Sponsors Link

4 Doa Meminta Keturunan di Dalam Alkitab Yang Dikabulkan Allah

Sponsors Link

Ada banyak ayat di Alkitab yang menuliskan tentang berbagai macam doa. Salah satunya yaitu doa meminta keturunan di dalam Alkitab. Hal ini merupakan poin yang wajar, karena ada beberapa kisah di Alkitab yang menceritakan tentang tokoh-tokoh Alkitab yang dikisahkan rindu akan kehadiran keturunan atau anak di tengah keluarganya. Berawal dari hal tersebut, maka mereka meminta kepada Allah supaya diberikan anak atau keturunan. Dari sini, apabila ingin tahu secara lebih lengkapnya, simak berikut ini beberapa doa meminta keturunan di dalam Alkitab yang sering kita dengarkan dalam khotbah para pendeta di gereja.

1. Doa Abraham

Kejadian 15:2-3 “Abram menjawab: “Ya Tuhan ALLAH, apakah yang akan Engkau berikan kepadaku, karena aku akan meninggal dengan tidak mempunyai anak, dan yang akan mewarisi rumahku ialah Eliezer, orang Damsyik itu.” Lagi kata Abram: “Engkau tidak memberikan kepadaku keturunan, sehingga seorang hambaku nanti menjadi ahli warisku.”

Dari ayat di atas, Abraham berdoa meminta belas kasih Allah supaya ia beroleh keturunan di dalam keluarganya. Dengan cara berdoa yang benar dan melalui permohonan tersebut Abraham berdoa secara tidak langsung supaya bisa memperoleh anak melalui istrinya, Sara.

2. Doa Rahel

Kejadian 30:6 “Berkatalah Rahel: “Allah telah memberikan keadilan kepadaku, juga telah didengarkan-Nya permohonanku dan diberikan-Nya kepadaku seorang anak laki-laki.” Itulah sebabnya ia menamai anak itu Dan.”

Kejadian 30:22-24 “Lalu ingatlah Allah akan Rahel; Allah mendengarkan permohonannya serta membuka kandungannya. Maka mengandunglah Rahel dan melahirkan seorang anak laki-laki. Berkatalah ia: “Allah telah menghapuskan aibku. Maka ia menamai anak itu Yusuf, sambil berkata: “Mudah-mudahan TUHAN menambah seorang anak laki-laki lagi bagiku.”

Selanjutnya pada ayat di atas, Rahel yang merupakan istri Yakub juga pernah memohon meminta keturunan pada Allah. Terutama karena dia saat itu mandul dan tidak dapat memperoleh anak. Namun kemudian pada akhirnya Allah mendengarkan doanya dan memberikan anak pada Rahel. Dari sini tentu kita bisa belajar akan prinsip kasih tentang Alkitab yang diberikan Allah yang mencintai umatNya sehingga memberikan berkat yang terbaik. Karena itu sepatutnya kita bersyukur atas kasih karunia tersebut. Karena janji Allah selalu ya dan amin, termasuk saat kita berdoa minta kehadiran seorang anak di tengah keluarga kita. Tentunya Tuhan akan mempertimbangkan keinginan umatNya tersebut.

3. Doa Lea

Kejadian 29:32-35 “Lea mengandung, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Ruben, sebab katanya: “Sesungguhnya TUHAN telah memperhatikan kesengsaraanku; sekarang tentulah aku akan dicintai oleh suamiku.” Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: “Sesungguhnya, TUHAN telah mendengar, bahwa aku tidak dicintai, lalu diberikan-Nya pula anak ini kepadaku.” Maka ia menamai anak itu Simeon. Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: “Sekali ini suamiku akan lebih erat kepadaku, karena aku telah melahirkan tiga anak laki-laki baginya.” Itulah sebabnya ia menamai anak itu Lewi. Mengandung pulalah ia, lalu melahirkan seorang anak laki-laki, maka ia berkata: “Sekali ini aku akan bersyukur kepada TUHAN.” Itulah sebabnya ia menamai anak itu Yehuda. Sesudah itu ia tidak melahirkan lagi.”

Dalam kisah di atas diceritakan bagaimana Lea terus menerus berdoa kepada Allah supaya dapat memperoleh keturunan. Terutama karena Lea kurang dikasihi oleh Yakub pada mulanya, sehingga Tuhan memilih untuk memberikan Lea keturunan. Dalam hal ini membuktikan bahwa kasih Allah pada semua orang yang benar di hadapanNya adalah adil. Sehingga doa yang dinaikkan juga akan sangat mungkin untuk dikabulkan. Oleh sebab itu selalu percaya dengan firman dan peranan Roh Kudus dalam gereja. Penuhi segala ketetapan Allah sehingga apa yang kita minta bisa diberikan. Termasuk doa meminta keturunan di dalam Alkitab yang ditujukan oleh banyak tokoh dalam Alkitab kepada Tuhan.

4. Doa Zakharia dan Elizabeth

Lukas 1:13 “Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: “Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes.”

Kemudian di Perjanjian Baru juga dikisahkan doa yang dinaikkan oleh Zakharia dan Elizabeth ternyata telah didengarkan pula oleh Tuhan. Sehingga pada akhirnya di masa tuanya Elizabeth yang tadinya mandul dapat memperoleh keturunan. Oleh sebab itu sebaiknya jangan pernah merasa berkecil hati dan tetap naikkan permohonan doa kita kepada Tuhan. Karena mujizat Tuhan Yesus sanggup melakukan semua perkara termasuk memberikan keturunan yang awalnya tidak mungkin menjadi mungkin.

Itulah beberapa doa meminta keturunan di dalam Alkitab yang sering kali difirmankan oleh hamba Allah pada saat kebaktian atau misa di gereja. Hal tersebut tentu bertujuan untuk menguatkan hati para umat Kristen yang telah lama berdoa dan merindukan kehadiran seorang anak dalam keluarga mereka. Oleh sebab itu jangan pernah menyerah untuk bertekun dalam Tuhan. Percaya pada pimpinan tujuan karunia Roh Kudus dan minta Tuhan untuk memberi kekuatan seperti Tuhan menguatkan para tokoh Alkitab yang berdoa memohon anak bagi mereka. Tentu cara doa dikabulkan menurut iman Kristen yang baik akan didengar oleh Allah dan diberikan hasil yang terbaik menurut kehendakNya, amin!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Doa