Inilah 5 Arti Simbol Burung Merpati dalam Ajaran Kristen

√ Quality Checked Pass quality & checking

Mungkin Anda pernah melihatsaat ada acara-acara penting yang berhubungan dengan kasih sayang, perdamaian,atau acara apapun selalu memperlihatkan seseorang melepaskan burung merpatisebagai suatu simbol. Namun, tahukah Anda bahwa burung merpati sering digunakansebagai salah satu simbol AgamaKristen?

Di dalam ajaran Kristen,Burung Merpati merupakan salah satu simbol yang cukup tua. Pada dasarnya smbolMerpati sangat berhubungan dengan konsep ajaran pada Agama Kristen. Untuk mengetahuiapa saja makna Simbol Burung Merpati dalam Ajaran Kristen, berikut ulasannya.

1. Kehadiran Roh Kudus

Di dalam tulisan milikMarkus Hildebrandt, Burung Merpati di dalam Kristen sering dipahami sebagaikehadiran Roh Kudus pada saat peristiwa pembaptisan Yesus oleh pembaptis yangbernama Yaohanes. Hal tersebut telah dituliskan dalam surat Mat 3:16. Dalam suratMatius 3:16 juga disebutkan bahwa ketika selesai dibaptis, Yesus segera keluardari air dan saat itu juga langit dapat terbuka. Dengan begitu ia dapat melihatRoh Allah yang terlihat  mirip dengan BurungMerpati turun ke atas-Nya.

Sejarah simbol BurungMerpati juga sudah berkembang pada saat Yesus diurapi oleh Roh Kudus. Di dalamAlkitab disebutkan bahwa Roh Kudus datang pada Ysesu dalam bentuk BurungMerpati. Dari sana, kita bisa melihat bahwa penggunaan Burung Merpati sebagaisimbol kehadiran Roh Kudus berasal dari sana.

2. Tanda kesetiaan

Di dalam pernikahan,khususnya umat Kristen dan katolik sering diperlihatkan ada prosesi keduamempelai melepaskan sepasang Burung Merpati. Hal tersenut bertujuan bahwa sepasangBurung Merpati adalah simbol kesetiaan dan tidak ada ingkar janji padapasangannya.

Hal tersebut dapat terlihatdari kepercayaan tinggi umat Kristen kepada Yesus Kristus. Oleh karena itu,Burung Merpati sudah dijadikan sebagai simbol penting bagi mereka. Selain itu, simbolMerpati di dalam pernikahan umat Kristen juga berarti kebersamaan mereka dapatlanggeng layaknya simbol Merpati.

3. Perdamaian

Makna yang satu ini mungkinsudah tidak asing bagi sebagian orang karena sudah sering digunakan dalamperistiwa penting. Penggunaan Burung Merpati sebagai simbol perdamaian sudahdilakukan pada saat peristiwa banjir air bah dan juga Bahtera Nuh. Pada saatitu,  Nuh melihat daratan yang sudahkering sehingga dia melepaskan Burung Merpati. Pada saat Burung Merpatikembali, dia membawa satu helai daun Zaitun yang sangat segar dalam paruhnya.

Di saat peristiwa itu, rantingdaun Zaitun dan Burung Merpati dijadikan sebagai lambang simbolis perdamaian. KisahBurung Merpati itu juga menunjukan bahwa Allah menyatakan perdamaian pada umatmanusia setelah banjir air bah yang telah membersihkan berbagai kejahatan diBumi.

4. Simbol Identifikasi

Tidak jauh berbeda dengansimbol-simbol kristen lainnya, Burung Merpati juga dianggap sebagai lambangidentitas umat Kristen. Hal itu terjadi pada abad keempat. Pada saat itulambang salib belum terkenal dan para Bapa Gereja mendesak umat Kristen untukmenggunakan Burung Merpati dan Ikan sebagai simbol identitas mereka sebagaipengikut Yesus Kristus. Hal tersebut juga diperkuat dengan para Arkeolog yangmenemukan adanya lampu minyak dan berbagai tempat Ekaristi yang memiliki bentukBurung Merpati.  

5. Sifat lemah Lembut

Hal ini juga tidak terlepasdari simbol Kehadiran Roh Kudus. dalam beberapa penafsiran pun, Burung Merpatisering dikaitkan dengan kedatangan Yesus. Sifat-sifat Burung Merpati sepertitulus, lemah lembut, damai, dan juga penuh kasih sayang sering dinisbatkan padasosok Yesus Kristus. Maka dari itu, penggunaan Burung Merpati sering dikaitkanjuga dengan kehadiran Yesus Kristus.

Demikianlah beberapa maknadari burung merpati di dalam ajaran Kristen. Dari uraian di atas, kita bisasimpulkan bahwa penggunaan Burung Merpati sudah dilakukan sejak lama, seiringdengan waktu penggunaan Burung Merpati sebagai simbol umum sudah seringdilakukan. Contohnya pada peresmian suatu acara juga sering menggunakan Burungmerpati sebagai simbol penting.

Untuk informasi yang lebihakurat, sebaiknya Anda mempelajari juga sejarah Agama Kristenagar bisa lebih pasti. Ditambah lagi, sebaiknya baca juga referensi tentang simbol sakramen baptis,simbolpengurapan orang sakit, simbol dalamsakramen babtis, simbolliturgi, dan masih banyak lainnya. Semoga Anda semua selalu diberkati olehTuhan.

fbWhatsappTwitterLinkedIn