Sponsors Link

Doa Kristen untuk Orang yang Akan Dioperasi dan Hal yang Harus Diperhatikan

Sponsors Link

Tubuh manusia adalah bait Allah. Tentu kita sering mendengar ungkapan ini. Ungkapan ini menunjukkan bahwa kita harus menjaga tubuh kita karena itu adalah milik Allah. Ungkapan ini juga menjadi tanda adanya hubungan iman dengan kesehatan tubuh. Namun, kita bukanlah manusia yang sempurna. Kita seringkali gagal untuk menjaga tubuh kita sehingga akhirnya kita jatuh sakit. Sakit pun saat ini ada beragam. Ada sakit yang ringan seperti flu, demam, batuk, dan pilek. Namun, ada pula sakit yang berat sehingga kita harus menerima perawatan khusus dari rumah sakit. Pada saat-saat inilah, kita terus mengingat ayat Alkitab kesembuhan orang sakit dan ayat Alkitab untuk orang sakit.

ads

Terkadang, penyakit yang kita alami pun membutuhkan tindakan lebih dari rumah sakit, seperti operasi. Banyak orang merasa khawatir dengan tindakan operasi. Sebelum melakukan tindakan operasi pun, dokter umumnya memberitahukan persentase peluang keberhasilan operasi. Untuk operasi-operasi besar dan sulit, biasanya peluangnya cukup kecil dan hal ini sering membuat pasien serta kerabat ketakutan.

Banyak kondisi yang terjadi ketika ingin mengambil keputusan untuk operasi. Tidak terhindarkan pula kondisi dimana pasien ingin sembuh, memberanikan diri untuk operasi, tetapi kita sebagai keluarga atau orang terdekat merasa ragu dan takut. Ketidakpastian keberhasilan operasi membuat kita takut operasi malah membuat kita kehilangan si pasien lebih cepat. Namun, kita harus ingat bahwa kita harus menghargai keputusan yang ingin diambil oleh sang pasien. Bagaimanapun, ia sendiri yang menghadapi penyakit tersebut.

Kita sebagai keluarga atau kerabat perlu untuk menghargai kepurusan tersebut. Jika si pasien sudah memutuskan untuk menerima tindakan operasi, kita pun harus dapat menerimanya. Sebagai orang Kristen, hal yang dapat kita lakukan adalah berserah. Kita perlu untuk berserah sepenuhnya kepada rencana Allah. Sadarlah bahwa hidup dan mati adalah hak Tuhan di dalam hidup seseorang. Sadarlah bahwa Tuhan tidak akan meninggalkan sang pasien sendirian. Ia akan turut hadir di dalam setiap tindakan yang diambil oleh tim dokter.

Salah satu bentuk berserah kepada Tuhan adalah dengan mengurapi pasien menggunakan simbol pengurapan orang sakit. Bentuk penyerahan lainnya berdasarkan ayat Alkitab tentang berserah adalah berdoa. Berdoa menunjukkan kebergantungan kita kepada Allah. Berdoa menunjukkan bahwa kita tidak bisa menjalankan sesuatu tanpa bantuan Allah. Ketika kita berdoa, kita pun harus menaikkan doa yang dikehendaki oleh Allah, terutama ketika kita menaikkan doa Kristen untuk kelancaran operasi. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita menaikkan doa Kristen untuk orang yang akan dioperasi sebagai berikut.

  1. Bersyukurlah karena Allah sudah memberikan penyertaan yang luar biasa sejauh ini kepada sang pasien. Ketika penyakit mulai memasuki dirinya, ketika ia mulai merasa badannya lemah, tapi Tuhan tetap menyertai hingga saat ini, saat sebelum dioperasi. Ingatlah tentang arti bersyukur dalam Alkitab.
  2. Bersyukurlah karena Allah masih boleh menunjukkan jalan kesembuhan. Kita memang tidak akan pernah tau apa hasil akhir dari operasi tersebut. Namun, operasi menjadi sebuah usulan, sebuah sarana untuk memperoleh kesembuhan. Oleh karena itu, bersyukurlah karena Allah masih memberikan opsi untuk sembuh.
  3. Bersyukurlah karena kita masih memiliki kasih untuk sang pasien. Bersyukur karena kita masih memiliki kerinduan untuk mendoakannya. Bersyukur karena masih ada kita dan orang lainnya yang mau menyatukan hati untuk kesembuhannya.
  4. Nyatakanlah seluruh kerinduan kita kepada Tuhan. Mintalah kesembuhan kepada Tuhan. Mintalah kelancaran selama operasi. Mintalah kekuatan bagi si pasien untuk menghadapi operasi itu. Tidak lupa juga, mintalah kepintaran, kecerdasan, dan kelancaran bagi setiap tim dokter dalam menjalankan tindakan operasi tersebut.
  5. Berserahlah kepada rencana Allah. Allah kita adalah Allah yang Maha Kuasa. Ia memiliki rencana besar di balik segala tindakan-Nya. Oleh karena itu, percayakan apapun hasilnya kepada Allah dan minta kepada Allah untuk membuat kita mengerti dan paham akan apapun hasil yang akan kita terima.

Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan saat menaikkan doa Kristen untuk orang yang akan dioperasi. Inti ketika kita menaikkan doa Kristen untuk orang yang akan dioperasi ini adalah kesungguhan hati kita. Curahkanlah segala isi hati kita kepada-Nya dan ingatlah kebaikan yang sudah Tuhan berikan kepada kita.

Doa Kristen untuk Orang yang Akan Dioperasi

Sponsors Link

Kita pun terkadang masih sering bingung bagaimana menyatakan isi hati kita. Kita merasa tidak mampu berkata-kata dan tidak mampu merangkai doa Kristen untuk orang yang akan dioperasi. Sebagai awal, bacalah contoh doa Kristen untuk orang yang akan dioperasi berikut ini.

Bapa di Surga, aku sungguh mengucap syukur untuk hari ini yang telah Engkau berikan dengan luar biasa untukku. Aku sungguh mengucap syukur kalau masih Engkau berikan sukacita dan kesehatan yang begitu baik bagi hamba-Mu ini. Pada saat ini, ya Bapa, di momen yang khusus ini, aku mau berdoa untuk saudaraku. Bapa, Engkau yang paling tahu bagaimana kondisi saudaraku saat ini. Aku begitu terpukul ketika pertama kali mendengar berita sakitnya. Tapi, aku sungguh mau mengucap syukur karena sampai saat ini Engkau masih menyertainya, memberikan kekuatan kepadanya untuk terus melawan penyakit tersebut. Aku juga mau bersyukur ketika Engkau masih memberikan keluarganya, teman-temannya, dan juga aku di sekitarnya. Aku mengucap syukur untuk setiap kasih yang kami miliki yang boleh kami bagikan dengannya.

Tuhan, aku pun mau mengucap syukur karena Engkau masih memberikan jalan kesembuhan baginya melalui tindakan operasi. Aku tahu, ya Tuhan, peluang keberhasilan operasi tidaklah 100%. Namun, ketika kami menerima tindakan ini, aku berserah penuh pada rencana-Mu, ya Tuhan. Sekiranya Engkau berkehendak, kiranya Engkau memberikan kesembuhan dan keberhasilan dalam operasi ini. Berkatilah saudaraku ini. Senantiasa kiranya Kau berikan kekuatan baginya untuk menghadapi operasi ini. Sertai dia terus, ya Bapa, seperti Engkau juga menyertai setiap tim dokter yang ikut bertindak dalam operasi ini. Berikan mereka kecerdasan, ketelatenan agar operasi ini dapat berjalan dengan lancar.

Tuhan, ini doa ku. Aku mau serahkan operasi ini sepenuhnya ke dalam tangan-Mu. Biar rencana-Mu saja yang terjadi karena rencana-Mu adalah rencana yang indah dan bukan rencana kecelakaan. Terima kasih ya, Tuhan, dalam nama-Mu, aku berdoa dan mengucap syukur. Amin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Doa