Sponsors Link

Doa Kristen untuk Perpuluhan dan Contoh yang Baik

Sponsors Link

Setiap Minggu kita pergi ke gereja, mungkin kita sudah hapal unsur-unsur liturgi gereja. Setiap gereja selalu memberikan kesempatan untuk memberikan persembahan setiap minggu sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah. Selain persembahan yang biasanya sudah kita berikan, gereja juga menawarkan beberapa amplop persembahan khusus. Banyak dari kita yang mungkin tidak sadar akan keberadaan persembahan khusus.

ads

Persembahan khusus biasa dipakai untuk beberapa kondisi tertentu, seperti persembahan khusus untuk membantu korban bencana. Namun, ada juga persembahan khusus yang rutin disediakan yaitu perpuluhan. Arti persepuluhan atau perpuluhan adalah persembahan yang diberikan setiap bulan berupa sepersepuluh dari penghasilan yang kita terima. Perpuluhan biasa diberikan sebagai rasa syukur atas penghasilan yang sudah kita terima dan kita mengembalikannya kepada Allah.

Ketika kita mengerti tentang perpuluhan, sudah sepatutnya kita belajar untuk memberikan perpuluhan setiap bulannya. Namun, kita tidak bisa hanya sekedar memberikannya. Perpuluhan bukanlah uang untuk melakukan transaksi. Kita harus menyatakan doa kita untuk perpuluhan yang telah kita berikan. Sebelum memberikan perpuluhan merupakan waktu yang tepat untuk berdoa Kristen untuk perpuluhan.

Isi Doa Kristen untuk Perpuluhan

Doa merupakan cara kita berkomunikasi dengan Allah. Allah bukanlah tempat sampah bagi keluhan-keluhan kita. Allah kita memiliki kuasa yang begitu besar dan Ia pakai kuasa itu untuk memberkati dan menyertai kita. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita berdoa dengan baik, tidak hanya sekedar menyampaikan permintaan sebagai cara doa dikabulkan menurut Kristen. Berikut isi doa Kristen untuk perpuluhan.

  • Mengakui kemahakuasaan Allah
  • Mengucap syukur atas berkat yang sudah kita terima
  • Mengakui segala dosa kita
  • Menyatakan permohonan doa kita terutama atas perpuluhan
  • Menyatakan permohonan kita untuk orang di sekitar kita
  • Melakukan penyerahan sepenuhnya kepada Allah

Itulah beberapa isi doa Kristen untuk perpuluhan. Kita dapat mengerti bahwa kita tidak hanya berdoa untuk perpuluhan yang kita berikan, tetapi kita benar-benar menunjukkan rasa hormat kita kepada Allah di dalam doa. Kita bahkan juga menyatakan doa ucapan syukur menurut Kristen Protestan. Meski ada banyak isi di dalam doa Kristen untuk perpuluhan, kita tidak perlu bertele-tele. Sampaikan apa yang memang kita mau sampaikan dengan padat dan jelas. Kita bukan sedang mau merayu Allah, tetapi kita ingin bercerita, berbicara dengan Allah.

Contoh Doa Kristen untuk Perpuluhan            

Setelah melihat isi doa Kristen untuk perpuluhan, mungkin banyak dari kita yang kemudian bingung. Kita bingung bagaimana cara berdoa yang benar. Berikut contoh doa Kristen untuk perpuluhan.

Bapa di dalam Sorga, aku sungguh mengucap syukur kalau hari ini aku masih bisa menghadap Engkau. Bapa, Engkau lah Allah pemilik Bumi ini. Segala yang ada di dunia ini, segala yang ku miliki, hanya berasal dari pada-Mu saja. Engkau Allah yang penuh kasih, Engkau Allah yang penuh dengan kekudusan. Aku kagum pada-Mu, Bapa. Aku hormat dengan segala kemahakuasaan-Mu di dalam hidupku. Aku mengucap syukur ketika dengan segala kuasa-Mu, Engkau menyertai ku dengan begitu luar biasa. Aku masih bisa bernapas saat ini, mengerjakan apa yang menjadi tugas tanggung jawabku. Aku bersyukur ketika masih diberikan kesehatan dan sukacita. Aku bahkan lebih lagi bersyukur ketika Engkau masih berikan aku kesempatan untuk memberikan perpuluhan ini.

Ya, Bapa, aku tau aku hanyalah manusia yang berdosa dan penuh dengan keterbatasan. Dengan segala dosa ku, aku tidaklah layak menghadap Engkau yang Maha Kudus. Namun, aku tahu ya, Bapa, bahwa kasih-Mu begitu besar bagi ku. Ampuni dosa-dosaku ya, Bapa. Ampuni hamba-Mu ini ketika tidak mampu bertindak sesuai dengan kehendak-Mu. Berikan Roh Kudus-Mu yang akan selalu menuntunku berjalan di jalan-Mu. Saat ini, ya, Bapa, aku ingin memberikan perpuluhan. Aku bersyukur ketika Engkau telah memenuhi segala kebutuhan ku. Inilah bagian dari ku, Tuhan, untuk menyatakan kemuliaan-Mu di Bumi ini. Kiranya Engkau berkenan menerima perpuluhan ini. Mungkin jumlah perpuluhan ini tidak seberapa, tetapi lihatlah hatiku, Tuhan. Aku dengan tulus dan ikhlas mau memberikan-Nya untuk Engkau pakai memperluas Kerajaan-Mu di dunia ini.

Sponsors Link

Engkau berkati juga, Tuhan, setiap orang yang akan mengelola perpuluhan ini. Berikan mereka hikmat dan kebijaksanaan. Berikan mereka juga semangat untuk terus melayani Engkau. Kalau perpuluhan ini dapat membantu mereka di dalam pelayanannya, pakai perpuluhan ini, ya Tuhan. Tuhan, inilah segala doa dan permohonan ku. Kiranya Engkau berkehendak mendengarkan doa ku. Jadilah kehendak-Mu di dalam hidup ku dan bukan kehendakku. Aku percaya bahwa jalan-Mu adalah yang terbaik untuk ku. Terima kasih, Bapa. Aku berdoa di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, Juruselamat ku yang hidup. Amin.

Itulah contoh doa Kristen untuk perpuluhan. Doa ini akan terlihat panjang ketika kita hanya sekedar menirukannya tanpa mengenal terlebih dahulu apa isi hati kita. Ingatlah bahwa doa ini hanyalah sebuah contoh dan bukan isi doa yang mutlak. Ketika kita mau berdoa, terlebih dahulu kenalilah hati kita. Siapkan hati kita untuk sungguh-sungguh berbicara kepada Allah.

Ketika hati kita siap, kita akan tahu apa yang hendak kita katakan. Doa tidak akan pernah terasa singkat ketika kita sungguh-sungguh rindu berbicara kepada Allah. Oleh karena itu, berdoalah dengan hati yang penuh kerinduan dan sukacita. Selain itu, ingatlah selalu untuk meletakkan iman kita sepenuhnya kepada Allah. Kita percaya bahwa kehendak Allah lah yang terbaik untuk hidup kita. Kiranya segala kemuliaan bagi nama Allah. Tuhan memberkati.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Doa