Gereja yang Merayakan Natal 7 Januari

√ Quality Checked Pass quality & checking

Bagi Umat Kristani di seluruh dunia dan bahkan juga di kalender, pastinya sudah paham jika tanggal 25 Desember adalah Hari Natal. Perayaan Natal sendiri merupakan sebuah peingatan dan juga tradisi untuk kebanyakan aliran serta denominasi beberapa gereha Kristen di seluruh dunia.

Many sites https://www.affordable-papers.net/ also provide a free trial where you can try the service before buying.

Mekipun secara tradisi dantanggal sudah ditetapkan hari-hari untuk merayakan natal, namun beberapa gerejadi dunia tidak merayakannya. Gereja-gereja ini bahkan sering merayakan Natalpada tanggal 7 Januari. Umumnya gereja yang merayakan tanggal 25 Desembermemakai kalender Georgian. Sedangkan gereja yang merayakan natal pad tanggal 7januari memakai kalender Julian. Untuk mengetahui apa saja Gereja yangmerayakan Natal pada tanggal 7 Januari, berikut ulasannya.

1. Gereja Ortodoks Rusia

Gereja Ortodoks Rusiamerupakan gereja terbesar sekaligus gereja yang berada di negara Rusia. Pendirigereja ini adalah Rasul Andreas yang akhirnya dikukuhkan oleh Tsar VladimirAgung sekitar tahun 1589. Jumlah penganut Kristen di negara ini ada sekitar73%. Dari persentase tersebut, ada sekitar 65% para penganut Gereja OrtodoksRusia.

2. Gereja Ortodoks Ukraina

Gereja selanjutnya adalahgereja Ortodoks Ukraina. Tidak jauh berbeda dengan dengan Rusia, di Ukraina iniadalah salah satu dari tiga Gereja Ortodoks besar di sana. Bisa dikatakan sudahlebih dari 300 tahun gereja ini sempat terpecah menjadi tiga bagian. Sekitarsetahun yang lalu, Gereja Ortodoks Ukraina merayakan natal secara independentanpa harus terikat dengan Rusia.

3.Gereja Ortodoks Serbia

Selanjutnya ada Gerejaterbesar di Serbia yang bernama Gereja Ortodoks Serbia. Jumlah pengikut Kristendari Serbia ini ada sekitar 92%. Dari total populasi Serbia, sebagian besaradalah ortodoks Serbia. Gereja ini juga merupakan salah satu gereja  ortodoks Slavia yang tertua yang ada didunia.

4.Gereja Ortodoks Montenegro

Pindah ke negera sebelahnya,yakni Montenegro. Tidak jauh berbeda dengan sebelahnya, di Negara ini jugaterdapat Gereja yang sering merayakan natal tanggal 7 Januari. Pada dasarnya,gereja Ortodoks Montenegro merupakan pecahan dari Gereja Ortodoks Serbia yang sudahdijelaskan sebelumnya. jumlah penganut Kristen di Negara ini juga cukup besar,yakni sekitar 75%.

5. Gereja Ortodoks Makedonia

Gereja berikutnya berasaldari Makedonia dan ini merupakan Gereja terbesar di sana. 65% penduduk sanamerupakan penganut Kristen Ortodoks daerah Makedonia. Bahkan di seluru duniaterdapat lebih kurang dua juta anggota Gereja Ortodoks. Sebagian besar menetapdi negara Amerika Serikat. Tidak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, GerejaOrtodoks Makedonia merupakan pcahan dari Gereja Serbia.

6. Gereja Ortodoks Belarusia

Gereja selanjutnya berasaldari Belarusia. Gereja ini juga mewakili dari persatuan eparki OrtodoksRusiayag berada di kawasan Belarusia. Gereja ini juga menyatukan mayoritasmayoritas semua umat Kristen Ortodoks Daerah Timur. Berdasarkan jumlah pendudukkota, ada sekitar 71% menganut agama Kristen.

7. Gereja Ortodoks Kazakhstan

Gereja ini merupakan tataulang dari tiga eparki, yakni Shymkent, Akmola, dan terakhir dari Almaty danSemey. Sekitar tahun 2003, ketiga eparki tersebut disatukan sebagai sebuahprovinsi yang bernama Gerejawi. Sedangkan pusat kotanya pindah dari kota Akolake daerah Kota Astana yang menjadi ibu kota Kazakhstan.

8. Gereja Ortodoks Georgia

Agama Kristen merupakanagama resmi terbesar di negara ini. Gereja Ortodoks Georgia sendiri awalnyamerupakan gereja yang sebagian dari Gereja Antiokhia. Setelah memperolehindependensi dan juga dilembangkan secara khusus dengan cara spesifitasdoktrinal, Gereja ini mulai mendapatkan pengembangan. Pada abad kelima Alkitabditerjemahkan menggunakan alfabet dari Georgia. Gereja Ortodoks Georgia inijuga merupakan salah satu gereja terbesar di sana dengan pengikutnya yangemncapai 88%.

Itulah beberapa Gereja yangmerayakan Natal pada tanggal 7 januari. Dari ulasan di atas, kita bisasimpulkan bahwa gereja yang merayakannya merupakan Gereja Ortodoks. Meskipun memilikiperbedaan, namun tetap tidak menghalangi saat bertumbuhdan berbuah dalam Kristus. Sebab, prinsip kasih tentang Alkitab tidak akanberkurang selama umatnya masih merayakan Natal.

Anda pun bisa memcari referensi lainnya mengenai gereja seperti tips memilih Gereja yang tepat untuk diikuti jemaat baru,  Gereja-gereja yang tidak merayakan Natal, dan masih banyak lagi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk umat semuanya.

fbWhatsappTwitterLinkedIn