Inilah Arti Nama Yesus yang Belum Banyak Diketahui

Yesus merupakan nama yang sudah tidak asing lagi, khususnya bagi Umat Kristiani. Bisa diakatakan Yesus merupakan salah satu tokoh paling dikenal di seluruh dunia. Untuk sejarah lengkap mengenai Yesus ini bisa ditemukan pada Alkitab.

Berdasarkan Alkitab perjanjian yang baru, Yesus sering disebut sebagai “Anak Allah”. Hal tersebut digunakan sebab Yesus berbeda dengan manusia normal pada umumnya. Allah pun disebut sebagai “Bapa” Yesus karena Allah merupakan sumber dari Yesus itu sendiri. Saat ini, kita pun penasaan sebetulnya apa arti nama dari Yesus itu sendiri? Untuk mengetahuinya lebih jelas, berikut ulasannya.

Arti Nama Yesus

1.Berdasarkan Alkitab

Jika merujuk pada Alkitab, Nama Yesus berarti adalah Cahaya atau juga bisa disebut sebagai gambaran Allah yang dapat dipahami atau dilihat oleh manusia. Allah sendri merupakan sosok yang tidak dapat dijangkau oleh manusia. oleh sebab itu, manusia tidak dapat melihat Allah dam wujud yang sesungguhnya. Melihat disini tidak hanya secara jasmani saja, tetapi juga tidak dapat diarasakan atau dideteksi dengan indera manusia.

2. Berdasarkan Ibrani

Kata Yesus sendiri berawal dari kata-kata bahas Ibrani, Yakni “Yehoshua”. Kata Yehoshua sendiri memiliki dua makna penting. Pertama adalah prefiks dari “Yeho”, kata tersebut merupakan sebuah singkatan dari tetragrammaton. Huruf Allah sendiri memiliki empat huruf berdasarkan bahasa Ibrani, yakni “YHWH”. Artinya sendiri merupakan i will be there for you. Jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka artinya sendiri adalah “Aku berada di sini bersama Anda”.

Bagian yang kedua adalah kata “Yehoshua” yang sudah disebutkan sebelumnya. makna kata kedua ini diambil dari bahasa Ibrani, yakni “Yasha”. Arti kata “Yasha” sendiri adalah membebaskan, menyelamatkan atau bisa juga disebut penolong. Maka dari itu, kedua hal tersebut digabungkan sehingga membentuk tata bahasa seperti “Yehoshua Yeshua Yesus”. Jika telah digabungkan, maka makna yang terkandung menajdi “Allah memberikan kebebasan, menyelamatkan, dan juga membawa nama Allah atau YHWH.”.

Ada juga yang menganggap Yesus berasal dari kata “Yeshua”. Kata bendanya sendiri adalah “Yeshuah”. Di dalam bahasa Ibrani, maka kata Yeshua adalah keselamatan. Hal ini bisa dilihat pada Rasul 4:12, artinya sendiri lebih kurang “keselamatan (ibrani:Teshua) tidak datang dari siapapun kecuali Dia. Karena di bawah langit tidak ada Nama lain yang telah diberikan kepada umat manusia olehn-Nya”.

Hal tersebut juga telah disebutkan pada surat rasul paulus Flp 2:9 pada beberapa jemaat di daerah Filipi. Di dalamnya telah dikatakan bahwa kebangkitan Yesus memuliakan nama Allah sebagai pembebas. Sejak hari itu, nama Yesus menyatakan secara Penuh dan juga secara utuh memegang kekuasaan agung dari nama-nama atas segala namanya”.

3. Berdasarkan Latin

Jika kita melihat kembali dari bahasa Latin, maka beda lagi kata yang digunakan. pada bahasa Latin, Yesus merupakan alihaksara atau translasi dari “lesus”. Kata Lesus sendiri merupakan serapan dari bahasa Yunani, yakni “Lesous”. Maksud dari kata tersebut adalah “Yawyeh yang menyelamatkan”. Kata tersebut juga jika diartikan lebih luas adalah “seseorang yang dapat sebagai penyelamat”.

4. Sebagai Mesias

Nama Yesus bahkan diartikan sebagai Mesias berdasarkan bahasa Ibrani. Mesias sendiri artinya adalah “Diurapi”. Hal tersebut sedikit berubah jika dalam bahasa Yunani, Mesias diterjemahkan sebagai kata “Kristos”. Dari sanalah asal mula sebutan Kristus pada Yesus. Perlu Anda ketahui bahwa Kristus pada dasarnya merupakan nama gelar dari Yesus itu sendiri.

Mesias sendiri merupakan pemahaman dari rakyat Yahudi mengenai akan ada seorang tokoh yang muncul sebagai pewakilan dari Allah. Mesias tersebut datang sebagai penyelamat untuk umat Yahudi. Konsep ini dikenal pada agama-agama yang memiliki riwayat Abraham, yakni kristen dan juga Islam. Pada Kristen, Mesias akan datanag sebagai juru selamat dari Allah untuk manusia. Sedangkan pada Islam, akan muncul Nabi Isa yang datang pada saat hari kiamat untuk menghukum Dajjal muncul.

Itulah beberapa arti nama Yesus yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Dari sini juga kita bisa mengetahui apakah Yesus itu Tuhan atau anak Tuhan. Sebaiknya Anda juga mempelajari tentang penampakan Yesus setelah bangkit, Ayat tentang kelahiran Yesus, dan juga janji keselamatan dalam Alkitab. Semoga bisa bermanfaat.