Sponsors Link

Gereja Anak Allah: Asal Usul, Aliran Ajarannya, dan Larangannya

Sponsors Link

Sebagai umat Kristen, bisa jadi beberapa kali kita mendengar adanya berbagai macam gereja. Namun, mungkin kita juga kurang memahami akan adanya Gereja Anak Allah, termasuk asal usul, aliran ajarannya, dan larangannya. Tidak mengherankan, karena tercatat jumlah gereja hingga saat ini cukup banyak di Indonesia. Setiap gereja juga memiliki aliran dan karakteristik ajaran atau doktrin masing-masing. Misalnya saja perbedaan gereja karismatik dengan protestan. Sehingga ada kalanya umat Kristen merasa bingung akan berapa banyak jenis gereja yang berdiri di Indonesia, termasuk gereja yang satu ini. Oleh sebab itu, jika ingin tahu lebih lanjut mengenai Gereja Anak Allah: asal usul, aliran ajarannya, dan larangannya, sebaiknya simak informasi menarik yang berkaitan dengan hal tersebut berikut ini.

ads

Asal Usul Gereja Anak Allah

Hal pertama yang menarik untuk diikuti yaitu asal usul gereja tersebut. Sering kali jika bertanya pada umat Kristen di Indonesia, belum tentu mengetahui sejarah gereja yang satu dengan yang lain. Demikian pula asal usul atau sejarah Gereja Anak Allah. Oleh sebab itu berikut ini beberapa cerita mengenai asal terbentuknya gereja tersebut beserta runtutan pendirian dan berjalannya ibadah pada Gereja Anak Allah. Gereja ini sebenarnya merupakan salah satu aliran baru dan banyak juga dikenal dengan sebutan Children of God. Berawal dari gerakan yang terjadi pada tahun 1960, Gereja Anak Allah terus mengembangkan sayapnya di berbagai wilayah di dunia dimulai dengan Amerika dan seputar Eropa.

Namun seiring waktu berjalan, rupanya gereja tersebut lekat dengan sekte yang ternyata tidak sejalan dengan firman Allah di Alkitab. Sehingga pada akhirnya di tahun 1984, Indonesia resmi menyatakan bahwa aliran sesat dalam agama Kristen atau ajaran Children of God ini dilarang. Meskipun kemudian pada tahun 2004 gereja tersebut berganti nama dengan sebutan Keluarga Internasional. Namun tetap saja doktrin yang diutamakan dalam gereja tersebut tetap sama. Oleh sebab itu gereja mengategorikan gereja ini sebagai aliran sesat yang tidak sesuai inti ajaran Kristen yang sesungguhnya.

Aliran Ajaran Gereja Anak Allah

Gereja Anak Allah tersebut memiliki aliran yang mempercayai beberapa hal yang berbeda dengan firman Allah. Pada doktrin gereja tersebut mempercayai akan pentingnya Hukum Kasih. Akan tetapi pada hal tersebut berbeda dengan prinsip kasih tentang Alkitab. Karena pada ajaran Gereja Anak Allah,  kasih ini juga ditekankan pada hubungan seksualitas. Sehingga antara anggota gereja yang satu dengan yang lain boleh melakukan hubungan seksual sebagai tanda berbagai akan kasih. Hal inilah ajaran yang tidak sesuai dengan kehendak Allah. Dalam prinsip gereja ini, jika anggota gereja mereka tidak mau berbagai hubungan seksualitas, maka dianggap melanggar ayat Alkitab tentang orang egois dan tidak menjalankan prinsip kasih yang mereka utamakan. Oleh sebab itu, di poin ini dunia terutama umat Kristen menganggap bahwa aliran tersebut sesat dan ajaran yang diberikan juga tidak sesuai.

Padahal kasih yang dimaksud Allah adalah kasih yang kudus dan mengasihi sesama artinya mau memberikan pertolongan tanpa pandang bulu atau tanpa memikirkan kepentingannya sendiri. Namun seksualitas dan perzinahan ini merupakan hal yang berbeda dengan prinsip kasih yang diterapkan Allah. Karena dari sudut pandang manapun, Alkitab melarang adanya perzinahan yang dilakukan dan tegas memberikan batasan akan hukum perzinahan menurut Alkitab bagi seluruh umat Kristen di dunia. Sedangkan apa yang diterapkan oleh Gereja Anak Allah tersebut bisa dikategorikan perzinahan, mana kala melakukan hubungan seksual tanpa ikatan pernikahan yang kudus dan berbagai hubungan seksual dengan orang lain yang bukan istri atau suami yang Tuhan sahkan. Hal tersebut karena Gereja Anak Allah beranggapan bahwa kasih yang diajarkan oleh Allah adalah semata-mate berupa hubungan seksual.

Larangan Gereja Anak Allah

Tentunya selain mengajarkan doktrin yang tidak tepat, Gereja Anak Allah juga mengajarkan beberapa larangan yang tidak sesuai dengan firman. Beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan oleh anggota jemaat gereja tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Melarang homoseksualitas, karena hal tersebut dianggap sebagai kekejian bagi seluruh anggota gereja tersebut. Sehingga hubungan seksual sesama jenis adalah hal yang tidak diperbolehkan.
  • Tidak memperbolehkan hubungan seks antara anak-anak dan orang dewasa. Sehingga yang mereka tekankan bahwa hubungan seksual hanya boleh dilakukan oleh orang yang sama-sama dewasa. Atau bisa juga dilakukan oleh remaja yang telah berusia 16 tahun ke atas.
  • Gereja ini juga melarang pemaksaan hubungan seksual. Bagi mereka hubungan seksual tetap harus didasari pada keinginan kedua belah pihak yang tidak dipaksakan. Sehingga sebaiknya harus atas kemauan bersama.

Itulah beberapa informasi tentang Gereja Anak Allah: asal usul, aliran ajarannya, dan larangannya. Bagi umat Kristen, tentunya cukup penting untuk memahami berbagai macam aliran dan doktrin gereja yang ada di Indonesia. Sehingga dapat memastikan mana yang sesuai dengan pemikiran dan pilihan yang diinginkan. Ada baiknya lakukan cara berdoa dalam roh terlebih dahulu dan minta pimpinan tujuan karunia Roh Kudus sebelum memutuskan hendak memilih berjemaat dimana. Dengan demikian maka iman kita bisa bertumbuh maksimal di tempat yang kita dan Tuhan kehendaki.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Gereja