Sponsors Link

3 Doa Kristen Untuk Orang Yang Membenci Kita Singkat, Jelas, dan Mudah Diucapkan

Sponsors Link

Dalam kehidupan sering kali sulit untuk mengucapkan doa Kristen untuk orang yang membenci kita. Tentunya cara berdoa yang benar bagi orang yang mencintai dan mengasihi kita sangat mudah. Namun tidak mudah sama sekali jika sedang merasa marah dan dongkol pada seseorang kemudian harus mendoakan yang terbaik bagi orang tersebut. Tentunya hal ini wajar saja jika dialami, akan tetapi sebaiknya lakukanlah cara bertobat orang Kristen dan mohon ampun atas perbuatan tersebut. Hal ini supaya dapat membantu untuk mengingat kebaikan orang lain. Sehingga pada akhirnya lebih mudah untuk menaikkan doa Kristen untuk orang yang membenci kita sehingga kehidupan kita penuh damai sejahtera.

ads

1. Doa Pribadi/Sehari-Hari

Berikut ini contoh cara berdoa dalam Roh yang bisa didoakan sehari-hari bagi orang lain yang membenci kita. Sebaiknya lakukan saat malam hari sebelum tidur, atau yang paling baik yaitu saat melakukan saat teduh. Sehingga doa lebih terarah dan fokus sehingga apa yang kita nyatakan untuk mereka yang membenci kita benar-benar akan didengarkan oleh Allah.

“Allah Bapa yang bertahta di Kerajaaan Surga, aku mohon kasih karuniaMu di dalam hidupku. Terutama supaya memampukan aku untuk bisa mengampuni orang lain yang bersalah padaku, seperti Engkau mengampuni semua orang yang telah membenci Engkau. Ya Bapa, berikan aku kekuatan untuk memberikan maaf dan sanggup mendoakan yang terbaik bagi setiap orang yang membenciku. Biarkan hanya karena kasih karuniaMu saja, maka mereka yang membenci aku akan memperoleh hikmat dan kebijaksanaan daripada Engkau. Biarkan hati mereka tidak lagi diliputi oleh rasa benci, namun berubah menjadi mengasihi, seperti Engkau mengajarkan kami untuk saling mengasihi satu dengan yang lain. Terima kasih Ya Bapa, biarlah doa ini kami panjatkan hanya di dalam namaMu yang kudus, Amin.”

2. Doa Persekutuan

Selanjutnya dapat pula berdoa dengan bersama-sama dalam suatu persekutuan doa antar wilayah. Umumnya dengan demikian maka dapat saling menguatkan satu dengan yang lain. Biarkan pimpinan peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya bekerja dan membimbing perkataan doa kita semua. Berikut isi doa tersebut.

“Ya Allah, terima kasih Tuhan atas kesempatan kami yang dapat berkumpul bersama pada hari ini. Ya Allah, Bapa kami di dalam surga, saat ini kami bersama-sama berdoa untuk orang-orang yang membenci kami di luar sana. Kami mohon, supaya Engkau memberikan kami kekuatan untuk menghadapi hari-hari kami tersebut. Bawa kami mendekat kepadaMu, supaya kami sanggup untuk lebih tegar dan memaafkan semua orang yang berlaku benci kepada kami. Biarkanlah mereka juga mendapatkan kasih karuniaMu, sehingga merasakan cinta kasihMu yang besar dan terbebas dari rasa marah ataupun benci. Ajarkan mereka untuk bisa memaafkan dan mengampuni, sehingga bebas dari rasa benci dan tidak kehilangan damai sejahtera di hidup mereka. Namun hidup mereka akan dipenuhi rahmat dan karuniaMu, sehingga merasakan kebahagiaan yang ada di dalam Engkau dan dalam pengakuan iman akan Engkau. Terima kasih ya Bapa atas kasih setiaMu yang besar, semoga melalui doa ini, kami dapat lebih mengasihi sesama kami, termasuk mereka yang membenci kami. Amin.”

3. Doa Syafaat

Yang terakhir yaitu bisa didoakan melalui doa syafaat. Dimana doa ini merupakan doa yang dipanjatkan bersama-sama sebagai rasa tanggung jawab jemaat terhadap gereja sehingga dapat saling mendoakan antara satu jemaat gereja dengan jemaat yang lainnya. Dalam doa ini bisa saja kita sisipkan doa untuk mereka yang kita benci, sehingga hati kita merasa lebih baik dan penuh damai. Berikut ini doa yang dapat ditiru untuk didoakan pada liturgi atau ibadah sebagai doa syafaat.

“Allah Bapa Kami, puji syukur kami naikkan kehadiratMu, atas kasih dan karunia yang telah Engkau berikan bagi umatMu di tempat ini. Ya Bapa, ajar kami berlaku bijaksana, terutama bagi mereka yang membenci kami sejak lama. Bukakan pintu hati dan mata mereka, supaya dapat melihat kebaikan yang Engkau berikan dan beralih dari rasa benci menjadi syukur. Ya Allah Bapa Kami, kami mohon supaya Engkau juga memberikan kami kekuatan supaya kami dapat menghadapi orang lain yang membenci kami dengan penuh kasih sayang. Ajar kami untuk tetap mampu mengampuni dan berikan kami kekuatan untuk memaafkan. Tak terkecuali bagi seluruh bangsa kami, berikan kepada seluruh umat di negeri ini supaya bebas dari perkara amarah dan benci kepada sesamanya. Terima kasih ya Tuhan, hanya di dalam namaMu kami telah berdoa dan mengucap syukur, Amin.

Itulah beberapa doa Kristen untuk orang yang membenci kita sehingga hidup dan pikiran kita lebih jernih dan aman. Sebaiknya jangan sampai memiliki perseteruan dengan orang lain. Oleh sebab itu hindari perdebatan supaya tidak memicu pertengkaran dan saling benci. Apalagi jika hal tersebut pada akhirnya bisa mendatangkan contoh perbuatan dosa dalam Kristen. Sehingga dengan demikian maka senantiasa hidup kita diliputi damai dan ketenangan. Selain itu hal ini dapat membawa kita menjadi contoh perilaku sebagai terang dan garam dunia karena menyatakan hal yang baik bagi sesama kita di dunia.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Doa