Sponsors Link

17 Gereja Tertua Di Dunia Yang Paling Bersejarah

Sponsors Link

Bagi umat kristen, Gereja merupakan salah satu hal yang paling penting. Hal ini dikarena kan bahwa gereja menurut alkibat dan firman tuhan adalah sebagai tubuh Kristus. Hal ini mulai di sebutkan Yesus Kristus sebagai salah satu perintah terakhir Nya untuk kepada semua murid murid Nya yang kemudian menjadi rasul – rasul Ksristus. Dalam Kitab I Korintus pasal 1 ayat 2 rasul paulus menyatakan sebagai berikut, “Kepada jemaat Allah di Korintus, yaitu mereka yang dikuduskan dalam Kristus Yesus dan yang dipanggil menjadi orang-orang kudus, dengan semua orang di segala tempat, yang berseru kepada nama Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Tuhan mereka dan Tuhan kita.” 

ads

Pada Kitab Efesus pasal 4 ayat 16 bunyi nya adalah, “Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, –yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya” Pada bunyi kitab tersebut terdapat di sebut kan bagaimana Gereja adalah Tubuh Kristus dan dimana sebagai umat kristen dan menjadi pengikut kristus maka kita pun telah menjadi bagian dari gereja tersebut. Sebagai bagian dari gereja maka hal itu berarti bahwa kita juga telah menjadi bagian dari pada tubuh Kristus sendiri. Dimana kita adalah sudah menjadi tangan, kaki dan seluruh bagain kristus. Hal ini lah yang menyebabkan dalam renungan singkat Kristen mengapa gereja iu sangat penting bagi para umta kristiani di seluruh dunia karena sebagai bagian dari Tubuh Kristus, gereja sendiri mempunyai beberap fungsi dan tanggung jawab. Fungsi – fungsi atau tanggung jawab gereja itu adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memberitakan injil. Injil atau alkitab di sebutkan juga sebagai berita baik yang disampaikan oleh Tuhan untuk seluruh umat manusia. Berita baik itu adalah bahwa ada kehidupan dan keselamatan yang kekal bagi seluruh umat manusia. Dan tugas gereja adalah untuk memberitakan hal tersebut hingga ke seluruh penjuru dunia.
  2. Mengajarkan Cinta Kasih. Ajaran utama dari Yesus Kristus adalah cinta kasih. Dan tugas dan fungsi gereja selanjutnya adalah untuk mengajarkan cinta kasih kepada semua kristen di seluruh dunia dan bagaimana untuk menunjukkan cinta kasih tersebut ke seluruh umat manusia.
  3. Membimbing ke jalan yang benar. Mengapa gereja itu penting? Karena sebagai tubuh Kristus, gereja itu telah diberikan tugas yaitu untuk membimbing seluruh umat Nya dan seluruh umat manusia ke jalan yang benar dan menunjukan jalan yang benar tersebut.
  4. Sebagai tempat perseketuan. Gereja selain tempat beribadah adalah sebagai tempat perseketuan seluruh umat kristiani di dunia.
  5. Tempat beribadah. Ini merupakan fungsi dan tugas paling umum dari gereja yaiu sebagai tempat beribadah dan untuk menjalankan doa.

1. Basilika Santo Petrus

Basilika Santo Petrus

Gereja ini pada awalnya adalah hanya sebuah gedung seperti gedung pengadilan yang didirikan di atas makam salah satu santo dari agama Kristen, yaitu Santo Petrus. Gedung pengadilan atau gedung basilika ini kemudian menjadi sebuah gedung basilika  atau gedung pengadilan yang termasuk salah satu terbesar di dunia dengan memiliki panjang gedung sepanjang 193 meter dan tinggi gedung 132 meter.

Pada tahun 1635, seluruh gedung pengadilan atau basilika ini mengalami perubahan secara besar-besaran dan gedung yang lama yang dirasa sudah kuno dan lapuk lalu diganti dengan bangunan baru yang kemudian menjadikan arti bersyukur dalam Alkitab di dalam gereja ini lebih berarti dan lebih merasakan adanya acara tersebut. Gereja ini lalu menjadi salah satu gereja terbesar di dunia dan yang kemudian dijuluki sebagai pusat dari pada semua gereja yang ada di dunia. Gereja tertua di dunia ini sekarang berada di lahan yang meliputi area sebesar 23.000 m² dan memiliki kapasitas untuk menampung lebih dari 60.000 umat kristen dari seluruh dunia. Gereja ini juga termasuk dalam satu situs tersuci dalam agama kristen, ini dia beberapa keterangan dari gereja ini sebagai berikut:

  • Nama Gereja : Basilika Santo Petrus
  • Dibangun : Tahun 331 Masehi
  • Lokasi : Terletak pada Piazza San Pietro, 00120 Città del Vaticano, Vatikan
  • Di Dirikan Oleh : Konstantin I
  • Gaya Arsitektur : Bergaya Renaisans, Baroque architecture atau  Michaelangelo Buonarroti dan Gian Lorenzo Bernini

2. Gereja 100 Pintu

Sponsors Link

Gereja 100 PintuMenurut sejarah gereja ini berdiri sekitar tahun 326 M. Namun ada beberapa  ornamen atau pun hiasan di dalam gereja ini yang di perkirakan dapat berasal dari tahun sebelum peran Gereja dalam masyarakat ini didirikan. Gereja ini sempat rusak dengan sangat parah sebagai akibat dari pada gempa bumi yang terjadi pada abad ke-18 di wilayah Yerusalem. Dan setelah itu gereja ini kemudian kembali direnovasi oleh Santa Helen.

  • Nama Gereja : Panagia Ekatontapyliani (Gereja 100 Pintu).
  • Dibangun : Pada tahun 326 Masehi.
  • Lokasi : Terletak pada pulau Paros, Yunani.
  • Didirikan Oleh : Santa Helen.
  • Gaya Arsitektur : Bergaya Hagia Sophia.

Gereja Panagia Ekatontapyliani ini sering di kenal dengan nama lain, yaitu Gereja 100 Pintu, gereja ini didirikan pada zaman Bizantium dan oleh seorang santa yang bernama Santa Helen. Dalam lingkungan gereja ini terdapat kapel kapel utama yang dikelilingi oleh dua kapel lainnya dan juga di kelilingi oleh beberapa kolam baptisan yang di gunakan untuk membaptis umat. Kolam baptisan ini berbentuk salib.
Alasan mengapa gereja ini disebut 100 pintu tidak dapat diketahui secara pasti sampai saat ini. Hal in di karena kan pada kenyataannya gereja ini tidak memiliki pintu sebanyak 100 pintu seperti namanya.

3. Gereja Makam Kudus

Gereja Makam KudusGereja Makam Kudus ini merupakan salah satu situs Kristen yang paling suci di seluruh Yerusalem. Gereja terbesar di Indonesia ini dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai tempat dimana Yesus Kristus disalibkan, dimakamkan, dan kemudian bangkit lagi. Struktur dari pada gereja Makam Kudus ini pun dikatakan sebagai salah satu yang memiliki struktur paling kompleks yang pernah ada. Saat ini Gereja Makam Kudus atau yang dalam bahasa inggris di sebut sebagai Church of The Holy of Sepulchre telah menjadi tempat turis dan juga sebagai tujuan utama dari banyak peziarah. Dikarenakan banyak peziarah yang ingin memiliki kesempatan untuk melihat tempat dimana Yesus Kristus disalibkan dan dimakamkan. Inilah beberapa ulasan dari Gereja sebagai berikut:

  • Nama Gereja : Church of The Holy Sepulchre (Gereja Makam Kudus)
  • Dibangun : Pada tahun 325 Masehi
  • Lokasi : Terletak di Yerusalem
  • Didirikan Oleh : Santa Helena
  • Gaya Arsitektur : Bergaya Romanesque, Baroque architecture atau Hellena

4. Gereja Santo Petrus

ads

Gereja Santo PetrusGereja ini sebenarnya pertama kali digunaka adalah sebagai goa tempat persembunyian yang digunakan oleh para umat Kristen untuk beribadah di tengah kejaran tentara Romawi. Karena pada saat itu tentara tentara romawi sangat menentang adanya kebebasan beragama. Setelah munculnya makna kebangkitan Yesus kebebasan beragama di Turki pada waktu itu , lalu goa ini kemudian mulai dibangun sedikit demi sedikit hingga akhirnya akhirnya menjadi kokoh dan megah seperti saat ini. Pada tahun 526 M ada terjadi gempa yang sangat dashat dan menewaskan hampir 250.000 orang. akan tetapi kondisi gereja ini tetap kokoh.

  • Nama Gereja : Church of St Peter
  • Dibangun : Pada Tahun 301 Masehi
  • Lokasi : Terletak Pada Kucuk Dalyan Mah., Antakya, Akasya, 31000 Hatay, Turki
  • Didirikan oleh : Santo Petrus
  • Gaya Arsitektur : Bergaya Goa

.(baca: Simbol Kristen).

5. Gereja Santa Maria

Gereja Santa MariaDi dalam gereja ini, terdapat deretan relik relik yang bergambar Bunda Maria. Relik relik tersebut berbentuk mosaik dan merupakan hasil karya dari seniman yang bernama Pietro Vacallini. Relik relik ini bergambar dan mengisahkan sejarah kehidupan dari Bunda Maria. Pada awalnya, gerenja ini digunakan sebagai rumah bagi para umat Kristen yang melakukan dengan cara puasa orang Kristen yang berada dalam pelarian dan dibangun oleh seorang paus yang bernama Paus Calixtus dan yang kemudian  diselesaikan pembangunannya oleh Paus Julius I. Inilah beberapa ulasan dari Gereja ini sebagai berikut:

  • Nama Gereja : Santa Maria di Trastevere.
  • Dibangun : Pada Tahun 221 Masehi.
  • Lokasi : Terletak pada Piazza di Santa Maria in Trastevere, 00153 Roma, Italia.
  • Didirikan Oleh : Paus Callixtus.
  • Gaya Arsitektur : Bergaya Romanesque atau Carlo Fontana.
Sponsors Link

Selain 5 gereja di atas berikut adalah lanjutan beberapa gereja yang juga termasuk dalam gereja tertua di dunia, yang perlu anda ketahui juga sebagai berikut:

  1. Gereja Dura-Europos.
  2. Gereja Megido.
  3. Gereja Saint Anthony.
  4. Gereja Saint-Pierre-Aux-Nonnains Basilica.
  5. Gereja Bunda Maria Dari Sion
  6. Gereja Katedral Trier.
  7. Gereja Saint Simeon Stylites.
  8. Gereja Hagia Sophia.
  9. Gereja Biara Saint Catherine, Gunung Sinai.
  10. Gereja Kelahiran Yesus.
  11. Gereja Trier Jerman.
  12. Gereja Mar Girgir Mesir.

Demikianlah beberapa gereja gereja tertua di dunia. Selain gereja – gereja tersebut dapat di jadikan sebagai objet wisata atau berkunjung. Gereja gereja tersebut juga memiliki bukti bukti sejarah yang sangat akurat dan dapat di pelajari untuk mengetahui bagaimana kehidupan para umat umat kristiani pada zaman tersebut. Kebanyakan dari pada pembagunan gereja tersebut di lakukan secara diam – diam dan juga banyak di antara gereja gereja tersebut telah di runtuhkan atau di robohkan dan kemudian di dirikan kembali. Hal tersebut dapat menjadi bahan pembelajaran bagi kita semua. Karena dengan konsisten and persisten kita dapat melakukan apa saja, akan tetapi seperti pesan dan perintah Tuhan Yesus kepada kita semua, kita harus melakukannya dengan di dasari oleh cinta kasih yang murni berasal dari Tuhan. Tuhan memberkati.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 04th, October 2017 / 09:30 Oleh :
Kategori : Gereja