Inilah 3 Tugas penginjil yang Perlu Diketahui

Di dalam agama Kristen maupun Katolik terdapat seseorang yang memiliki pengetahuan tentang kabar baik untuk umatnya. Seseorang tersebut bisa dikatakan adalah misionaris untuk meneteramkan atau bahkan mengajakn kita maupun orang lain berjalan ke arah yang semestinya. Orang tersebut dikatakan penginjil.

Jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka kata penginjil sendiri merupakan orang yang menyebarkan ajaran Injil atau bisa juga disebut sebagai guru injil. Bisa dikatakan penginjil merupakan seseorang yang mengabarkan berita baik melalui kitab Injil. Mungkin di antara Anda penasaran apa saja tugas-tugas utama seorang penginjil. Untuk mengetahuinya, berikut ulasannya.

1. Menyampaikan firman Tuhan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tugas utama penginjil adalah mengabarkan atau menyampaikan firman-firman yang berhubungan dengan Tuhan. Firman disini sangatlah luas. Bisa memberitahukan kelahiran, kehidupan, kematian, dan juga kebangkitan Yesus Kristus.

Para penginjil biasanya pergi dari satu tempat ke tempat lainnya. Oleh sebab itu, mereka sering juga disebut sebagai petugas khutbah. Pada Efesus 4:11-13, diberitahukan bahwa akan ada seseorang yang memberikan kabar baik rasul-rasul dan juga para nabi. Hal itu dilakukan untuk melengkapi orang-orang kudus untuk pekerjaan pelayanan, dan juga pembangunan tubuh Yesus Kristus.

2. Mengajak orang-orang ke jalan Tuhan

Seorang penginjil tidak hanya menyampaikan kabar baik saja, tetapi juga diharapkan bisa mengajak orang lain untuk bersedia secara sadar ke jalan Tuhan. Dalam hal ini, seorang penginjil juga bisa dikatakan sebagai juru selamat karena mampu menyelamatkan orang-orang yang berdosa dan juga berhasil mengundangnya untuk dapat percaya pada Yesus Kristus.

Di dalam Kolose 4:3-4, dijelaskan bahwa kita harus senantiasa berdoa agar Allah membuka pintu untuk pemberitaan pada kami. Dengan begitu kami dapat berbicara tentang rahasia Yesus Kristus yang belum terungkap.

Di dalam Proses penginjilan, dia tidak boleh menggunakann kekerasan, intimidasi, pemaksaan, atau juga melakukan serangan psikologis terhadap orang lain. hal tersebut bertentangan dengan tugas utama penginjil sebagai misionaris yang membawa perdamaian.

3. Mengingatkan dan jua menunjukan jalan yang benar

Tidak henti-hentinya bahwa seorang penginjil harus terus menerus mengingatkan atau bahkan menunjukan sebuah jalan yang benar pada orang-orang yang belum memahami isi Injil dengan benar. Hal ini juga disebutkan pada Ibr6:1-13 yang bunyinya lebih kurang marilah kita meninggalkan asas-asa pertama dari ajaran tentang Yesus Kristus dan beralih sepenuhnya pada perkembangan yang penuh. Di dalam surat ini juga disampaikan bahwa kita tidak perlu lagi meletakan dasar pertobatan yang sia-sia dan juga kepercayaan kepada Allah.

Pengajaran bagi orang-orang di dalam Tubuh bertujuan untuk semakin mendalami pengajaran tentang adanya roh kudus dan juga bagian pembenaran, adanya pendewasaan, dan penyempurnaan. Dengan begitu, mereka-mereka akan diseleksi dan benar-benar layak untuk berdampingan di sisi Yesus Kristus.

Itulah beberapa tugas seorang penginjil yang perlu Anda ketahui. Bisa dikatakan untuk menjadi seorang penginjil tidak bisa dilakukan sembaranagnn orang. pada saat zaman Tuhan Yesus masih ada, penginjil hanya dilakukan oleh murid-muridnya saja. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, pengnjil bisa juga dilakukan dalam bentuk profesi-profesi.

Beberapa contoh profesi yang dianggap mulia dan bisa disebut sebagai penginjil modern antara lain bidan, guru, dan penginjil itu sendiri. Bidan dianggap pekerjaan yang mulia karena mereka menolong sesama yang telah susah payah lahir ke dunia. Guru juga termasuk karena mereka mendidik dan juga mempersiapkan seseorang untuk bagimana caranya dapat menjalani hidup di dunia ini. terakhir adalah dari penginjil itu sendiri karena mereka adalah orang-orang yang bersedia denga susah payah mengingatkan dan juga menunjukan jalan pada orang-orang agar tidak tersesat pada saat masuk ke alam yang kekal.

Jika Anda ingin menjadi seorang penginjil yang baik dan bisa diterima dengan luas, maka pelajarilah bagaimana caranya memiliki karakter kristen sejati. Jika sudah memahaminya, Anda dapat mengerti cara memberitakan injil yang baik dan benar sehingga dapat diterima pada orang-orang yang masih belu menemukan jalan yang tepat. Sebaiknya Anda juga pelajari pengertian kitab injil dan juga gerakan kristenisasi di Indonesia sehingga Anda memahaminya lebih jelas. Semoga artikel in bisa memberikan manfaat.