Sponsors Link

6 Hak dan Kewajiban Istri Dalam Kristen Yang Harus Diperhatikan

Sponsors Link

Di dalam kekristenan, hak dan kewajiban istri dalam Kristen sebenarnya telah diberikan melalui firman yang tercantum dalam Alkitab. Tetapi hingga saat ini masih banyak wanita Kristen yang belum memahami akan firman Tuhan berkaitan dengan hak dan kewajiban tersebut. Oleh sebab itu ada baiknya untuk belajar firman Tuhan lebih dalam melalui pencarian jati diri wanita Kristen sejati selayaknya tokoh Alkitab yang rendah hati. Berikut ini secara lebih lengkap mengenai hak dan kewajiban istri dalam Kristen.

Hak Istri Dalam Kristen

Seorang istri tentunya diberikan hak oleh Allah sejak awal. Oleh sebab itu sebaiknya sebagai suami berikan hak istri seperti berikut ini:

  •  Dikasihi, ini merupakan hal utama yang menjadi hak seorang istri seperti yang dituangkan dalam firman Allah di Kolose 3:19 “Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.” Karena itu seorang istri berhak mendapatkan prinsip kasih tentang Alkitab terutama dari pasangan hidupnya.
  •  Mendapatkan nafkah, tentu sebagai seorang istri akan berhak untuk memperoleh nafkah dari suaminya baik secara finansial maupun batin. Oleh karena itu hal ini merupakan hal yang berhak diminta istri kepada suaminya.
  •  Perlindungan, sudah pasti seorang istri berhak memperoleh pengayoman dan perlindungan dari suaminya. Jangan sampai suami berlaku kasar terhadap istri seperti pada ayat sebelumnya. Oleh sebab itu perhatikan saat doa minta jodoh dalam Kristen supaya mendapatkan suami yang penuh kasih dan sabar terhadap istrinya.

Kewajiban Istri Dalam Kristen

Tidak hanya hak, tetapi istri juga memiliki kewajiban. Sehingga adalah wajib jika seorang istri melakukan hal berikut ini:

  • Tunduk pada suami, karena jelas dikatakan pada Alkitab di Efesus 5:22 “Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan” Hal ini berarti seorang istri harus taat dan mendengarkan apa yang suaminya ingin lakukan. Karena memang istri sebagai pendamping hidup. Oleh karena itu carilah ciri-ciri jodoh menurut Kristen melalui hikmat dan pertolongan Roh Kudus supaya memperoleh istri yang mau tunduk kepada suaminya.
  •  Menghormati suami, selain tunduk seorang istri juga wajib untuk menghormati suaminya. Itulah tanda bahwa ia memahami benar cara menjadi istri yang baik menurut Kristen yang cakap dalam Tuhan. Karena dalam firman di Efesus 5:33 “Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.”
  • Berlaku cakap sebagai penolong yang sepadan. Sudah menjadi kewajiban istri untuk menjadi penolong suaminya. Dengan demikian maka ia menjadi kebanggaan keluarga dan pasangan hidupnya. Seperti ada tertulis di Amsal 12:4 “Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang m suaminya.” Sehingga jangan sampai seorang istri membuat malu suami maupun keluarganya.

Itulah beberapa firman Allah yang berkaitan dengan hak dan kewajiban istri dalam Kristen. Hendaknya jika ingin melakukan ayat Alkitab tentang wanita bijak, maka tentunya hal tersebut di atas patut untuk diketahui. Memang tidak mudah melakukannya jika tidak memakai tuntunan karunia Roh Kudus. Oleh sebab itu para wanita Kristen hendaknya berserah pada Tuhan supaya dapat menjalankan peranannya dengan baik. Amin.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Kristen