Inilah Arti Yesus sebagai Tuhan Yang Perlu Diperhatikan

√ Quality Checked Pass quality & checking

Beberapa hal dengankebangkitan dan pengangkatan Yesus dalam kemuliaan di Sorga sebagai KristusKosmik. Perlu kita memahami penegasan perjanjian baru bahwa Kristus adalahseorang Tuhan. Dinyatakan oleh pengakuan Iman Nikea di dalam Butirnya yangkedua yang berisi pengakuan yang berbunyi :

Dan kepada Satu Tuhan Yesus Kristus…”

Banyak orang-orang dalamberbagai pihak salah mengeri tentang makna gelar satu ini. Hal itu dikarenakanmereka langsung menganggap bahwa gelar Tuhan untuk Yesus memiliki arti Allah. Padahalberdasarkan perjanjian baru, sebutan Allah itu disebabkan kepada Sang Bapak danTuhan itu juga kepada Yesus Kristus.

Penyebutan Allah bagi sangBapak itu juga dibedakan penggunaanya dengan sebutan Kyrios atau Tuhan untukYesus Kristus di dalam Kitab Suci. Dengan begitu Tuhan Yesus maknanya bukanlahAllah Yesus akan tetapi Sang Penguasa Yesus. Hal tersebut bisa dibuktikan dalampenggunaanya di dalam ayat-ayat berikut ini.

“….Yesus merupakan Tuhan….Allah Telah membangkitkanDia dari antara orang-orang mati…”(Roma 10:9-10).

Dari ayat di atas bisa kitalihat bahwa kata Tuhan yang digunakan pada Yesus tersebut memiliki makna yangcukup berbeda sebagai Tuhan yang kita kenal. Apalagi di dalam perjanjian barupun arti Yesus sebagai Tuhan memiliki tiga latar belakang. Untuk mengetahuinya,berikut ulasannya.

  1. Yehuwah

Makna pertama adalah Yesussering disebut juga sebagai Yehuwah atau juga Yahweh. Kata ini sendirimerupakan sebuah terjemahan dari Alkitab Ibrani. Orang Yahudi juga menganggapkata ini sangatlah suci sehingga tidak boleh sembarangan diucapkan. Sebagai gantinya,kata Yehuwah diganti dengan Adonay yang juga memiliki arti “Tuhanku”.

Pada saat Kitab Ibranidilakukan terjemahan oleh para umat Rabi Yahudi ke dalam Bahasa Yunani. Olehsebab itu, jika ada kata Yehuwah bunyi bacaannya juga disebut sebagai Adonay. Halitulah yang tertulis di dalam terjemahan. Makna dari Kyrios atau Tuhan sendirimemiliki makna Allah itu sendiri. Dengan mengikuti tradisi tersebut, makaterjemahan pada perjanjian lama Bahasa Indonesia selalu dulis dengan TUHAN. Tulisannyapun dibuat besar sesuai dengan terjemahan pada bahasa Ibarani.

  • Kyrios

Kata selanjutnya yangmemiliki makna sama dengan Tuhan Kyrios seperti yang disinggung sebelumnya. Secaralebih dalam, kata Kyrios memiliki makna sebagai penghormatan, penguasa atausuatu kata untuk seseorang yang dainggap tuan. Kata Kyrios sendiri sudahdigunakan pada saat Yesus sudah ada di dunia. Kata ini juga banyak dipakai olehorang-orang yang berada di Zaman Yesus. Namun, saat itu, kata Kyrios lebihsebagai kata sapaan untuk menghormati saja. tidak jauh berbeda dengan kataTuan, bapak, dan sejenisnya.

Pengukuhan Yesus sebagai Tuhan

Semenjak Yesus telahdimuliakan, maka makna Kyrios berubah lagi maknanya sebagai penguasa, yangdipertuan, atau juga sang junjungan Agung Yang Maha Kuasa. Karena sebutan Tuhanuntuk Yesus Kristus ini terkait dengan pengangkatan Kristus ke Sorga, makamaknanya lebih condong ke “Penguasa”.

Jika kita melihat kembalipada Matius 28:18, sejak kebangkitan Yesus, Allah telah memberikan segala kuasadi sorga dan bumi pada Yesus Kristus ini. Karena Allah itulah yang telahmemberikan segalanya pada Yesus, maka secara otomatis Allah juga yangmengangkat-Nya sebagai penguasa mutlak atau biasa kita sebut sebagai Tuhan atasSorga dan Bumi ini.

Jadi bisa dikatakan ArtiYesus sevagai Tuhan bukanlah dalam makna Illah yakni berhala yang diangkatsebagai sekutu Allah sebagimana sering kita dengar. Tuhan bagi Yesus sendiriadalah sebuah gelar yang dikaruniakan Allah terhadap Firman-Nya. Maka dari itu,kita tetap menjadikan Yesus Kristus sebagai soso yang pantas untuk dihormati.

Demikianlah beberapa arti Yesussebagai Tuhan yang perlu kita sadari. Dari ulasan di atas bisa memiliki maknayang bisa jadi berbeda-beda antara Individu satu dengan lainnya. meskipunbegitu, tetap sajam Yesus merupakan sosok yang sangat berpengaruh bagi UmatKristen. Apalagi ada janji Tuhan bagiorang-orang yang percaya dengan Yesus Kristus.

Untuk Anda yang masihbertanya-tanya silakan baca lagi tentang referensi apakahYesus itu Tuhan atau anak Tuhan. Selain itu, Anda juga bisa coba beberapa ayat diAlkitab tentang keberadaan Allah Tritunggal agar bisa lebih luas lagiwawasannya. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat.  

fbWhatsappTwitterLinkedIn