supaya aku tetap kudus di hadapan-Mu. Aku mau, ya Tuhan, belajar semakin serupa dengan-Mu. Berikanku Roh Kudus-Mu yang akan selalu menuntun dan menegurku.

Bapa, Engkau adalah Allah yang Maha Tahu. Engkau tahu pergumulanku saat ini yang sedang dililit hutang. Hutang itu aku ambil karena kebutuhanku yang penting, Bapa. Saat ini, hamba-Mu sedang bekerja keras, berusaha untuk melunasi hutang tersebut. Aku mau menjadi pribadi yang bertanggung jawab, Tuhan. Kiranya Engkau tuntun hamba-Mu. Berkati pekerjaanku, segala usahaku.Aku juga mau berdoa untuk segenap keluargaku yang tak hentinya mendukungku. Berikan mereka kesehatan, Bapa. Berkati mereka seperti Engkau memberkatiku dengan luar biasa. Berikan mereka kebijaksanaan, hati yang tidak lelah untuk mengasihiku ya, Bapa, karena aku pun mengasihi mereka. Engkau juga berkati kerabat yang telah memberikan pinjaman kepadaku.

Terima kasih karena Engkau telah memberikan mereka kasih hingga mau menolongku. Berkati ia berlimpah-limpah, Tuhan, penuhi segala kebutuhannya. Bapa, inilah doa kami. Kiranya Engkau berkenan untuk menggenapi doa kami. Terima kasih, Tuhan. Dalam nama-Mu, Yesus Kristus, aku berdoa dan mengucap syukur. Amin.

Itulah contoh doa Kristen untuk melunasi hutang. Doa ini bukanlah doa yang kaku. Kita perlu menyesuaikan doa ini dengan kebutuhan kita sendiri. Ketika berdoa, kita jangan terlalu terpaku dengan contoh yang ada. Tidak ada doa yang lebih baik dan kurang baik di mata Allah. Allah hanya melihat apa yang ada di dalam hati kita. Hal yang terpenting adalah kita hanya menerapkan cara berdoa dalam Roh. Kiranya segala kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Doa