Sponsors Link

Doa Persiapan Pemberkatan Nikah yang Wajib Dicoba dan Diketahui Umat Kristiani

Sponsors Link

Pemberkatan nikah merupakan prosesi yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan pengantin. Tentu sebelum melewati pemberkatan nikah, pasangan perlu melalui proses panjang. Mulai dari mempelajari prinsip dasar pernikahan Kristen, memenuhi persyaratan menikah menurut Kristen, memenuhi syarat menikah di HKBP, konseling pra nikah, hingga janji pernikahan Kristen. Pemberkatan nikah dapat menjadi gerbang pasangan pengantin dalam melepas masa lajangnya. Tak heran jika pemberkatan nikah sering dirayakan dengan meriah. Setiap kebudayaan juga memiliki caranya sendiri dalam melakukan pemberkatan nikah. Perlu diingat bahwa prosesi ini tetap harus memerhatikan ayat Alkitab tentang pernikahan Kristen. Perasaan bahagia sering menghampiri para pengantin yang akan melalui pemberkatan nikah. Oleh karena itu, jika saatnya tiba, kita patut bersyukur kepada Tuhan atas karunia dan nikmat-Nya. Salah satu cara kita bersyukur adalah dengan berdoa.

Doa Persiapan Pemberkatan Nikah

Orang Batak (Toba) punya kebiasaan tersendiri dalam melangsungkan pesta pernikahan. Sebelum mereka berangkat ke gereja untuk menerima pemberkatan bagi ke dua mempelai pengantin, biasanya kedua mempelai beserta keluarga pengantin berkumpul di rumah si pengantin terlebih dahulu.

1. Selanjutnya doa akan dipanjatkan yang dipimpin oleh paman (Tulang) dari pihak pengantin laki-laki. Doanya kurang lebih adalah sebagai berikut:

“Tuhan Yesus Kristus anak Allah yang bertahta di kerajaan Surga. Kami mengucap syukur, pada pagi hari ini kami keluarga kedua mempelai dapat berkumpul bersama di tempat ini. Tuhan, saat ini kami hendak berangkat ke dalam Baitmu, Gereja yang kudus untuk memohon kepada-Mu pemberkatan pernikahan bagi anak kami (Sebut nama pengantin laki-laki dan pengantin perempuan beserta marganya). Engkaulah yang menyertai kami di perjalanan maupun di dalam gereka. Kiranya acara ibadah pemberkatan anak kami dapat berjalan dengan lancar. Kiranya Tuhan merestui dan menerima hubungan anak kami menjadi sepasang suami istri. Sepasang suami istri yang takut akan Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan mengucap syukur, Amin.

2. Jika doa di atas biasa diucapkan oleh orang Batak, doa berikut ini ditujukan untuk kalangan umum. Mengutip dari “Doa Pernikahan untuk Kedua Pengantin” karya Dr. Louis H. Evans, berikut adalah bunyi doanya.

Bapa di Surga, terima kasih untuk suami ini, (sebut namanya), dan istri (sebut namanya), dan komitmen mereka untuk pernikahan Kristen. Selagi kami memandang ke depan, kami berdoa agar masa depan mereka tidak akan pernah kekurangan keyakinan yang membuat suatu pernikahan kuat. Berkatilah suami ini, (sebut namanya). Berkatilah dia sebagai penyedia dan pelindung. Dukunglah dia dalam semua tekanan yang datang bersama tugas mengurus suatu keluarga. Semoga dia menjadi sedemikian hidup sehingga istriny bisa menemukan dalam dirinya surga yang benar-benar dirindukan oleh hati seorang wanita. Berkatilah istri ini, (sebut namanya). Berikanlah dia kelembutan yang membuatnya hebat, suatu indera pemahaman yang mendalam, dan suatu iman yang kuat di dalam-Mu. Berikanlah dia kecantikan batin dari suatu jiwa yang tidak pernah memudar itu, kemudaan kekal yang ditemukan dalam berpegang teguh pada hal-hal yang tidak pernah dimakan usia. Semoga dia menjadi begitu hidup sehingga suaminya berkenan untuk menghormati dia di dalam kuil hatinya.

Itulah beberapa doa persiapan pemberkatan nikah. Selain sebuah pengharapan, berdoa juga dapat menjadi ungkapan rasa syukur kita terhadap Tuhan. Oleh karenanya, di momen yang paling membahagiakan dalam hidup seperti pernikahan, berdoa tidak boleh sampai dilupakan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Doa