Inilah 5 Tujuan Baptisan Air yang Perlu Diketahui

Mungkin di antara Anda masih bingung dengan baptisan dalam Agama Kristen. Mungkin Anda juga pernah dilakukan pembaptisan namun belum begitu mengerti apa tujuan sebenarnya dar proses tersebut. Sebelumnya kita harus pahami dulu apa itu baptisan.

Jika dari Roma 6:4, baptisan merupakan kata yang berasal dari Yunani, Baptisma. Artinya sendiri adalah dikuburkan jika di dalam tanah atau ditenggelamkan jika dilakukan dalam air. Bisa dikatakan baptisan merupaman sebuah simbol untuk penguburan Kristus di dalam tanah yang secara prakteknya ditenggelamkan dalam air. Untuk mengetahui tujuan sebenarnya dari baptisan air, berikut ulasannya.

1. Mengampuni Dosa

Tujuan utama yang sering dilakukan saat pembaptisan air adalah mengampuni dosa-dosa. Setiap manusia pastilah tidak ada yang sempurna. Dengan melakukan baptisan air, maka orang tersebut  bisa diampunia dosa-dosanya. Bisa dikatakan maksud dari pengampunan dosa ini adalah orang tersebut mengakui dan  menyesali perbuatannya yang terjerumus pada dosa.

Dengan melakukan pembatisan, orang tersebut tidak hanya diampuni dosanya, tetapi juga berjanji bahwa dia tidak akan mengulangi perbuatan dosa tersebut sehingga dia bisa kembali melakukan perbuatan sesuai kehendak Allah.

2. Mengakui sebagai bagian dari umat Yesus

Berdasarkan Korintus 12:13, orang-orang yang percaya dan juga mengalami baptisan air, maka orang-orang tersebut menjadikannya sebagai salah satu bagian dari tubuh Yesus. Dengan menggunakan pembatisan air ini, makam akan terbentuk satu kesatuan yang nantinya saling melengkapi satu sama lain. jadi, setiap umat akan saling merasakan sukacita dan juga penderitaan sama-sama.

3. Menerima karunia dari roh kudus

Dengan melalukan pembatisan air ini, maka orang-orang tersebut dipercaya akan mendapatkan karunia-karunia dari roh kudus. meskipun begitu, karunia setiap orang berbeda-beda. Dari sana lah setiap umat dapat dipersatukan dalam satu roh yang sama, yakni roh kudus.

Hal tersebut dapat diihat pada Korintus 12:13 bahwa di dalam satu roh umat manusia, mau itu roh orang Yahudi, Yunani, para budak, dan juga orang-orang yag bebas, telah dilakukan baptis menjadi satu tubuh dan orang tersebut diberikan minum hanya dari satu roh saja.

4. Dapat melengkapi beberapa karunia orang yang percaya

Baptisan air dapat juga digunakan sebagai pelengkap orang-orang yang telah mempercayai karunia dari Ro Kudus. Dengan begitu, orang-orang yang telah dibaptis dapat memberikan saksi sekaligus melakukan pelayanan pada Tuhan.

Seperti yang sudah disebutkan sbelumnya bahwa setiap orang memiliki karunia yang berbeda-beda. Dari sana orang-orang yang telah melakukan baptisan air dapat diajak lebih mudah untuk melakukan pelayanan pada Tuhan. Hal tersebut telah tertuang pada Roma 12:3-9 dan juga Korintus 12:4-31.

5. Dipercaya membawa transformasi

Tujuan selanjutnya dari baptisan air ini adalah dapat memberikan perubahan pada pola pikir dan juga cara sudut pandang pada orang-orang yang percaya. Hal tersebut tertuang dari Korintus 12:13 yang bunyinya baik itu orang-orang Yahudi, Yunani, budak, dan juga orang yang merdeka selama mereka percaya sepenuhnya pada Yesus Kristus, mereka akan dipersatukan dalam jiwa Yesus Kristus.

Hal tersebut seperti sudah menegaskan bahwa agar orang-orang yang sudah disebutkan sebelumnya diberikan baptisan air agar dapat melakukan sebuah perwujudan kasih sayang. Selain itu, perwujudan kasih dapatdilakukan melalui sebuah tindakan pelayanan dan memandang ras, suku, warna kulit, serta status sosial.

Orang-orang yang masih membedakan beberapa kelompok hanya dari ras kulit, suku, dan juga perbedaan sejenisnya, makan orang tersebut masih belum menerima sebuah pembaharuan yang sebenarnya. Artinya, orang tersebut belum mengerti apa makna dari satu tubuh yang berada di dalam Yesus Kristus.

Itulah beberapa tujuan baptisan air yang perlu diketahui para umat Kristiani. Dari ulasan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa pelaksanaan baptisan air cukup perlu dilakukan. Untuk lebih memahaminya lebih lanjut, Anda bisa cari ayat alkitab tentang baptisan untuk semakin menambah referensi.

Untuk Anda yang ingin dilakukan baptisan air, pastikan Anda sudah mengetahui syarat-syarat untuk baptisan Kristen.  Selain itu, Anda juga sebaiknya pelajari juga cara pembaptisan orang Kristen serta perbedaan baptis Katolik dan Protestan . hal itu dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang bisa terjadi jika tidka diketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.