Inilah 4 Arti Simbol Ikan dalam Agama Kristen Selama Ini

√ Quality Checked Pass quality & checking

Ikan, salah satu makhlukhidup yang tinggal di lautan ini sudah kita kenal sejak masih kecil. Selain dijadikansantapan untuk lauk-pauk, ikan juga sering digunakan untuk hewan peliharaanbagi sebagian orang. Namun, pernahkan Anda memikirkan bahwa ikan bisa jugasebagai salah satu simbol Kristen?

Dari berbagai simbol-simbolyang ada di dalam Agama Kristen, Ikan merupakan salah satu simbol tertua yangpernah ada. Untuk mengetahui apa saja makna simbol ikan ini, berikut ulasannya.

1. Penyelamat

Berdasarkan sejarah, simbolikan berasal dari Yunani. Di dalam Bahasa Yunani, ikan disebut juga sebagaiIkhthus. Ditambah lagi, Ikhthus merupakan simbol pertama bagi umat Kristianipada masa itu. Oleh sebab itu, simbol ikan seudah dianggap sebagai salah satupetunjuk dari keimanan umat Kristiani.

Berdasarkan kepercayaanzaman dahulu, ikan juga sering dianggap sebagai hewan yang menjauhkan seseorangdari kemalangan, kejahatan, dan berbagai hal menakutkan lainnya. Bahkanberdasarkan bahasa Yunani juga, ikhthus bisa juga menjadi lesous Christous Theou Uios Soter. Artinya adalah “Yesus Kristussang Anak Allah Penyelamat”.  Dari sanalahawal dari penyelamat.

2. Tempat pertemuan

Ikan yang menjadi simbolKristus diperkirakan telah ada sejak ditulis oleh Clement yang berasal dari Alexandria.Bisa dikatakan Clement lahir sejak 150 M. Dia menyarankan agar beberapa orangpercaya kepadanya dengan menggunakan tanda burung merpati dan juga ikan didalam surat maupun rumah-rumah mereka.

Tujuan dari pemberian simbolikan dan merpati tersebut adalah tanda sebagai tempat pertemuan maupun suratpenting seperti undangan dan juga makam orang-orang Kristen. Selain itu simbolikan ini juga dapat digunakan sebagai identitas untuk orang asing. Artinya,orang asing tersebut apakah seorang umat Kristiani atau tidak.

3. Simbol Rahasia

Hal ini sebenarnya masihberhubungan dengan poin kedua, yakni smbol ikan juga digunakan sebagai kodepenting untuk masyarakat Kristen. Hal tersebut bisa terjad karena pada saatitu, jemaat Gereja Perdana sering dikejar-kejar oleh kekaisaran Roma.

Pada era pengejaran dan jugapenyiksaan umat Kristiani, warga Kristus bertemu dengan seseorang yang barudikenal. Warga itu menggambar sebuah lengkungan sederhana di tanah. Jika adaseseorang yang melengkapi lengkungan tersebut, maka bisa dipastikan orang ituadalah umat Kristiani. Maksud dari melengkapi lengkungan tersebut adalah simbolyang berbentuk ikan.

Hal itu juga sebaliknya,saat ada seseorang yang tidak berhasil melengkapi lengkungan tersebut, makaorang tersebut bisa jadi bukanlah pengikut Kristiani. Dari sana kita bisamenyimpulkan bahwa simbol ikan benar-benar penting di era kelam tersebut.

4. Identitas Pengikut Yesus

Seperti yang sudahdisebutkan di atas, bahwa pada masa-masa kelam, kaum Kristiani menggunakansimbol ikan sebagai identitas sekaligus komunikasi antar umatnya. Hal tersebutbisa terjadi karena pada saat kekaisaran Roma, orang-orang belum begitumengenal simbol tersebut.

Selain itu, ikan juga bisadiartikan sebagai identitas diri para kaum Kristiani untuk Yesu Kristus. Simbolikan ini juga cukup disinggung pada Injil. Contohnya pada Matius 14:17. Di sanadisebutkan bahwa yesus memberikan makanan kepada 5.000 orang dengan caramemecah belah dua ikan dan juga lima buah roti. Bahkan di dalam Markus 1:17juga disebutkan bahwa umat Kristen dianjurkan mengikuti Yesus Kristus.

Itulah beberapa arti simbolikan dalam Agama Kristen. Dari penjelasan di atas, kita bisa simpulkan bahwasimbol ikan ini memiliki makna yang dalam untuk umat Kristen, terutama saatmasa-masa Romawi. Dari sana juga kita bisa melihat betapa sengsaranya umatKristen kala itu sampai-sampai harus dibuatkan sebuah simbol khusus untuk mereka.

Dari penjelasan di atas,kita juga kembali melihat keteladan Yesus Kristusuntuk umatnya. Apalagi beliau sering dianggap sebagai penyelamat umatnya darikesengsaraan. dari simbol ikan ini juga bisa kita pahami apa sebenarnya tujuan hidup orangKristen selama ini.

Untuk menambah referensisterpercaya lainnya, cobalah pahami tentang tokohKristen yang memperjuangkan kebenaran, karakter Yusuf dalamAlkitab, karakterMusa dalam Alkitab, SejarahGereja Katolik. dan masih banyak lagi. Tidak lupa juga agar Anda seringmelakukan cara berdoayang baik dan benar agar segala dia dapat dikabulkan dengan mudah. Semoga Tuhanmemberkati.

fbWhatsappTwitterLinkedIn