Inilah 6 Pelajaran Baptisan Air yang Jarang Diketahui

Baptisan merupakan salah satu merupakan salah satu ritual yang dipercaya oleh umat Agama Kristen Protestan. Bagi mereka prosesi pembabtisan merupakan salah satu keharusan yang dilakukan oleh orang-orang yang meyakininya. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bukti atau tanda bahwa kita percaya dan sebagai tanda sebuah pertobatan.

Salah satu jenis baptisan yang sering digunakan adalah baptisan air. Hal ini diperkuat dengan Mat 3:16 bahwa sesudah melaksanakan baptis, Yesus segera keluar dari permukaan air. Pada saat itu, angit juga terbuka sehingga Yesus melihat Roh Allah layaknya seekor burung merpati yang turun ke atas-Nya. Untuk mengetahui apa saja pembelajaran yang bisa dipetik dari Baptisan Air, berikut ulasannya.

1. Pertanda orang sudah bertobat

Pada saat Yohanes melakukan pembaptisan pertama kalinya di hadapan umum, dia lalu meyampaikan bahwa segeralah bertobat, sebab kerajaan surga semakin dekat. Hal tersebut tertuang pada Matius 3:2. Setelah kejadian tersebut dia melakukan pembaptisan pada beberapa orang yang ingin melakukan tobat dan percaya kepada sang Juru Selamat.

Pada Matius 3:11, telah disebutkan bahwa Yohanes melakukan pembabtisan menggunakan air sebagai tanda dibukanya pintu pertobatan. Di beberapa kitab lain menyebutkan bahwa proses  baptis yang dilakukan Yohanes merupakan pembabtisan pada orang-orang yang melakukan pertobatan. Maka dari itu, bisa kita simpulkan bahwa Yohanes hanya melakukan baptis pada orang-orang yang sudah bertekad akan bertobat.

2. Mengingatkan kita terhadap kematian

Perlu Anda ketahui bahwa baptisan air atau dikenal juga dengan Kudus merupakan sebuah simbol kematian umatnya terhadap dosa. Selain itu, baptis air juga disimbolkan sebagai roh yang bersama-sama dengan Yesus Kristus dan nantinya akan dibangkitkan untuk kehidupan baru. Hal tersebut tercantum pada Rom 6: 3-4. Nantinya kita akan dilahirkan kembali dari air dan juga Roh berdasarkan Yoh 3:5. Jadi, bisa dikatakan Baptisan merupakan simbol sebagai penanda hidup baru dan juga menandakan kita dibersihkan dari berbagai dosa.

3. Sebagai tindakan iman kepada orang-orang yang percaya

Beberapa tindakan iman sehingga dapat melaksanakan kepercayaan pada Injil adalah dengan memahami bahwa Yesus Kristus telah mati karena dosa-dosa yang kita lakukan. Telah disebutkan pada kitab suci bahwa Yesus dikuburkan dan dibangkitkan pada hari ketiga. Hal tersebut berdasarkan gambaran 1Kor. 15:3a-4.

Maka dari itu, berdasrkan penjelasan Roma 6:3-4, pembelajaran yang bisa didapatkan dari pembaptisan adalah sebuah tindakan iman bahwa kehidupan lama yang memiliki banyajk dosa bisa dikebumikan atau dikuburkan bersamaan dengan kematian dan penguburan Yesus Kristus oleh Allah yang Maha Mulia.

4. Amanat dari Tuhan Yesus

Perlu dipahami bahwa baptisan merupakan amanat yang agung dari Tuhan Yesus. Jika Tuhan Yesus mencoba menyempatkan diri untuk memberikan pesan ini sebelum naik ke sorga, maka bisa dikatakan hal ini sangatlah penting untuk dilaksanakan. Bisa dikatakan baptisan bukanlah sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan yang harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Hal itu tertuang pada Matius 28:18-20 dan Mark. 16:15-18.

5. Dapat untuk menambah keakraban baru

Ketika seseorang mengalami pembaptisan air, maka orang-orang yang percaya akan sangat yakin akan dibawa pada suatu kesatuan batu yang diciptakan oleh Tuhan. Kesatuan tersebut tentunya jauh lebih akrab dan dinamis. Oleh sebab itu, melakukan pembabtisan air ini bisa menambah relasi baru pada sesorang yang sebelumnya tidak dikenal menjadi lebih dikenal lagi.

6. Media penghasil buah roh

Jika ditelusuri berdasarkan Galatia 6:22-23, maka proses pembaptisan bisa membuat seseorang dapat menghasilkan buah roh. Jika diterjemahkan dalam bahasa Yunani, maka bisa juga disebut sebagai karpos. Buah ini pada dasarnya  mempunyai satu jenis saja. akan tetapi, rasanya ada sembilan buah. Pada dasarnya, buah ini merupakan hasil dari kehidupan ketika seseorang percaya dibaptis menggunakan air.

Itulah 6 pelajaran baptisan air yang perlu diketahui. Perlu Anda pahami bahwa prose pembaptisan air merupakan salah satu proses yang harus dijalani oleh orang-orang yang percaya dengan Tuhan Yesus Kristus. Jika Anda berminat dengan prosesnya, Anda harus memenuhi syarat-syarat untuk baptisan Kristen. Ditambah lagi, Anda juga sebaiknya pelajari tentang cara pembaptisan orang Kristen dan ayat Alkitab tentang baptisan sehingga Anda mengetahui gambaran seperti apa proses baptis. Semoga artikel ini dapat memberikan kebahagiaan pada Anda.