Cara Memberikan Kado Natal untuk Anak yang Sesuai dengan Ajaran Kristen

Bagi anak-anak, hal yang paling dinantikan di hari Natal sudah pasti adalah hadiah Natal. Apalagi kesan Natal di pikiran mereka selalu identik dengan sosok Santa Claus yang senang memberi hadiah kepada anak-anak. Sehingga banyak sekali orangtua yang menyiapkan hadiah bagi anak mereka, dan menyebut hadiah itu sebagai pemberian si Santa Claus.

Tapi sebagai orangtua, tahukah Anda bahwa sosok Santa Claus sendiri dapat membuat anak-anak mengartikan Natal dengan arti yang salah? Sudah jelas bahwa sosok Santa Claus tidak ada sama sekali di dalam Alkitab. Cerita tentang Santa Claus hanyalah legenda dari Barat yang sering disalah artikan sebagai tokoh yang memiliki kuasa seperti Tuhan Yesus. Hal itu dapat dilihat dari beberapa film Natal tentang Santa Claus seperti The Polar Express.

Tanpa kita sadari, anak-anak akan lebih ingat dengan sosok Santa Claus dibandingkan dengan sosok lain yang seharusnya menjadi tokoh utama di hari Natal, yaitu Tuhan Yesus. Bukan berarti Santa Claus tidak boleh ada di hari Natal ya. Tapi sangat penting bagi para orangtua untuk mulai memperkenalkan arti Natal sesungguhnya kepada anak-anak. Mungkin anak-anak sudah banyak mendengar cerita tentang Tuhan Yesus di sekolah Minggu. Tetapi tidak ada salahnya jika kita menceritakan kembali sejarah Natal atau hari kelahiran Yesus yang selalu diperingati setiap tahunnya. Di mana cerita itu bisa disampaikan pada saat menyiapkan kado Natal kepada mereka dengan cara-cara berikut ini:

  1. Hadiah dari Tuhan Yesus, bukan Santa Claus

Seluruh dunia tahu cerita tentang Santa Claus yang akan memberikan hadiah kepada anak-anak yang berbuat baik di hari Natal. Kita bisa menerapkan cerita tersebut saat akan memberikan hadiah Natal bagi anak. Caranya dengan memberitahu mereka bahwa yang memberi hadiah adalah Tuhan Yesus, bukan Santa Claus. Jelaskan pada mereka bahwa Tuhan Yesus memberikan hadiah bukan hanya karena mereka telah menjadi anak yang baik. Tapi karena Tuhan Yesus sangat mengasihi mereka. Pengajaran ini akan membuat anak-anak paham kasih Yesus kepada mereka, sehingga mereka pun harus mengasihi Tuhan Yesus.

  1. Ajari mereka meminta hadiah yang mereka inginkan dengan berdoa kepada Yesus

Sebelum Natal tiba, ajak anak-anak untuk mulai memikirkan hadiah apa yang mereka inginkan di hari Natal. Lalu jelaskan pada mereka bahwa Tuhan Yesus akan memberikan hadiah tersebut juga mereka rajin berdoa. Ajarilah mereka cara berdoa yang benar dan bersungguh-sungguh. Hal ini dapat mengajarkan kepada anak-anak, bahwa dengan berdoa, Tuhan akan mendengar semua permintaan hati mereka. Dan jangan lupa untuk menyiapkan hadiah tersebut dan memberikannya kepada mereka di hari Natal.

  1. Ajak mereka untuk tidak hanya menerima kado, tetapi juga memberinya kepada orang lain

Tidak perlu menyiapkan hadiah yang mahal, kita bisa membeli beberapa cokelat atau barang-barang sederhana lainnya, dan meminta anak-anak untuk memberinya ke teman-teman mereka di sekolah. Hal ini dapat mengajarkan anak-anak untuk berbagi kasih di hari Natal.

  1. Jelaskan kepada mereka kalau hadiah terbesar di hari Natal adalah kelahiran Sang Juru Selamat

Mungkin mereka akan mendengar ini pada saat sekolah minggu tapi sebagai orangtua, ada baiknya jika kita menjelaskannya kembali kepada mereka. Ingatkan anak-anak bahwa yang paling penting di hari Natal bukanlah pohon Natal, Santa Claus, atau hadiah-hadiah yang mereka terima. Tapi jelaskan bahwa sebenarnya mereka kelahiran Sang Juru Selamat adalah yang paling penting di hari Natal.

Peranan orangtua dalam hal mendidik anak sangat besar pengaruhnya, terutama jika mendidik mereka dengan ajaran Kristen yang baik dan benar. Salah satunya adalah pada saat kita memberikan kado di hari Natal. Jika kita bisa menerapkan hal-hal di atas, percayalah bahwa kita tidak hanya sekedar memberi kado kepada anak-anak. Tetapi memberikan sesuatu yang penting bagi mereka, yaitu berita Injil tentang kasih Tuhan Yesus yang telah lahir ke dunia. Hal ini akan sangat diingat oleh mereka dan makna Natal bagi mereka pun akan lebih berkesan.