Inilah 3 Peristiwa Ajaib yang Terjadi Pada Saat Yesus Disalibkan

√ Quality Checked Pass quality & checking

Penyaliban Yesus merupakan salahsatu peristiwa yang bersejarah dalam umat manusia saat itu. Hal ini bisaterjadi karena Yesus merupakan manusia spesial yang merupakan anak Allah. Pada saatperistiwa penyaliban itu berlangsung, ada banyak keajaiban yang terjadi. Secarakhusus keajaiban tersebut bisa terjadi sesuai dengan surat Matius 27:50 yangberbunyi “ Berseru pulalah dengan suara nyaring lalu menyerahkan Nyawa-Nya”.

Beberpa kejadian berrikuttelah dituliskan pada tiga Injil, yakni Injil Matius, Injil Markus, danterakhir adalah Injil Lukas. Untuk mengetahui apa saja peristiwa ajaib yangterjadi pada saat Yesus disalib, berikut ulasannya.

1. Penjahat yang Bertobat

Peristiwa yang pertamaadalah terjadinya pertobatan seorang penjahat. Hal ini dijelaskan pada InjilLukas yang berbunyi seperti di bawah ini:

“Akan Tetapi yang menegurdia berkata : Apakah engkau tidak merasa takut, juga tidak kepada Allah,sedangkan engkau menerima hukuman yang setimpal? Kita memang selayaknya dihukumkarena kita menerima balasan yang sama dengan perbuatan kita. Akan tetapi orangtersebut tidak melakukan sesuatu yang salah. Setelah itu, dia mengatakan:Yesus, Ingatlah dengan Aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.” Lukas23:40-42.

Dalam kutipan tersebut dinyatakan bahwa Tuhan Yesus telah disalibkan bersamaan dengan dua orang, yakni pada sebelah kanan dan kiri Yesus. Salah satu orang yang disalib tersebut memohon agar Yesus selalu mengingatnya ketika Dia kembali lagi menjadi seorang Raja. Untuk menjawab hal ini, Yesus menjanjikan sebuah  Firdaus kepada orang tersebut. Firdaus tersebut adalah sebutan surga dan itu telah tertulis dalam surat Lukas 23:43.

Dari kejadian tersebut bisadikatakan adalah salah satu keajaiban Yesus pada saat disalib pada kayu salibyang pernah dicatatkan dalam Alkitab. Pada saat itu, banyak orang yang mengolok-olokYesus.Termasuk orang-orang yang telah disalib tersebut. Akan tetapi, penjahatini tahu bahwa Yesus disalib bukan karena kejahatannya ataupun dosanya.

2. Terjadi kegelapan total

Pada saat Yesus disalib saat itu, ada sebuah peristiwa ajaib yang terjadi kembali, yakni tiba-tiba langit menjadi sangat gelap. Bahkan tidak nampak matahari sama sekali. Hal tersebut telah diperjelas dalam Surat Lukas yang berbunyi, “Hari itu sekitar jam jam dua belas, kemudian kegelapan menaungi semua daerah tersebut sampai jam tiga. Dikarenakan matahari tidak dapat bersinar.” Lukas 23:44-45a.

Keajaiban tersebut sangatmencolok karena terjadi pada beberapa wilayah disekitar Yesus disalib. Di dalamAlkitab juga tertulis bahwa Yesus mulai disalib sekitar pagi hari hingga sorehari. Pada saat penyaliban tersebut, tiba-tiba langit menajdi gelap danmatahari tidak dapat menampakan dirinya. Hal tersebut menunjukan bahwaperistiwa ajaib tersebut bisa terjadi karena campur tangan Sang Ilahi.

3. Tirai Bait Suci Terkoyak

Keajaiban yang terakhiradalah Tirai bait yang telah terkoyak. Bagi kaum imam Yahudi. Peristiwa tersebutsangat menakutkan karena tirai bait merupakan benda yang sangat penting untukmereka. Hal tersebut telah tercantum pada Matius 27:51 yang berbunyi “TabirBait Suci telah terbelah menjadi dua dari bagian atas ke bawah”. Tak pelak haltersebut membuat para imam menjadi ketakutan.

Berdasarkan pengkhotbahbesar yang berasal dari Inggris, Charles Spurgeon menduga beberapa imam besarYahudi sangat takut dengan peristiwa tersebut. Hal itu bisa terjadi karenaTirai bait sangatlah tebal dan juga sebagai simbol pemisah antara manusia denganAllah.

Semantara itu, ahli Alktabyang bernama Matthew Henry menulis pendapatnya sendiri. Menurutnya ketika YesusKristus telah menerima kematian, maka semua ahl juga akan diungkapkan. Salahsautu misteri yang menujukan keajaiban tersebut adalah terkoyaknya Tirai.

Itulah 3 peristiwa ajaibyang terjadi pada saat Yesus disalibkan. Dari ulasan di atas, kita bisasimpulkan bahwa MujizatYesus benar-benar nyata. Tidak hanya pada saat beliau masih hidup, tetapijuga ketika saat Dia mendekati ajal. Namun, bagi orang-orang yang percayadengan kebangkitan Yesus. Sebab hal tersebut memberikan pesan darikebangkitan Yesus.

Untuk Anda yang ingin lebihpasti, bacalah ayat diAlkitab tentang kebangkitan Yesus, alasanYesus membuat Mujizat,dan juga keteladanan YesusKristus. Semoga bisa bemanfaat untuk para pembaca semua.    

fbWhatsappTwitterLinkedIn